Pakai Makeup Kedaluwarsa Bisa Sebabkan Infeksi Kulit

Banyak orang yang menghabiskan banyak uang untuk membeli makeup, sementara makeup jarang terpakai atau koleksinya semakin bertambah sehingga yang lama terlupakan. Perlu diketahui, bahwa makeup bisa memiliki batas kedaluwarsa yang begitu singkat dan tidak dianjurkan untuk digunakan lagi.

Makeup yang sudah kedaluwarsa akan mengalami penurunan kualitas. Selain itu, makeup yang kedaluwarsa dapat menyebabkan kerusakan pada kulit. Infeksi kulit karena bahan kimia yang diakibatkan makeup kedaluwarsa sangat mungkin terjadi. Itulah pentingnya untuk mengecek tanggal kedaluwarsa makeup sebelum dan selama menggunakannya.

Dampak Penggunaan Makeup Kedaluwarsa pada Kulit

Jika kamu memperhatikan kulit mulai kering atau tampak pecah-pecah atau sering berjerawat, bisa jadi karena penggunaan makeup yang kedaluwarsa. Hal ini karena makeup yang sudah lama bisa menjadi tempat berkembang biaknya kuman. Semua molekul dalam makeup kedaluwarsa akan terurai menjadi sesuatu yang lain dan kulit akan bereaksi.

Apabila kamu mengalami iritasi kulit sebagai respon terhadap pemecahan molekul, hal ini bisa menyebabkan peradangan. Kondisi ini berpotensi menyebabkan dermatitis kontak yang ditandai kemerahan, benjolan, ruam, atau bahkan lecet, dan pembengkakan pada kulit.

Bahaya makeup kedaluwarsa tidak hanya pada kulit, penumpukan bakteri juga dapat menyebabkan infeksi dan mata merah. Sementara itu, penggunaan lipstik kedaluwarsa bisa menyebabkan pembengkakan pada bibir.

Para pecinta makeup harus memahami bahwa kamu harus mengganti maskara, eyeliner, eyeshadow, bedak, dan lipstik begitu sudah tenggat kedaluwarsa. Hal ini untuk menghindari infeksi kulit karena bahan kimia.

Tanggal kedaluwarsa biasanya tercetak pada kemasan makeup, yang menjadi pedoman setelah produk dibuka. Umumnya, jika disimpan dengan benar di tempat yang sejuk dan kering, sebagian besar makeup yang belum dibuka dan tertutup rapat akan bertahan selama 2 hingga 3 tahun.

BACA JUGA  Mengenal Akupuntur, Perawatan Kecantikan yang Bagus untuk Wajah Anda

Itulah sebabnya produk krim yang mengandung minyak, seperti krim concealer atau blush on cair, bisa mengalami perubahan tekstur lebih awal. Hal ini karena minyak bisa menjadi tengik. Jika produk merupakan formulasi alami tanpa bahan pengawet yang kuat, makeu juga dapat membusuk meski tertutup rapat.

Semua pengawet dalam makeup akan rusak seiring waktu. Bahkan jika produk belum dibuka. Bayangkan jika bahan kimia dalam makeup sudah kedaluwarsa tetap kamu poleskan pada kulit. Tentu hanya akan jadi masalah kulit. Jadi, ingatlah untuk tidak menyimpan produk makeup selama lebih dari 3 tahun.

Jangan Ragu Membuang Makeup Kedaluwarsa

Semahal apa pun produk makeup yang kamu beli, sebaiknya harus dibuang saat sudah kedaluwarsa. Perhatikan kandungan dalam makeup, jika produk mengandung bahan alami yang diformulasi tanpa bahan pengawet, kemungkinan kedaluwarsa lebih singkat. Jika mengalami infeksi kulit, infeksi mata, atau bibir membengkak, segera buang makeup karena kemungkinan besar sudah terkontaminasi bakteri penyebab infeksi.

Tidak jarang orang menggunakan makeup selama bertahun-tahun, apalagi kalau belum habis dan digunakan sedikit setiap pemakaian. Namun, kamu harus memperhatikan tanggal kedaluwarsa setiap jenis makeup untuk menghindari infeksi dan iritasi kulit.

Lagi pula, produk yang kedaluwarsa tidak akan memberikan tampilan maksimal pada wajah karena penurunan kualitas. Jadi, jangan ragu untuk menyingkirkan makeup kedaluwarsa. Meskipun rasanya seperti mubazir atau buang-buang uang, tapi kesehatan kulit lebih penting.

Tinggalkan Balasan

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Pakai Sandal Jepit Saat Mengendarai Sepeda Motor Tidak akan Kena Tilang

Pengendara motor yang menggunakan sandal jepit dipastikan oleh polisi tidak akan ditilang. Namun, polisi akan terus mengimbau kepada pengendara motor agar tidak riding menggunakan...

Gaya Hidup

Ini Cara Hilangkan Bau Badan agar Tidak Insecure

Bau badan yang tidak sedap disebabkan oleh keringat yang bercampur dengan bakteri. Hal ini bisa diatasi dengan cara perawatan tubuh dan menghindari makanan atau...

Peristiwa

BNNP Kepri Tangkap 2 Pengedar Narkoba di Batam, Sabu 2 Kg Diamankan

Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kepulauan Riau (kepri) menangkap dua orang pria atas kepemilikan narkotika jenis sabu seberat dua kilogram. Mereka diringkus di sebuah...

Hukum

14 Pelaku Illegal Drilling di Jambi Ditangkap Polisi

Tim Subdit IV Tipitder Ditreskrimsus Polda Jambi berhasil menangkap sebanyak empat belas pelaku illegal drilling Jambi. Pelaku Illegal drilling tersebut ditangkap di dua TKP berbeda...