Mobil Listrik Diprediksi Bakal Lebih Murah Dua Tahun Lagi

Harga mobil listrik di Indonesia masih tergolong mahal. Meskipun saat ini, ada satu model mungil listrik Wuling Air EV yang estimasi harganya telah terungkap, yaitu Rp 250-300 juta, tapi sebelum itu banderol mobil listrikmasih berada di kisaran Rp 700 jutaan.

Ketua Umum Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo) Moeldoko mengatakan, harga mobil listrik masih tergantung pasar dan baterai.

“Tapi, kalau kita sudah bisa membuat industri baterai di sini (lokal), harga kendaraan listrik akan lebih murah,” jelas Moeldoko, saat ditemui di Darmawangsa, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Lanjut Moeldoko, baterai sendiri memiliki kontribusi cukup besar terhadap penentuan harga mobil listrik, sebesar 35 sampai 45 persen.

“Prediksi saya, 2 atau 3 tahun ke depan pabrik baterai kendaraan listrik sudah ada di Indonesia,” tegas Moeldoko.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo juga yakin, harga kendaraan listrik di Indonesia bisa lebih murah. Pasalnya, dengan seiring berjalannya waktu, akan ada teknologi terbaru yang akan membuat banderol kendaraan ramah lingkungan ini lebih terjangkau untuk masyarakat.

“Untuk pertama seperti itu, karena memang harga hampir 50 persen harga dari cost-nya ada di baterai,” ujar pria yang akrab disapa Jokowi ini, saat mengunjungi Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang, Jawa Tengah, seperti dikutip dari youtube resmi Sekretariat Presiden.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Tragedi Kanjuruhan, Bintang Emon Singgung Tanggung Jawab Pihak Berwenang

Komika Bintang Emon menjadi salah satu dari sekian selebritis Tanah Air yang akui ikut merasa terpukul atas tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang,...
- Advertisement -

Gaya Hidup

Tren Perawatan Sulam Bedak Meningkat, Kenali Manfaat dan Risikonya

Sulam bedak merupakan tren perawatan kulit wajah asal Korea Selatan yang tengah populer. Meski dapat mencerahkan dan menutupi noda di kulit, perawatan kulit ini...

Peristiwa

Ruko Laundry di Tangerang Terbakar, 3 Tewas Terpanggang!

Musibah kebakaran terjadi Tangerang, Sebuah rumah yang dijadikan tempat usaha cuci pakaian terbakar. kebakaran ini terjadi di Perumahan Taman Cikande RT 09 RW 02...

Hukum

Gelar Rekonstruksi! Suami yang Bunuh Istri lalu Mayat Dibuang di Jembatan Bima Ngaku Menyesal dan Menangis

Rekonstruksi kejadian suami yang bunuh istri lalu mayatnya dibuang di jembatan Kecamatan Lambu, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB) digelar pada Jumat (2/12/2022). Rekonstruksi pembunuhan...

Iklan3