Pasar Ternak di Sijunjung Ditutup Pasca 4 Sapi Positif PMK

Pasca ditemukannya 4 ekor sapi terjangkit penyakit mulut dan kuku (PMK), Pasar Ternak Palangki, Kabupaten Sijunjung terpaksa ditutup.

“Mulai besok, Pasar Ternak tersebut ditutup untuk sementara waktu karena pasar ternak merupakan titik penyebaran,” terangnya, Jumat (13/5).

Ia mengatakan, selain itu, ke 4 ekor sapi tersebut diisolasi di Pasar Ternak tersebut.

Erinaldi menjelaskan, ke 4 ekor sapi tersebut berasal dari Pekanbaru, Riau.

“Kita mentracking asal sapi. Sapi di datangkan dari Pekanbaru, Riau. Tracking terus dilakukan, dan menunjukan sapi berasal dari Temiang, Aceh,” paparnya.

Gejala PMK pada sapi, kata Erinaldi, biasanya akan terlihat lebih jelas dibandingkan hewan lain. Berikut di antaranya :

– hipersaliva atau produksi air liur berlebih;
– pincang;
– pembengkakan kelenjar submandibular;
– sering berbaring;
– nafsu makan menurun;
– lepuh pada mulut dan teracak kaki;
– suhu tubuh sekitar 40-41 derajat Celcius;
– produksi susu pada sapi perah menurun drastis.

Lesi pada mulut sapi mulanya akan berwarna putih dan berisi cairan. Lambat laun, lesi berkembang hingga mencapai ukuran diameter 3 sentimeter.

Sejumlah lesi tersebut kemudian akan bergabung menjadi satu dan membentuk lepuhan yang besar. Lepuhan yang pecah akan meninggalkan bekas luka.

Selain pada mulut, lesi juga akan muncul pada kaki. Hal ini membuat sapi merasa kesakitan dan sulit untuk berdiri, apalagi berjalan.

Lesi juga akan ditemukan pada bagian puting dan ambing. Pada sapi betina, lepuhan ini akan menurunkan produksi laktasi,” tandasnya. (Kay)

Tinggalkan Balasan

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Kereta Api Babaranjang di Bandar Lampung Tabrak Minibus, Satu Orang Dilarikan ke RS

Peristiwa kecelakaan kembali terjadi, Satu unit minibus merk Toyota Hiace bernomor polisi (nopol) F 7202 WL tertabrak Kereta Api Batu Bara Rangkaian Panjang...

Gaya Hidup

Kenali Perbedaan Alergi Matahari dan Terbakar Matahari

Alergi matahari dan terbakar matahari terkadang sulit dibedakan karena gejala yang muncul hampir serupa. Padahal, keduanya disebabkan oleh reaksi yang berbeda pada kulit. Nah,...

Peristiwa

3 Gajah Liar Rusak Kebun Warga di Pelalawan Riau

Kawanan gajah liar memasuki perkebunan milik warga di Desa Rantau Baru, Kecamatan Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau. Setelah mendapat laporan dari masyarakat, Tim Seksi...

Hukum

Polisi Tangkap Pencuri Motor Ninja di Agam

Kasus pencurian sepeda motor kembali terjadi, Dua pencuri sepeda motor berhasil ditangkap oleh Jajaran Satreskrim Polres Bukittinggi. Kasatreskrim Polres Bukittinggi AKP Ardiansyah Rolindo mengatakan, ke...