Mendagri Tito: Paulus Waterpauw Diusulkan Jadi Pj Gubernur Papua Barat

Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian, memastikan Komisaris Jenderal Polisi (Purn.) Paulus Waterpauw, diusulkan oleh Majelis Rakyat Papua (MRP) Papua Barat untuk menjadi penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat.

Hal tersebut disampaikan Mendagri Tito melalui keterangan tertulis, setelah pelantikan Pj  Kepala Daerah di Jakarta, Kamis (12/5/2022).

“Pak Paulus Waterpauw juga diusulkan lembaga-lembaga adat di sana,” kata Mendagri Tito, dilansir dari InfoPublik.

Selain usulan tersebut, Mendagri Tito mengatakan pertimbangan lainnya dalam menunjuk Paulus adalah rekam jejak, kinerja serta kemampuan akademis dari Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tersebut.

“Beliau punya rekam jejak yang pengalaman di Papua, pernah jadi Kapolda Papua, Kapolda Papua Barat, dan yang penting juga beliau adalah putra Papua, orang asli Papua, kita menghormati itu,” kata Tito.

Karena itu, kata Tito, dengan seluruh pengalaman yang dimiliki Paulus Waterpauw diharapkan dapat menjaga berbagai aspek di Papua Barat selama masa jabatan Paulus.

“Dengan segenap pengalamannya dan kemampuan akademiknya, jam terbangnya, kita berharap bisa menjaga keberlangsungan stabilitas politik pemerintahan keamanan sekaligus juga mempercepat pembangunan di Papua Barat,” ucapnya.

Mendagri lantik lima Pj Gubernur

Sebelumnya, Mendagri Tito  melantik lima Pj gubernur yang menggantikan kepala daerah habis masa jabatannya pada Kamis 12 Mei 2022. Lima Pj tersebut yakni, Pj Gubernur Banten, Bangka Belitung, Sulawesi Barat, Gorontalo, dan Papua Barat.

Lima sosok tersebut yakni Sekretaris Daerah Banten, Al Muktabar, sebagai Pj Gubernur Banten, Dirjen Mineral dan Batu Bara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ridwan Djamaluddin, sebagai Pj Gubernur Kepulauan Bangka Belitung.

Kemudian, Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri, Akmal Malik, menjadi Pj Gubernur Sulawesi Barat, Staf Ahli Bidang Budaya Sportivitas Kementerian Pemuda dan Olahraga, Hamka Hendra Noer, dipercaya menjadi Pj  Gubernur Gorontalo

BACA JUGA  Menteri BUMN Menggelar Operasi Pasar Tambahan untuk Minyak Goreng

Terakhir, Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan (BNPP) Kemendagri, Komisaris Jenderal Polisi (Purn.) Paulus Waterpauw, sebagai Pj Gubernur Papua Barat.

Tinggalkan Balasan

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Hasil Hubungan Gelap, Janda di Banjarnegara Buang Bayi ke Sungai

Seorang perempuan yang berinisial M (26) tahun diamankan polisi karena diduga membuang bayinya ke Sungai Kedawung, Desa Gentasari, Kecamatan Pagedongan, Banjarnegara, Jawa Tengah. Kapolres Banjarnegara...

Gaya Hidup

Ketahui Penyebab Kutu Rambut dan Cara Penularannya

Penyebab kutu rambut adalah parasit yang hidup dan berkembang biak di kulit kepala. Parasit ini bisa menular dari satu orang ke orang lainnya melalui...

Peristiwa

Warga Rejang Lebong Temukan Mortir Peninggalan Perang

Penemuan benda mirip mortir hebohkan warga Desa Sambirejo, Kecamatan Selup Rejang, Kabupaten Rejang Lebong dihebohkan karena adanya laporan temuan benda mirip mortir. Kondisi benda yang...

Hukum

Densus 88 Amankan Panah saat Penggeledahan Kos Simpatisan ISIS di Kota Malang

Seorang pria terduga simpatisan ISIS diamankan Densus 88 Antiteror di Kota Malang. Pria tersebut diamankan di sebuah tempat kos di di Perum Dinoyo Permai,...