Mengetahui Kebun Budidaya Pepaya California di Jembrana

Kebun buah pepaya california dibudidayakan oleh para kelompok tani buah di Jembrana, dikarenakan tingginya konsumsi buah pepaya di Bali.

Salah seorang ketua kelompok tani buah Jembrana I Gusti Ngurah Rai Budi (62) mengatakan, tingginya konsumsi buah pepaya di Bali, menyebabkan kekurangan pasokan buah pepaya ke Bali. Sehingga kebutuhan pasokan buah pepaya kebanyakan datang dari daerah Jawa.

“Untuk mengantisipasi pepaya yang dibutuhkan terutama di Bali, maka petani di Jembrana membentuk suatu kelompok yang bernama kelompok tani buah Jembrana dan membuat kebunnya,” kata Rai Budi, di lahan pertanian pepayanya, di Desa Melaya, Jembrana Bali, Selasa (18/7/2022).

Menurutnya, keberadaan kelompok tani buah pepaya di Jembrana ini, bisa menyuplai kebutuhan buah pepaya. Sehingga pasokan buah pepaya di Bali tercukupi.

“Kita bentuk kelompok baru jalan sekitar satu tahun. Ini untuk meminimalisir buah pepaya dari Jawa ke Bali,” ungkapnya.

Kelompok tani buah Jembrana, kata Rai Budi, saat ini sudah ada sekitar 20 hektar kebun milik dari 15 orang anggota kelompok yang sudah di tanami pohon pepaya jenis california. Dalam setiap 1 hektar lahan, bisa di tanam sekitar 800 hingga 1.000 pohon pepaya. “Dari awal menanam hingga panen pertama, selama 7 bulan panen,” katanya.

Sedangkan dari lahan luas 1,5 hektar kebun yang dia kelola, sudah sebanyak 4 kali panen, dari sejak menanam 6 bulan lalu. Total sekitar 1 ton lebih. “Sudah mulai panen, tapi bertahap. Dari awal panen, 5 hari lagi panen, 5 hari lagi panen lagi. Terus begitu,” terangnya.

Dari satu pohon pepaya, bisa berbuah 25 biji hingga 75 biji buah. Dalam satu buah pepaya kualitas yang bagus bisa mencapai 1,5 kilogram. “Paling kecil itu 7 ons. Harga per kilo yang sudah disortir Rp 2.800 sampai Rp 3.500,” jelasnya.

BACA JUGA  Seorang Atlet SUP Naungi Laut Bali Raih Rekor Muri

Rai Budi juga menambahkan, dari hasil buah pepaya kelompok tani Jembrana ini, masih belum mencukupi pasokan buah di Bali. “Ada juga petani yang menanam di luar kelompok. Nanti kita jajaki ajak gabung, untuk bisa saling sharing dalam perawatan pohon pepaya,” jelasnya.

Disamping untuk pemenuhan pasokan buah pepaya di Bali. Keberadaan kelompok tani buah Jembrana ini juga sebagai wadah untuk mengedukasi para petani buah, tujuan untuk menjaga kualitas buah dan keberlangsungan hidup petani.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Foto Kencan Kembali Bocor, Netizen Frustasi Agensi V dan Jennie Masih Bungkam

Sejak foto pertama yang diduga adalah V BTS dan Jennie BLACKPINK bocor pada bulan Mei tahun ini, penggemar dengan cemas menunggu YG Entertainment atau...

Gaya Hidup

3 Rekomendasi Susu Peninggi Badan yang Perlu kalian Ketahui

Memiliki tinggi badan ideal adalah impian hampir  semua orang. Banyak orang yang merasa tinggi badannya kurang ideal dan melakukan berbagai cara untuk menambah tinggi...

Peristiwa

Wanita di Jakarta Pusat Tabrakan Diri ke Kereta Api

N (28) tahun, Seorang wanita  mencoba menabrakkan diri ke kereta api yang melintas di pelintasan Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat. Korban mencoba mengakhiri hidupnya...

Hukum

Miris! 4 Siswi SD di Pesisir Barat Dicabuli Penjaga Sekolah

Seorang penjaga sekolah dilaporkan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPPPAKB) Pesisir Barat (Pesibar) karena kasus pencabulan yang dilakukannya. Pelaku berinisial...

Iklan3