Matahari Meledakkan Suar yang Berdurasi Cukup Panjang

Matahari melenturkan otot-otot magnetnya yang cukup besar hari ini (13 Juni) dengan melepas suar, dan dua pesawat ruang angkasa surya menangkap pertunjukan tersebut.

Bintang bumi melepaskan suar matahari berdurasi panjang pagi ini, meledakkan radiasi berenergi tinggi ke luar angkasa selama sekitar tiga jam. Solar Dynamics Observatory (SDO) NASA, yang telah mempelajari matahari dari orbit Bumi sejak 2010, mengamati peristiwa dramatis itu dalam berbagai panjang gelombang.

Suar terdaftar sebagai M3.4, menempatkannya di kelas ledakan matahari berukuran “sedang”. Namun, itu cukup kuat untuk menyebabkan pemadaman radio sementara di kawasan Asia-Pasifik di Bumi ini. Para ilmuwan menempatkan semburan api matahari yang kuat ke dalam tiga kategori, C, M dan X, dengan C menjadi yang terlemah dan X yang paling intens.

Suar pagi ini juga dikaitkan dengan Coronal Mass Ejection (CME), awan besar plasma super panas yang meluncur menjauh dari matahari dengan kecepatan luar biasa. Baik SDO maupun Solar and Heliospheric Observatory ( SOHO ), sebuah wahana NASA/Badan Antariksa Eropa yang diluncurkan pada 1995, mengambil citra CME hari ini, menunjukkan ukuran awan plasma yang sangat besar dan kecepatan yang mengesankan.

Pandangan kedua pesawat ruang angkasa itu saling melengkapi, mengingat orbitnya yang berbeda; SOHO mengelilingi matahari di Lagrange Point 1, tempat yang stabil secara gravitasi di ruang angkasa sekitar 930.000 mil (1,5 juta kilometer) dari Bumi ke arah bintang kita.

CME besar yang menghantam Bumi dapat memicu badai geomagnetik yang kuat, yang dapat memiliki efek negatif (potensi kerusakan satelit) dan positif ( tampilan aurora supercharged ). Tetapi tampaknya CME hari ini tidak selaras dengan Bumi, kata para ahli.

Matahari telah menembakkan sejumlah suar baru-baru ini. Itu tidak mengherankan, mengingat siklus aktivitas 11 tahun bintang kita diperkirakan akan mencapai puncaknya pada tahun 2025 atau lebih.

Tinggalkan Balasan

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Pakai Sandal Jepit Saat Mengendarai Sepeda Motor Tidak akan Kena Tilang

Pengendara motor yang menggunakan sandal jepit dipastikan oleh polisi tidak akan ditilang. Namun, polisi akan terus mengimbau kepada pengendara motor agar tidak riding menggunakan...

Gaya Hidup

Ini Cara Hilangkan Bau Badan agar Tidak Insecure

Bau badan yang tidak sedap disebabkan oleh keringat yang bercampur dengan bakteri. Hal ini bisa diatasi dengan cara perawatan tubuh dan menghindari makanan atau...

Peristiwa

Kereta Api Tabrak Mobil di Bekasi, Satu Tewas

Kecelakaan mobil tertabrak kereta api terjadi di daerah Stasiun Tambun, Bekasi, Jawa Barat. Sopir mobil tersebut tewas akibat insiden tersebut. Selasa (21/6) Berdasarkan informasi, petugas...

Hukum

Fredy Yohanes, Terdakwa Korupsi Izin Tambang di Bintan Akhirnya Ditahan

Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Tanjungpinang akhirnya memutuskan untuk menahan terdakwa Fredy Yohanes. Fredy merupakan salah satu terdakwa kasus dugaan Tindak Pidana Korupsi Izin Usaha...