Nias Barat di Guncang Gempa Berkekuatan M5,0

Warga Nias Barat tidak panik saat gempa bumi dengan Magnitudo 5,0 terjadi pada hari ini, Jumat (22/4/2022) sekira pukul 03.23 WIB. Guncangan gempa dirasakan lemah oleh warga di wilayah Provinsi Sumatra Utara (Sumut) tersebut.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Nias Barat mengatakan, guncangan gempa lemah dengan durasi 1 hingga 2 detik di daerahnya. Gempa yang terjadi di perairan 113 km barat daya Nias Barat ini berkedalaman 16 km. Berdasarkan pemodelan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa tidak berpotensi tsunami.

Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari menjelaskan, berdasarkan kajian inaRISK, Kabupaten Nias Barat termasuk wilayah dengan potensi bahaya gempa kategori sedang hingga tinggi.

“Sebanyak 8 kecamatan di kabupaten ini memiliki potensi bahaya tersebut. Kedelapan kecamatan itu antara lain Mandrehe, Sirombu, Moro’o, Mandrehe Utara, Lolofitu Moi, Mandrehe Barat, Lahomi dan Ulu Moro’o,” ungkap AbdulMuhari dilansir dari sumut.inews.id, Jumat (22/4/2022).

Selain gempa, wilayah Nias Barat juga berpotensi bahaya tsunami dengan kategori sedang hingga tinggi. Wilayah terluas dengan potensi tsunami ini di wilayah Sirombu, selanjutnya Mandrehe Barat, Moro’o dan Mandrehe.

Menghadapi potensi bahaya gempa dan tsunami, BNPB mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan siaga. Bahaya gempa tidak dapat diprediksi secara akurat waktu dan tempat terjadinya. Pada bencana gempa bumi, sebagian besar warga menjadi korban akibat reruntuhan bangunan.

“Masyarakat diharapkan telah memiliki rencana kesiapsiagaan keluarga dan dapat dilatihkan pada Hari Kesiapsiagaan Bencana yang dilakukan serentak di seluruh Indonesia pada 26 April nanti,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Kasus Cacar Monyet Masuki Slovenia dan Republik Ceko

Otoritas kesehatan Slovenia telah mengkonfirmasi kasus pertama infeksi cacar monyet di negara Alpen itu yang menimpa seorang turis yang telah kembali dari Kepulauan Canary...

Gaya Hidup

Kenali Perbedaan Alergi Matahari dan Terbakar Matahari

Alergi matahari dan terbakar matahari terkadang sulit dibedakan karena gejala yang muncul hampir serupa. Padahal, keduanya disebabkan oleh reaksi yang berbeda pada kulit. Nah,...

Peristiwa

Banjir Rob Kembali Rendam Pemukiman di Pekalongan

Peristiwa banjir rob yang kembali terjadi, Banjir terjadi di Kelurahan Tirto, Kecamatan Pekalongan Barat, Kota Pekalongan menerjang permukiman pada Rabu (24/5) pagi, sebelumnya sempat...

Hukum

Koruptor Rumah Ibadah di Aceh Ditangkap Setelah 4 Tahun Buron

Koruptor rumah ibadah, Ami Aristoni ditangkap tim Intelijen Kejaksaan Agung (Kejagung). Mantan Sekretaris Dinas Bina Marga Cipta Karya Kabupaten Bener Meriah, Aceh ini sebelumnya...