Mendag Zulhas: Sektor Ritel Berkontribusi pada Pemulihan Konsumsi Rumah Tangga

Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan, menegaskan sektor ritel memiliki kontribusi penting dalam pemulihan konsumsi rumah tangga di dalam negeri dari dampak merebaknya wabah global COVID-19. Sehingga, pemerintah ke depan, akan terus mendorong bisnis ritel tetap tumbuh.

Berdasarkan data, kontribusi konsumsi rumah tangga terhadap produk domestik bruto (PDB) sebesar 53,65 persen. Mendag Zulhas mengatakan, “Salah satu faktor pendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia adalah konsumsi rumah tangga,” yang diterima pada Kamis (14/7/2022).

Kontribusi konsumsi rumah tangga di dalam negeri, lanjut Mendag, terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Pada kuartal I 2022 tumbuh mencapai 4,34 persen dari tahun sebelumnya.

Adanya tren peningkatan itu, maka menjadi dasar pemerintah mendukung sektor ritel terus berkembang melalui berbagai kegiatan. Seperti, acara Indonesia Retail Summit 2022 meliputi kegiatan Hari Belanja Diskon Indonesia (HBDI) 2022 dan Hari Retail Modern Indonesia (HARMONI) 2022.

Acara tersebut, merupakan kesempatan emas bagi anggota Hippindo yang bergerak di sektor ritel, kuliner dan hiburan untuk dapat menggali potensi pasar secara global.

“Saya berharap acara ini dapat turut meningkatkan konsumsi domestik serta menciptakan peluang lebih besar untuk perkembangan dan kemajuan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), para pelaku ekonomi kreatif, pusat perbelanjaan dan pelaku bisnis ritel di seluruh Indonesia. Di samping itu, dengan acara ini juga diharapkan dapat menarik wisatawan mancanegara sekaligus memperkenalkan kebudayaan Indonesia,” jelas Mendag Zulhas, dilansir dari laman infopublik.

Mendag menambahkan, acara ini merupakan salah satu sarana mempromosikan produk- produk dalam negeri, baik makanan, minuman, kerajinan maupun fesyen, baik untuk konsumen dalam negeri maupun pasar luar negeri. Tujuan akhirnya agar produk dalam negeri dapat bersaing di pasar global.

BACA JUGA  Freeport Janji Bisa Sumbang Kas Negara hingga Rp 1.214 T Sampai 2041

“Indonesia Retail Summit 2022 juga dapat mendorong ekonomi kerakyatan dengan menggerakkan UKM sebagai suplayer di ritel luring maupun di platform lokapasar dan mendukung program Bangga Buatan Indonesia dengan belanja produk Indonesia,” ujar Mendag Zulhas.

Diketahui, acara Indonesia Retail Summit akan digelar pada 15—16 Agustus 2022. Kegiatan dilaksanakan bertepatan dengan hari jadi Sarinah, pusat perbelanjaan pertama di Indonesia dan juga Asia Tenggara.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Pendiri Sunda Empire, Lord Rangga Meninggal Dunia Karena Sakit Jantung

Pendiri Sunda Empire, Lord Rangga Meninggal Dunia Karena Sakit Jantung. Ki Ageng Rangga Sasana, atau yang lebih dikenal publik dengan panggilan Lord Rangga, dikabarkan meninggal...
- Advertisement -

Gaya Hidup

Tren Perawatan Sulam Bedak Meningkat, Kenali Manfaat dan Risikonya

Sulam bedak merupakan tren perawatan kulit wajah asal Korea Selatan yang tengah populer. Meski dapat mencerahkan dan menutupi noda di kulit, perawatan kulit ini...

Peristiwa

Pria 49 Tahun di Balikpapan Tersetrum Tegangan Tinggi saat Mengecat Ruko

Saat sedang mengecat sebuah ruko di kawasan Belakang BCA, Kelurahan Klandasan Ilir, Balikpapan Kota, seorang pria bernama Riski (49) tersentrum listrik tegangan tinggi pada...

Hukum

Polisi Tangkap Pelaku Pembacok Pelajar SMP di Yogya

Polisi berhasil menangkap pelaku penganiayaan yang menyebabkan seorang pelajar SMP di Yogyakarta berinisial M (14) mengalami luka di bagian wajah. Pelaku diketahui menyabetkan sabuk...

Iklan3