Negara di Seluruh Dunia Pastikan Lebaran Idulfitri Jatuh pada Senin 2 Mei 2022

Negara di seluruh dunia memastikan lebaran Idul Fitri jatuh pada Senin 2 Mei 2022. Kepastian ini diperoleh setelah pemerintah Arab Saudi mengumumkan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah jatuh pada Senin, 2 Mei 2022.

Selain itu negara di Eropa, jazirah Arab, Afrika hingga Amerika kompak merayakan lebaran pada Senin 2 Mei. Keputusan tersebut diambil setelah pihaknya mendapat laporan dari Pengadilan Kerajaan Arab Saudi yang menyatakan pada Minggu (1/4/2022) tidak terlihat hilal sebagai tanda masuk 1 Syawal.

“Mahkamah Agung mengatakan menurut laporan yang diterima dari pengadilan berdasarkan kesaksian dari mereka yang ahli di bidangnya, bahwa bulan Syawal tidak terlihat,” tulis pernyataan Pengadilan Kerjaan Arab Saudi, Minggu (1/4/2022).

“Karena itu, telah diputuskan bahwa Minggu 30/9/1443 H, menurut kalender Umm Al-Qura, bertepatan dengan 1 Mei adalah hari terakhir bulan suci Ramadan dan bahwa Senin 1/10/1443 H, menurut kalender Umm Al-Qura atau 2 Mei adalah hari pertama bulan Syawal atau Idul Fitri,” lanjut pernyataan tersebut.

Sebelumnya, hilal bulan Syawal tidak bisa dilihat dari observatorium Tamir atau dari observatorium Universitas Majmaah di Hautat Sudair pada Sabtu.

Begitu juga dalam akun Twitter Haramain Sharifain (hsharifain), Sabtu (30/4/2022) malam mengumumkan pemerintah negara Arab Saudi tidak melihat hilal pada hari tersebut.

“Bulan Sabit Syawal 1443 tidak terlihat hari ini, selanjutnya Senin, 2 Mei 2022 akan menjadi hari Idul Fitri. Bulan Ramadan 1443 akan berakhir 30 hari besok (hari Minggu ini),” demikian keterangan dari Twitter resmi @hsharifain.

Sementara di Indonesia, penentuan 1 Syawal atau Idul Fitri 1443 H akan diputuskan dalam Sidang Isbat yang digelar hari ini, Minggu (1/5/2022).

Kemenag akan menggelar Sidang Isbat di Auditorium HM Rasjidi, Kantor Kemenag RI Jakarta.

BACA JUGA  Tanggapi Kasus Pemerkosaan Santriwati, Kemen PPPA: Jangan Ada Lagi Kekerasan Seksual!

Melansir laman Kemenag, secara hisab semua sepakat bahwa Sidang Isbat jatuh di hari Minggu (1/5/2022) atau pada 29 Ramadan 1443 H.

Tinggalkan Balasan

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Pakai Sandal Jepit Saat Mengendarai Sepeda Motor Tidak akan Kena Tilang

Pengendara motor yang menggunakan sandal jepit dipastikan oleh polisi tidak akan ditilang. Namun, polisi akan terus mengimbau kepada pengendara motor agar tidak riding menggunakan...

Gaya Hidup

Ini Cara Hilangkan Bau Badan agar Tidak Insecure

Bau badan yang tidak sedap disebabkan oleh keringat yang bercampur dengan bakteri. Hal ini bisa diatasi dengan cara perawatan tubuh dan menghindari makanan atau...

Peristiwa

Truk Kapsul Terbalik di Lubuk Kilangan Padang, Ini Penyebabnya!

Musibah kecelakaan kembali terjadi, Akibat hilang kendali, satu unit truk pengangkut semen di Jalan Padang-Indarung, Kelurahan Padang Besi, Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang terbalik. Menurut...

Hukum

Kejagung Periksa Mantan Mendag M Lutfi sebagai Saksi Kasus Ekspor CPO

Kejaksaan Agung (Kejagung) memeriksa dua orang saksi terkait perkara dugaan tindak pidana korupsi dalam Pemberian Fasilitas Ekspor Crude Palm Oil (CPO) dan turunannya pada...