Musim Layang-layang di Jembrana, Peluang Bisnis Mendapatkan Cuan

Musim layang-layang di Jembrana menjadi peluang bagi anak-anak untuk berbisnis. Permainan tersebut sedang banyak dimainkan di wilayah Banjar Pebuahan, Desa Banyubiru, Kecamatan Negara, Jembrana, Bali.

Peluang bisnis yang diambil anak-anak tersebut lumayan menguntungkan, karena mereka bisa untuk tambahan uang jajan. Kreativitas mereka membuat layangan menjadi peluang bisnis sejak dini patut diapresiasi.

“Biasa setiap musim layang-layang buat sendiri,” kata Rizki Ramadhan (11), Minggu (31/7/2022).

Rizki bersama enam orang teman sebayanya, mampu membuat layangan paling sedikit tiga buah dalam sehari, yang mereka buat adalah jenis guangan dengan ukuran sedang, lebar 1 meter.

Mereka berbisnis tersebut tanpa modal. Bahan bambu yang digunakan mereka cari sendiri di pinggiran sungai. Mereka bersama-sama memotong bambu dengan peralatan yang ada. Sementara bahan lain yang digunakan yakni plastik bekas yang mereka cari dari rumah dan yang dibuang warga sekitar.

“Tidak ada biayanya,” kata, Firman (14),

Menurutnya, setiap musim layang-layang memang sering membuat sendiri. Tidak hanya untuk dimainkan bersama teman-temanya tetapi juga dijual kepada teman sekitar.

“Kalau ada yang beli, dijual juga,” ungkapnya.

Satu buah layang-layang jenis guangan ukuran sedang, dijual dengan harga Rp 5 ribu. Dalam sehari para anak-anak bisa meraup cuan hingga Rp 15 ribu.

Meski jumlahnya tidak besar, menurut mereka, lebih baik membuat dan menjual layangan daripada sibuk bermain handphone. Hasil penjualan layang-layang ini dibagi rata untuk tambahan bekal sekolah dan diberikan pada orang tua.

Iklan 7

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

- Advertisement -

Hot News

KPK Panggil Direktur Kementerian ESDM di Kasus Baru Bupati PPU

KPK memanggil Direktur Pembinaan Program dan Migas dari Direktorat Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), yakni Dwi Anggoro. Dwi diperiksa sebagai saksi dalam...

Gaya Hidup

3 Cara Cerdas Membuat Lilin Tahan Lama

Lilin merupakan sumber penerangan yang terdiri dari sumbu yang diselimuti oleh bahan bakar padat. Sebelum abad ke-19, bahan bakar yang digunakan biasanya adalah lemak...

Peristiwa

Angin Puting Beliung sebabkan Pohon Tumbang hingga Kuburan Terbongkar di Pematangsiantar

Bencana angin puting beliung menerjang Kota Pematangsiantar, Sumatra Utara (Sumut). Sejumlah pohon tumbang yang menyebabkan kuburan warga terbongkar. Dampak angin puting beliung tersebut, kompleks permakanan,...

Hukum

Pesta Sabu, 4 Pria di Pesawaran Ditangkap Polisi

Jajaran unit satnarkoba Polsek Gadingrejo menggerebek sebuah lokasi yang diduga mengadakan pesta narkoba di dua lokasi berbeda di pekon Gadingrejo Utara. Sebanyak empat pria...

Iklan 6