PBB: Turki Pilihan Terbaik untuk Mengirim Tim Penyelamat ke Afghanistan

Perserikatan Bangsa-Bangsa tidak memiliki kemampuan pencarian dan penyelamatan di Afghanistan dan Turki “dalam posisi terbaik” untuk menyediakannya menyusul gempa mematikan di Afghanistan pada Rabu, kata seorang pejabat senior bantuan PBB.

“Kami membicarakannya dengan kedutaan besar Turki di sini dan mereka menunggu permintaan resmi,” kata wakil utusan PBB di Afghanistan Ramiz Alakbarov. “Kami akan dapat membuat permintaan seperti itu hanya setelah diskusi dengan otoritas de facto dan berdasarkan pada kenyataan di lapangan.”

Korban tewas akibat gempa di Afghanistan mencapai 1.000, kata pejabat manajemen bencana, dengan lebih dari 600 orang terluka dan jumlah itu diperkirakan akan bertambah seiring informasi mengalir dari desa-desa pegunungan terpencil.

Alakbarov berbicara dari Kabul mengatakan bahwa sementara Taliban belum secara resmi meminta bantuan dari tim pencarian dan penyelamatan internasional, PBB telah meminta negara-negara di kawasan itu termasuk Turki untuk melihat “apakah mereka bersedia dan bersedia untuk mengerahkan kapasitas seperti itu. ”

“Tim kami tidak memiliki peralatan khusus untuk membawa orang dari bawah reruntuhan. Ini sebagian besar harus bergantung pada upaya otoritas de-facto, yang juga memiliki batasan tertentu dalam hal itu,” katanya.

Alakbarov mengatakan tidak jelas seberapa baik posisi Taliban untuk beroperasi dan mengerahkan mereka ke daerah pegunungan yang dilanda gempa.

Perserikatan Bangsa-Bangsa telah mengirimkan sekitar 10 ton pasokan medis penting ke wilayah tersebut dan mengerahkan 20 tim kesehatan medis, katanya, seraya menambahkan bahwa penilaian cepat terhadap situasi sedang dilakukan dan setidaknya diperlukan $15 juta segera – angka yang kemungkinan akan meningkat dalam beberapa hari mendatang.

Tinggalkan Balasan

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Pakai Sandal Jepit Saat Mengendarai Sepeda Motor Tidak akan Kena Tilang

Pengendara motor yang menggunakan sandal jepit dipastikan oleh polisi tidak akan ditilang. Namun, polisi akan terus mengimbau kepada pengendara motor agar tidak riding menggunakan...

Gaya Hidup

Ini Cara Hilangkan Bau Badan agar Tidak Insecure

Bau badan yang tidak sedap disebabkan oleh keringat yang bercampur dengan bakteri. Hal ini bisa diatasi dengan cara perawatan tubuh dan menghindari makanan atau...

Peristiwa

Sempat Hilang, Sekretaris BPD Karang Dapo Ditemukan Tewas dengan Tubuh Luka Tusuk

Warga Kabupaten OKU, Sumatera Selatan (Sumsel) semakin gempar. Sekretaris BPD Karang Dapo, Kecamatan Peninjauan, M Zaili yang dilaporkan hilang setelah pamit mencari ikan, ditemukan...

Hukum

Tak Ikut Promosi Film, Nirina Zubir Kecewa Sidang Kasus Mafia Tanah Malah Ditunda

Nirina Zubir masih menjalani proses hukum terkait kasus dugaan mafia tanah. Seperti diketahui, sang mantan ART, Riri Khasmita disebut menggelapkan aset tanah milik ibunda...