Mesin ATM di Kulon Progo Dibobol Maling

Dalam kurun waktu sehari terjadi aksi pembobolan mesin ATM terjadi di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Tak tanggung-tanggung ada dua mesin yang dibobol.

“Benar hari ini ada laporan pembobolan mesin ATM di dua lokasi yang berbeda,” kata Kasi Humas Polres Kulon Progo, Iptu I Nengah Jeffry, Minggu (31/7).

Dua mesin yang menjadi sasaran pencurian adalah mesin ATM sebuah bank di Kantor Samsat Kulon Progo, Wates dan ATM dari bank yang sama di Kapanewon Temon, Kulon Progo.
Meski berada di lokasi yang terpisah, polisi menduga perbuatan itu dilakukan oleh pelaku yang sama. Hal itu terlihat dari cara membobol mesin ATM yang memiliki kemiripan.
“Diduga pelaku merupakan orang yang sama, karena dari caranya membobol hampir sama,” jelasnya.
Aksi pembobolan itu diketahui saat petugas bank memperoleh notifikasi bahwa mesin ATM yang berada di Kantor Samsat mengalami offline. Saat melakukan pemeriksaan, petugas menemukan bekas congkelan.
Petugas akhirnya memeriksa data dan isi mesin ATM tersebut. Ternyata ditemukan ada selisih sebesar Rp 2,8 juta.
Hal yang sama juga dialami di mesin ATM di kapanewon Temon. Terdapat kerusakan serupa dan ada selisih uang sebesar 1,95 juta di mesin ATM tersebut. Sehingga, total kerugian dari pembobolan itu mencapai Rp 4,75 juta.
Jeffry menyampaikan Satreskrim Polres Kulon Progo telah diterjunkan untuk melakukan pemeriksaan di lokasi. Pengecekan CCTV juga dilakukan, hasilnya terlihat adanya usaha pencongkelan oleh pelaku yang berjumlah dua orang.
“Dari CCTV terlihat adanya usaha pencongkelan yang dilakukan oleh dua orang dengan ciri-ciri berkaos hitam, memakai masker dan membawa tongkat yang disembunyikan di celana salah satu dari kedua orang tersebut,” paparnya.
Jeffry mengatakan upaya penyelidikan masih berlangsung.Tim telah diterjunkan untuk memburu terduga pelaku berdasarkan hasil rekaman CCTV.
“Sekarang masih proses, kami harapkan pelaku bisa segera tertangkap,” tutupnya. (Kay)

Iklan 7

Tinggalkan Balasan

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Jokowi soal Usul TNI Jabat di Kementerian: Kebutuhan Belum Mendesak

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan belum ada kebutuhan mendesak bagi pemerintah untuk menempatkan tentara di jabatan-jabatan kementerian atau lembaga negara. Hal ini disampaikan Jokowi merespons...

Gaya Hidup

5 Cara agar Tidak Cemas Berlebihan Menghadapi Masa Depan

Masa depan penuh dengan ketidakpastian. Kita tak bisa benar-benar tahu dengan pasti hal-hal yang akan terjadi di masa depan. Ada yang mungkin akan berhasil, tetapi...

Peristiwa

Seorang Wanita Ingin Bunuh Diri di Kupang Berhasil Digagalkan Warga

Seorang wanita ingin bunuh diri di Jembatan Liliba Kota Kupang pada Kamis (11/8/2022) namun berhasi digagalkan warga setempat. Warga yang melintas di Jembatan Liliba dan...

Hukum

Ferdy Sambo: Saya Meminta Maaf Beri Informasi Tidak Benar

Eks Kadiv Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo meminta maaf kepada masyarakat luas dan pihak-pihak terkait yang terdampak masalah yang dihadapinya. Sambo mengakui telah...

Iklan 6