Mario Draghi Menuntut Persatuan Italia Sebagai Syarat untuk Tetap Sebagai PM

Perdana Menteri Italia Mario Draghi pada Rabu menuntut persatuan di antara mitra koalisinya jika mereka ingin dia tetap menjabat, dan membiarkan ancaman pengunduran dirinya tergantung di parlemen.

Draghi memaparkan serangkaian masalah yang dihadapi Italia mulai dari perang di Ukraina hingga ketidaksetaraan sosial dan kenaikan harga, dan mengatakan partai politik perlu mendukungnya jika dia ingin mengarahkan negara itu ke pemilihan yang dijadwalkan pada paruh pertama tahun 2023.

“Apakah partai-partai dan Anda anggota parlemen siap untuk membangun kembali pakta ini?” Draghi mengatakan dalam pidato tanpa kompromi di depan majelis tinggi, menambahkan bahwa itulah yang dituntut orang Italia.

Senator dari Gerakan 5-Stars, yang memicu krisis pekan lalu setelah menolak untuk mendukung pemerintah dalam mosi tidak percaya, tidak bertepuk tangan di akhir pidato, begitu juga anggota partai sayap kanan.

Mario Draghi mengajukan pengunduran dirinya minggu lalu setelah mosi 5-Star keluar, tetapi Presiden Sergio Mattarella menolaknya dan menyuruhnya kembali ke parlemen untuk melihat apakah dia bisa menghidupkan kembali pemerintahan yang baru berusia 18 bulan.

Senator akan membahas pidato Draghi selama beberapa jam dan hasil pemungutan suara pada pidatonya diharapkan pada 19:30 (00:30 WIB). Perdebatan tentang masa depan pemerintah juga diperkirakan akan berlangsung di majelis rendah pada hari Kamis.

Mario Draghi
Perdana Menteri Italia Mario Draghi bereaksi selama pidatonya di depan Senat menjelang mosi tidak percaya untuk pemerintah setelah ia mengajukan pengunduran dirinya pekan lalu setelah pemberontakan oleh mitra koalisi, di Roma, Italia 20 Juli 2022. Photo: Reuters/Guglielmo Mangapane

Mantan kepala Bank Sentral Eropa ini memiliki dukungan yang cukup untuk tetap menjabat tanpa 5-Star, tetapi dia sejauh ini menolak opsi itu karena mandat awalnya adalah memimpin koalisi persatuan nasional dengan partai-partai dari seluruh spektrum politik.

Upaya rumit untuk mengatasi perpecahan, Liga dan sekutu Forza Italia-nya mengatakan mereka tidak ingin berbagi kekuasaan dengan 5-Star lagi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Tragedi Kanjuruhan, Bintang Emon Singgung Tanggung Jawab Pihak Berwenang

Komika Bintang Emon menjadi salah satu dari sekian selebritis Tanah Air yang akui ikut merasa terpukul atas tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang,...

Gaya Hidup

5 Manfaat Masker Lemon untuk Wajah dan Cara Membuatnya

Masker lemon bisa menjadi salah satu pilihan masker alami untuk menjaga kesehatan kulit. Kandungan vitamin C yang tinggi membuat masker ini dipercaya dapat mencegah...

Peristiwa

Anggota Satpol PP Karawang Ditemukan Tewas Tergantung di Pohon

AS (38) tahun, Seorang anggota Satpol PP Karawang yang ditemukan tewas gantung diri usai bertengkar dengan sang istri, Minggu (2/10). Saat ditemukan, AS dalam posisi...

Hukum

Sadis! Puluhan Kucing Dibunuh di Pasar Tasikmalaya

Komunitas pecinta kucing Tasikmalaya meradang. Hal itu menyusul temuan pembantaian yang sadis terhadap puluhan ekor kucing di dua pasar yang ada di Kota Tasikmalaya,...

Iklan3