Motif Pria yang Mencuri di Pusat Gadai di Denpasar Terungkap

Seorang pria yang merupakan residivis berinisial TG (27) ditangkap polisi karna menjebol pusat gadai di Denpasar, Bali. Ia pun mengungkapkan alasannya beraksi tanpa busana yang terekam CCTV saat melakukan aksi pencurian.

“Iya (dia melakukan aksi pencurian dalam keadaan) telanjang,” kata Kapolsek Denpasar Barat Kompol I Made Hendra Agustina, Sabtu (30/7/2022).

Hendra mengatakan, pihaknya telah meminta keterangan pria itu untuk menjelaskan maksudnya membobol tempat gadai barang dalam keadaan telanjang. Adapun alasan pelaku agar lebih gampang masuk ke dalam.

“Alasan dia sih, katanya biar gampang masuk ke dalam. Karena dia kan jebol pintu, pintu besi keras, jadi menurut keterangannya kalau pakai baju enggak leluasa, makanya dia telanjang masuknya,” terang Hendra.

Menurut Hendra, sesuai rekaman CCTV yang didapat pihaknya, pria itu membobol pusat gadai dalam kondisi bugil. Setelah membobol pusat gadai, pelaku baru mengenakan pakaiannya lagi. Polisi belum bisa berspekulasi ke hal lain atas kasus pencurian pelaku tanpa busana tersebut.

“Jadi kami tidak bisa berspekulasi ke hal lain. Kalau pengalaman saya yang dulu-dulu, kalau kayak gitu sih, ada ritual biasanya. Cuma karena dia bilang seperti itu, ya kami sementara iya kan dulu,” ujarnya.

Di sisi lain, Hendra menegaskan pria itu sejauh ini tidak ada tanda-tanda mengalami kelainan mental. Sebab, pelaku tampak terlihat aktif menggunakan media sosial. Pelaku juga merupakan residivis dua kali kasus pencurian.

Pria itu melakukan aksinya pertama kali di Sulawesi Utara (Sulut) dan kedua dilakukan di wilayah Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar dengan membobol apotek.

Namun, menurut Hendra, pelaku juga belum memberikan keterangan secara gamblang kepada pihaknya saat dilakukan pemeriksaan. Pelaku bahkan belum menyebutkan lokasi tinggalnya di Bali.

BACA JUGA  Seorang Pria Kejang-kejang dan Meninggal di Jembrana

“Ini juga masih berbelit-belit, dia belum buka tinggal di mana, jadi belum bisa dipastikan. Dia kemarin bilangnya cuma di kolong jembatan (tinggalnya). Cuma kami ajak dia tunjukkan di mana kolong jembatannya, dia juga enggak bisa menunjukkan,” ungkap Hendra.

“Jadi orangnya masih belum terlalu kooperatif, masih berbelit-belit, keterangannya berubah-ubah, tapi kan kami perkuat alat bukti dan saksi yang ada di TKP. Itu yang kami perkuat, itu sudah cukup sih,” imbuhnya.

Polsek Denpasar Barat kini masih melakukan pengembangan atas aksi pencurian yang dilakukan pelaku. Polisi masih mendalami adanya dugaan TKP pencurian lain yang sempat menjadi sasaran pelaku.

“Kami masih kembangkan ada satu lagi TKP yang mirip, tetapi masih kami dalami, sama jebol tembok juga, yang dicari kan brankas. Jadi belum ada titik yang jelas, baru kemarin (di pusat gadai) ini yang pasti (dan) jelas,” tegas Hendra.

Pelaku sudah ditetapkan sebagai tersangka oleh polisi dan dijerat dengan Pasal 363 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) tentang pencurian dengan pemberatan. Pelaku terancam hukuman pidana maksimal selama tujuh tahun penjara.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Pendiri Sunda Empire, Lord Rangga Meninggal Dunia Karena Sakit Jantung

Pendiri Sunda Empire, Lord Rangga Meninggal Dunia Karena Sakit Jantung. Ki Ageng Rangga Sasana, atau yang lebih dikenal publik dengan panggilan Lord Rangga, dikabarkan meninggal...
- Advertisement -

Gaya Hidup

Tren Perawatan Sulam Bedak Meningkat, Kenali Manfaat dan Risikonya

Sulam bedak merupakan tren perawatan kulit wajah asal Korea Selatan yang tengah populer. Meski dapat mencerahkan dan menutupi noda di kulit, perawatan kulit ini...

Peristiwa

Pria 49 Tahun di Balikpapan Tersetrum Tegangan Tinggi saat Mengecat Ruko

Saat sedang mengecat sebuah ruko di kawasan Belakang BCA, Kelurahan Klandasan Ilir, Balikpapan Kota, seorang pria bernama Riski (49) tersentrum listrik tegangan tinggi pada...

Hukum

Polisi Tangkap Pelaku Pembacok Pelajar SMP di Yogya

Polisi berhasil menangkap pelaku penganiayaan yang menyebabkan seorang pelajar SMP di Yogyakarta berinisial M (14) mengalami luka di bagian wajah. Pelaku diketahui menyabetkan sabuk...

Iklan3