Pasangan Suami Istri Didakwa Berkonspirasi Melawan Pemerintah AS, Gunakana Nama Orang yang Sudah Meninggal

Sepasang suami istri yang diduga hidup selama beberapa dekade dengan menggunakan nama dua anak yang meninggal telah didakwa dengan pencurian identitas dan berkonspirasi melawan pemerintah.

Catatan pengadilan federal yang dibuka di Honolulu mengungkapkan kontraktor pertahanan AS Walter Glenn Primrose dan istrinya, Gwynn Darle Morrison, ditangkap pada hari Jumat di Kapolei di Pulau Oahu Hawaii.

Pasangan itu, keduanya berusia 60-an, diduga hidup selama bertahun-tahun dengan nama Bobby Edward Fort dan Julie Lyn Montague.

Mereka juga diyakini menggunakan nama lain, menurut Asisten Jaksa AS Thomas Muehleck.

Kedua suami istri tersebut didakwa dengan konspirasi untuk melakukan pelanggaran terhadap AS, pernyataan palsu dalam aplikasi paspor dan pencurian identitas yang parah.

Jaksa mengatakan SIM, paspor, dan kredensial Departemen Pertahanan AS yang diperoleh secara curang membantu Primrose menerima akses keamanan, baik sebagai kontraktor maupun dengan Penjaga Pantai AS.

Seorang “rekan dekat” mengatakan Ms Morrison tinggal di Rumania saat masih menjadi bagian dari Uni Soviet, kata Muehleck.

Pengacara Mr Morrison, Megan Kau, mengatakan kliennya tidak pernah tinggal di Rumania, dan bahwa dia dan Mr Primrose telah berpose untuk foto dengan seragam sebagai lelucon.

Ms Kau mengatakan bahwa, bahkan jika pasangan itu telah menggunakan identitas baru, mereka telah menjalani kehidupan yang taat hukum selama tiga dekade.

suami istri
Gwynn Morrison diduga hidup sebagai Julie Lyn Montague selama beberapa dekade. Photo:  AP/ Pengadilan Distrik Amerika Serikat

“Dia ingin semua orang tahu bahwa dia bukan mata-mata,” kata Kau.

Jaksa ingin pasangan suami istri itu ditahan tanpa jaminan, mengklaim ada risiko tinggi bahwa mereka akan melarikan diri jika dibebaskan.

Mereka menambahkan bahwa Mr Primrose, mantan teknisi listrik avionik di Coast Guard, memiliki keterampilan untuk berkomunikasi secara rahasia jika dibebaskan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Tragedi Kanjuruhan, Bintang Emon Singgung Tanggung Jawab Pihak Berwenang

Komika Bintang Emon menjadi salah satu dari sekian selebritis Tanah Air yang akui ikut merasa terpukul atas tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang,...
- Advertisement -

Gaya Hidup

Tren Perawatan Sulam Bedak Meningkat, Kenali Manfaat dan Risikonya

Sulam bedak merupakan tren perawatan kulit wajah asal Korea Selatan yang tengah populer. Meski dapat mencerahkan dan menutupi noda di kulit, perawatan kulit ini...

Peristiwa

Ruko Laundry di Tangerang Terbakar, 3 Tewas Terpanggang!

Musibah kebakaran terjadi Tangerang, Sebuah rumah yang dijadikan tempat usaha cuci pakaian terbakar. kebakaran ini terjadi di Perumahan Taman Cikande RT 09 RW 02...

Hukum

Gelar Rekonstruksi! Suami yang Bunuh Istri lalu Mayat Dibuang di Jembatan Bima Ngaku Menyesal dan Menangis

Rekonstruksi kejadian suami yang bunuh istri lalu mayatnya dibuang di jembatan Kecamatan Lambu, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB) digelar pada Jumat (2/12/2022). Rekonstruksi pembunuhan...

Iklan3