Pantai Banyubiru di Jembrana Bertebaran Banyak Sampah

Pantai Banyubiru yang terletak di Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana, Bali, dipenuhi dengan sampah yang bertebaran dimana-mana. Sampah plastik tersebut sudah terlihat seperti gundukan pasir.

Bahkan pengunjung pantai pun mengaku risih dengan kondisi tersebut. Hal itu diungkapkan oleh Isra Johana Mirah (34) asal Banyubiru. Ia mengaku kaget melihat banyak sampah berserakan di pinggir pantai.

“Risih aja, mau ke sana kok kayak gini sampahnya,” katanya sambil menunjuk sampah yang berserakan.

Menurut Mirah, sampah yang berserakan di Pantai Banyubiru kali ini lebih banyak dibanding sebelum-sebelumnya.

“Kalau yang sebanyak ini, saya baru tahunya sekarang,” ungkapnya.

Banyaknya jenis sampah yang berserakan di sana mulai dari plastik pembungkus makanan ringan, pampers, botol air mineral, bekas bungkus deterjen, dan lain sebagainya. Sampah ini diduga terbawa air laut hingga terdampar di bibir Pantai Banyubiru.

Kondisi tersebut sangat memprihatinkan, terlebih saat akhir pekan banyak wisatawan yang berkunjung. Selain itu, Pantai Banyubiru memang menjadi destinasi favorit wisatawan lokal di Jembrana.

Menurut Mirah, lantaran sampah berserakan, pengunjung pun harus mencari titik yang tidak ada sampahnya. Ia berharap, pihak terkait segera menangani sampah-sampah tersebut.

“Sebenarnya anak-anak nyaman mandi di sini, tapi karena ada sampah, kayak gimana gitu,” imbuhnya.

Kadis Lingkungan Hidup Kabupaten Jembrana Dewa Gede Ary Candra Wisnawa mengatakan, pihaknya belum mengetahui asal muasal sampah yang berserakan itu. Namun, berkaca dari kejadian yang lalu, kemungkinan sampah-sampah tersebut merupakan sampah kiriman.

“Kan biasanya sampah kiriman. Karena musim cuaca (angin kencang) bisa sampai sekian ribu ton mereka dapatkan sampah,” kata Dewa Ary.

Dewa Ary menambahkan, pihaknya akan segara melakukan pengecekan terkait sampah yang berserakan tersebut,

“Besok kita pastikan dulu apa itu sampah kiriman karena cuaca atau memang dari sampah warga lokal,” pungkasnya.

Iklan 7

Tinggalkan Balasan

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Jokowi soal Usul TNI Jabat di Kementerian: Kebutuhan Belum Mendesak

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan belum ada kebutuhan mendesak bagi pemerintah untuk menempatkan tentara di jabatan-jabatan kementerian atau lembaga negara. Hal ini disampaikan Jokowi merespons...

Gaya Hidup

5 Tanda Kamu Ditakdirkan Bersama Menjadi Pasangannya

Terkadang, meskipun sudah pacaran sekian tahun beberapa pasangan tidak ditakdirkan bersama. Namun ada juga beberapa orang yang baru saja kenal, sudah memutuskan untuk menikah...

Peristiwa

Mobil Hias Parade Jakarnaval Terbakar di Sirkuit Formula E

Peristiwa kebakaran terjadi, Satu unit mobil hias yang digunakan untuk parade Jakarnaval 2022 terbakar. Peristiwa kebakaran terjadi di dalam trek Formula E atau Jakarta...

Hukum

SMP di Banten Disatroni Maling, Komputer hingga Printer Raib

Kasus pencurian terjadi di SMPN 5 Cibeber, Lebak, Banten. Sejumlah alat komputer dilaporkan hilang dicuri. Insiden ini baru diketahui pihak sekolah hari Minggu (14/8) sekitar...

Iklan 6