Parlemen Sri Lanka akan Memulai Proses Pemilihan Presiden Baru

Parlemen Sri Lanka akan bertemu pada Sabtu (16 Juli) untuk memulai proses pemilihan presiden baru, ketika pengiriman bahan bakar tiba untuk memberikan bantuan kepada negara yang dilanda krisis itu.

Pengunduran diri mantan presiden Gotabaya Rajapaksa diterima parlemen pada Jumat , setelah ia terbang ke Singapura dalam kunjungan pribadi untuk menghindari pengunjuk rasa anti-pemerintah yang telah menduduki kediaman dan kantor resminya.

Lebih dari 100 polisi dan petugas keamanan dengan senapan serbu dikerahkan di jalan menuju parlemen pada Sabtu, menjaga barikade dan meriam air untuk mencegah kerusuhan. Kolom pasukan keamanan berpatroli di jalan pendekatan lain ke parlemen, meskipun tidak ada tanda-tanda pengunjuk rasa.

Anggota parlemen dijadwalkan untuk memilih presiden baru dalam waktu seminggu, dengan enam kali perdana menteri Ranil Wickremesinghe, sekutu Rajapaksa yang merupakan satu-satunya wakil partainya di parlemen, dilantik sebagai penjabat presiden sampai saat itu.

Wickremesinghe, yang juga ingin disingkirkan para pengunjuk rasa, terpilih sebagai calon presiden dari partai yang berkuasa pada hari Jumat, yang mengarah ke prospek kerusuhan lebih lanjut jika dia terpilih.

Calon presiden dari pihak oposisi adalah Sajith Premadasa, sedangkan calon kuda hitamnya adalah anggota parlemen senior partai berkuasa Dullas Alahapperuma.

Protes jalanan atas krisis ekonomi Sri Lanka mendidih selama berbulan-bulan sebelum mendidih lebih dari seminggu yang lalu ketika ratusan ribu orang mengambil alih gedung-gedung pemerintah di Kolombo, menyalahkan keluarga Rajapaksa dan sekutunya atas inflasi yang tak terkendali, kekurangan barang-barang pokok, dan korupsi.

Antrian bahan bakar selama berhari-hari telah menjadi hal biasa di negara kepulauan berpenduduk 22 juta jiwa itu, sementara cadangan devisa telah menyusut mendekati nol dan inflasi utama mencapai 54,6 persen bulan lalu.

BACA JUGA  Rajapaksa Tinggalkan Singapura karena Izin Kunjungan Berakhir

Sri Lanka menerima yang pertama dari tiga pengiriman bahan bakar pada hari Sabtu, kata Menteri Energi Kanchana Wijesekera. Ini adalah pengiriman pertama yang mencapai negara itu dalam waktu sekitar tiga minggu.

Pengiriman diesel kedua juga akan tiba pada hari Sabtu, dengan pengiriman bensin akan dilakukan pada hari Selasa.

“Pembayaran untuk ketiganya sudah selesai,” kata menteri dalam tweet.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Tragedi Kanjuruhan, Bintang Emon Singgung Tanggung Jawab Pihak Berwenang

Komika Bintang Emon menjadi salah satu dari sekian selebritis Tanah Air yang akui ikut merasa terpukul atas tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang,...

Gaya Hidup

5 Manfaat Masker Lemon untuk Wajah dan Cara Membuatnya

Masker lemon bisa menjadi salah satu pilihan masker alami untuk menjaga kesehatan kulit. Kandungan vitamin C yang tinggi membuat masker ini dipercaya dapat mencegah...

Peristiwa

Cari Keluarga Hilang lewat Foto-foto Jenazah Korban Tragedi Kanjuruhan

Berbalut duka, puluhan keluarga kebingungan mencari keberadaan korban tragedi Stadion Kanjuruhan. Foto-foto wajah jenazah korban tragedi itu pun dibeber relawan untuk mempermudah pencarian keluarga...

Hukum

Sadis! Puluhan Kucing Dibunuh di Pasar Tasikmalaya

Komunitas pecinta kucing Tasikmalaya meradang. Hal itu menyusul temuan pembantaian yang sadis terhadap puluhan ekor kucing di dua pasar yang ada di Kota Tasikmalaya,...

Iklan3