Pabrik Kayu di Bantul Terbakar, Kerugian Capai Ratusan Juta

Musibah kebakaran terjadi di pengolahan oven kayu jati Pedukuhan Kenalan, Kalurahan Bangunjiwo, Kapanewon Kasihan, Bantul. Tidak ada korban jiwa, namun pemadaman berlangsung hingga 4 jam akibat banyaknya material yang mudah terbakar.

Kapolsek Kasihan AKP Satrio Arif Wibowo mengatakan kejadian bermula saat beberapa karyawan di tempat pengolahan tersebut sedang memotong kayu sekitar pukul 13.30 WIB. Tak berselang lama tiba-tiba muncul kepulan asap yang berasal dari oven kayu jati.

“Kemudian saksi mengecek dari pintu kecil di belakang oven. Ternyata api di dalam oven tersebut sudah membesar,” jelasnya, Jumat (15/7) malam.

Mendapati hal tersebut pekerja lainnya berusaha untuk memadamkan api. Akan tetapi upaya pekerja tidak membuahkan hasil.

“Tapi api malah semakin membesar dan merambat ke atap bangunan,” paparnya.

Akhirnya salah satu pekerja menghubungi pemadam kebakaran (damkar) dan Polsek Kasihan. Tak berselang lama beberapa mobil damkar berdatangan ke lokasi kebakaran. Pemadaman api membutuhkan waktu sekitar 4 jam. Sekira pukul 17.00 WIB, api baru bisa dipadamkan.

“Karena semakin membesar tadi ada lebih dari 5 truk damkar yang datang. Untuk proses pemadaman sendiri memakan waktu hampir 4 jam, jadi sore itu baru bisa padam,” ucapnya.

Satrio menyebutkan tidak ada korban jiwa dari kejadian ini. Menurutnya, dampak dari kebakaran tersebut hanya kerugian materi.

“Korban jiwa nihil. Hanya kerugian materi sekitar Rp 200 juta. Karena ada 1.500 lembar kayu jati yang terbakar,” jelasnya.

Terkait penyebab kebakaran, Satrio menduga karena oven yang terbuat dari batu bata dan tutup dari seng ini sebelumnya dipakai tanpa henti selama dua pekan. Padahal pengeringan kayu berupa oven tungku konvensional dengan menggunakan blower sebagai penyebar hawa panas.”Sebelum terbakar oven digunakan untuk mengeringkan kayu jati yang sudah berjalan sekitar 2 minggu dengan api oven menyala 24 jam penuh. Oleh pengelola rencananya baru akan dibongkar seminggu ke depan,” pungkasnya. (Kay)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Tragedi Kanjuruhan, Bintang Emon Singgung Tanggung Jawab Pihak Berwenang

Komika Bintang Emon menjadi salah satu dari sekian selebritis Tanah Air yang akui ikut merasa terpukul atas tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang,...

Gaya Hidup

5 Manfaat Masker Lemon untuk Wajah dan Cara Membuatnya

Masker lemon bisa menjadi salah satu pilihan masker alami untuk menjaga kesehatan kulit. Kandungan vitamin C yang tinggi membuat masker ini dipercaya dapat mencegah...

Peristiwa

Tragedi Kanjuruhan, Bocah 11 Tahun Ditinggal Orangtuanya Meninggal Terinjak

Pasangan suami istri (pasutri) bernama M Yulianto (40) dan Devi Ratna Sari (30) meninggal dalam tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang. Jenazah keduanya dimakamkan dalam...

Hukum

Diretas, Twitter Polsek Srandakan Cuit Tak Pantas soal Tragedi Kanjuruhan

Komentar tak pantas atau nirempati dari akun Twitter Polsek Srandakan, Kabupaten Bantul, terkait tragedi kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Malang, viral di media sosial. Akun Twitter...

Iklan3