Nelayan Mengeluh Soal Kapal yang Belum Dievakuasi di Tanah Ampo

Nelayan mengeluh soal kapal tongkang dan tugboat yang belum dievakuasi setelah terdampar di perairan Tanah Ampo, Desa Ulakan, Kecamatan Manggis, Karangasem pada tanggal 11 Juli 2022 lalu.
Kelian Banjar Dinas Tanah Ampo I Made Darmayasa mengatakan keberadaan kapal tongkang dan tugboat-nya yang terdampar di perairan Tanah Ampo cukup mengganggu aktivitas warganya yang sebagian besar merupakan nelayan.

“Para nelayan pinggiran tidak bisa tebar jaring ikan. Selain itu mereka juga harus memindahkan perahunya saat akan melaut akibat adanya kapal tongkang tersebut,” kata Darmayasa, Jumat (5/8/2022).

Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Padangbai Ni Luh Putu Eka Suyasmin mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan pemilik kapal. Namun, pemilik kapal mengaku terkendala banyak hal untuk melakukan evakuasi. Bahkan, kapal tugboat tersebut saat ini tenggelam dan kemasukan pasir.

“Kita sebenarnya sudah berupaya terus melakukan koordinasi dengan pihak kapal supaya proses evakuasi secepatnya dapat diselesaikan. Tapi sampai saat ini beberapa upaya yang sudah dilakukan masih belum berhasil,” kata Eka Suyasmin, Jumat (5/8/2022)

Eka Suyasmin menambahkan, proses evakuasi kedua kapal tersebut seharusnya sudah selesai dalam waktu satu atau dua pekan. Namun, proses evakuasi tak kunjung diselesaikan hingga sudah hampir satu bulan.

“Sebenarnya untuk evakuasi difokuskan ke kapal tugboat terlebih dahulu karena dalam keadaan tenggelam, sedangkan kapal tongkang dievakuasi belakangan. Saya berharap kedua kapal tersebut secepatnya dapat dievakuasi sehingga aktivitas di perairan Tanah Ampo tidak terganggu,” kata Eka Suyasmin.

Iklan 7

Tinggalkan Balasan

Must Read

- Advertisement -

Hot News

KPK Panggil Direktur Kementerian ESDM di Kasus Baru Bupati PPU

KPK memanggil Direktur Pembinaan Program dan Migas dari Direktorat Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), yakni Dwi Anggoro. Dwi diperiksa sebagai saksi dalam...

Gaya Hidup

5 Tanda Dia Punya Hati Tulus Menyayangimu

Ketika di masa pendekatan, biasanya ada upaya untuk bisa saling mengenal satu sama lain. Selain itu, kita perlu meyakinkan ada hati yang tulus menyayangi sebelum melangkah...

5 Cara Redakan Rasa Marah

Peristiwa

Sebuah Mobil Terbalik di Setra Desa Adat Sidemen Bali

Sebuah mobil jenis Suzuki Splash dengan nomor polisi DK 1178 CU terbalik di setra (kuburan) Desa Adat Sukahet, Kecamatan Sidemen, Kabupaten Karangasem, pada Rabu...

Hukum

Asyik Nyabu, Oknum Pegawai Honorer Dinas Pertanian Sumsel Digrebek

Polisi menggerebek seorang oknum pegawai honorer Dinas Pertanian Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) berinisial RE (26) saat tengah asyik mengisap sabu. Petugas lapangan pertanian atau...

Iklan 6