Menko Airlangga: Realisasi Anggaran PEN 2022 Mencapai Rp52,66 triliun

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto mengatakan realisasi anggaran program Pemulihan ekonomi Nasional (PEN) untuk tahun 2022 sudah mencapai 11,6% dari pagu anggaran atau mencapai Rp52,66 triliun.

Airlangga menjelaskan, capaian angka realisasi itu terdiri dari anggaran untuk penanganan kesehatan Rp2,5 triliun. Kemudian, anggaran untuk perlindungan masyarakat sudah mencapai Rp45 triliun atau 29% dari pagu. Anggaran perlindungan masyarakat ini terdiri dari anggaran Program Keluarga Harapan (PKH), BLT Minyak Goreng, BLT Desa, Bantuan Tunai bagi Pedagang Kaki Lima, Warung, dan Nelayan (BT-PKLWN), dan kartu pra kerja.

Pemerintah Indonesia kembali mengucurkan Bantuan Tunai bagi Pedagang Kaki Lima, Warung, dan Nelayan (BT-PKLWN). Penerima manfaat bantuan tunai 2022 ntuk fase kali ini mencapai 2,76 juta orang. Ini terdiri dari 1 juta PKL/warung dan 1,76 juta nelayan dengan besaran bantuan mencapai Rp600.000 /orang.

Bantuan ini akan disalurkan di wilayah kabupaten/kota prioritas yang termasuk dalam Program Pengentasan Kemiskinan Ekstrem Tahun 2022 dan penyalurannya akan dilakukan oleh TNI dan Polri.

“Dan rinciannya TNI Polri telah menyalurkan sebesar 60,9 persen dari target yaitu 840.282 orang. Polri menyalurkan 38 persen atau 519.523 orang dan diharapkan ini bisa diselesaikan menjelang idul fitri nanti,” kata Airlangga, dilansir dari laman InfoPublik.

Menko Airlangga menjelaskan, memang bantuan pedagang kaki lima warung dan nelayan sengaja ditambahkan dari skema PKLWN untuk mengentaskan kemiskinan ekstrem di 212 kabupaten kota. Namun, kemudian ditambah menjadi 514 kabupaten kota untuk bantuan BLT minyak goreng.

Bantuan ini diharapkan dapat menggerakkan kembali ekonomi masyarakat tingkat bawah untuk menjaga daya beli, keberlangsungan usaha dan penghidupan masyarakat yang menjalankan usaha mikro, terutama PKL dan pemilik warung.

Tinggalkan Balasan

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Dua Pilot Tewas Setelah Jet Tempur Jatuh di Isfahan Iran

Dua pilot Iran tewas setelah jet tempur mereka jatuh pada saat menjalankan pelatihan di provinsi Isfahan Iran. Media pemerintah mengkonfirmasi pada hari Selasa(24/5) bahwa sebuah...

Gaya Hidup

Kenali Perbedaan Alergi Matahari dan Terbakar Matahari

Alergi matahari dan terbakar matahari terkadang sulit dibedakan karena gejala yang muncul hampir serupa. Padahal, keduanya disebabkan oleh reaksi yang berbeda pada kulit. Nah,...

Peristiwa

Mandi di Sungai Sumenep, 2 Remaja Tewas Tenggelam

Peristiwa naas terjadi, Dua remaja ditemukan tewas tenggelam di sebuah sungai di Sumenep. Kedua korban diduga tak bisa berenang saat mandi bersama teman-temannya menjelang...

Hukum

Koruptor Rumah Ibadah di Aceh Ditangkap Setelah 4 Tahun Buron

Koruptor rumah ibadah, Ami Aristoni ditangkap tim Intelijen Kejaksaan Agung (Kejagung). Mantan Sekretaris Dinas Bina Marga Cipta Karya Kabupaten Bener Meriah, Aceh ini sebelumnya...