Pantai Banyubiru di Jembrana Bertebaran Banyak Sampah

Pantai Banyubiru yang terletak di Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana, Bali, dipenuhi dengan sampah yang bertebaran dimana-mana. Sampah plastik tersebut sudah terlihat seperti gundukan pasir.

Bahkan pengunjung pantai pun mengaku risih dengan kondisi tersebut. Hal itu diungkapkan oleh Isra Johana Mirah (34) asal Banyubiru. Ia mengaku kaget melihat banyak sampah berserakan di pinggir pantai.

“Risih aja, mau ke sana kok kayak gini sampahnya,” katanya sambil menunjuk sampah yang berserakan.

Menurut Mirah, sampah yang berserakan di Pantai Banyubiru kali ini lebih banyak dibanding sebelum-sebelumnya.

“Kalau yang sebanyak ini, saya baru tahunya sekarang,” ungkapnya.

Banyaknya jenis sampah yang berserakan di sana mulai dari plastik pembungkus makanan ringan, pampers, botol air mineral, bekas bungkus deterjen, dan lain sebagainya. Sampah ini diduga terbawa air laut hingga terdampar di bibir Pantai Banyubiru.

Kondisi tersebut sangat memprihatinkan, terlebih saat akhir pekan banyak wisatawan yang berkunjung. Selain itu, Pantai Banyubiru memang menjadi destinasi favorit wisatawan lokal di Jembrana.

Menurut Mirah, lantaran sampah berserakan, pengunjung pun harus mencari titik yang tidak ada sampahnya. Ia berharap, pihak terkait segera menangani sampah-sampah tersebut.

“Sebenarnya anak-anak nyaman mandi di sini, tapi karena ada sampah, kayak gimana gitu,” imbuhnya.

Kadis Lingkungan Hidup Kabupaten Jembrana Dewa Gede Ary Candra Wisnawa mengatakan, pihaknya belum mengetahui asal muasal sampah yang berserakan itu. Namun, berkaca dari kejadian yang lalu, kemungkinan sampah-sampah tersebut merupakan sampah kiriman.

“Kan biasanya sampah kiriman. Karena musim cuaca (angin kencang) bisa sampai sekian ribu ton mereka dapatkan sampah,” kata Dewa Ary.

Dewa Ary menambahkan, pihaknya akan segara melakukan pengecekan terkait sampah yang berserakan tersebut,

BACA JUGA  Koperasi Diharapkan Dapat Menjadi Kekuatan Ekonomi Daerah di Bali

“Besok kita pastikan dulu apa itu sampah kiriman karena cuaca atau memang dari sampah warga lokal,” pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Tragedi Kanjuruhan, Bintang Emon Singgung Tanggung Jawab Pihak Berwenang

Komika Bintang Emon menjadi salah satu dari sekian selebritis Tanah Air yang akui ikut merasa terpukul atas tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang,...
- Advertisement -

Gaya Hidup

Tren Perawatan Sulam Bedak Meningkat, Kenali Manfaat dan Risikonya

Sulam bedak merupakan tren perawatan kulit wajah asal Korea Selatan yang tengah populer. Meski dapat mencerahkan dan menutupi noda di kulit, perawatan kulit ini...

Peristiwa

Pangandaran Diguncang Gempa Magnitudo 3,5

Peristiwa gempa berkekuatan Magnitudo (M) 3,5 mengguncang Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat pada Senin (5/12). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan bahwa gempa berlangsung pukul...

Hukum

Anak SD di Jatinegara Jadi Korban Pelecehan

Kasus asusila kembali terjadi, Seorang anak perempuan diduga menjadi korban pelecehan di dekat SDN Jatinegara 01 Pagi di Jalan Kampung Pulo, Jatinegara, Cakung, Jakarta...

Iklan3