Mantan Ketua KONI Padang Ditangkap Kejaksaan

Kejaksaan Negeri Padang, Sumatera Barat (Sumbar) akhirnya menangkap Mantan Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Padang yang berinisial AS. Diketahui AS yang merupakan ketua KONI periode 2018-2020 diamankan karena diduga korupsi.

Penahanan AS dilakukan Kejari Padang setelah melakukan penyerahan tersangka beserta barang bukti dari penyidik ke jaksa penuntut umum (JPU) atau tahap II kasus.

“Hari ini dilakukan tahap II untuk tersangka AS, setelah itu dia langsung ditahan di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Anak Air Padang,” terang Kepala Seksi Intelijen Kejari Padang, Roni Saputra, Senin (23/5).

Dia menambahkan, proses tahap II bisa dilaksanakan setelah tersangka AS bersifat kooperatif dan memenuhi panggilan jaksa, sedangkan pada panggilan pertama dia mangkir dengan alasan sakit.

“Tersangka bersifat kooperatif dengan memenuhi panggilan yang kami layangkan pada Rabu (18/5). Dia sempat kami periksa sebelum ditahan,” paparnya.

AS menjalani pemeriksaan di Kantor Kejari Padang didampingi penasihat hukumnya, kemudian digiring keluar mengenakan rompi tahanan Kejaksaan.

Untuk diketahui, AS adalah satu dari tiga tersangka yang ditetapkan Kejari Padang dalam kasus dugaan penyelewengan Dana Hibah Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Padang yang telah merugikan negara hingga Rp 3,1 miliar.

Dua tersangka lainnya, yakni Wakil Ketua KONI berinisial Dv dan Wakil Bendahara 1 KONI NZ telah ditahan terlebih dahulu oleh Kejaksaan pada Rabu (18/5).

Tersangka AS saat itu belum ditahan karena tidak memenuhi panggilan Kejari Padang dengan alasan sakit. Kasus dugaan penyelewengan Dana Hibah KONI Padang Tahun Anggaran 2018 hingga 2020 berdasarkan hasil audit terungkap bahwa kasus itu telah merugikan negara hingga Rp3,1 miliar.

Para tersangka dijerat dengan Pasal 2, 3, dan 9, Juncto 15, Jo 18 Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, Juncto (Jo) Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHPidana. (Kay)

 

Tinggalkan Balasan

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Dihari Ulang Tahun Emmeril, Ataliya Praratya Posting Video Perjalanan Hidup Sang Putra

Tepat pada hari ini, Sabtu (25/6), mendiang Emmeril Kahn Mumtadz atau yang akrab disapa Eril berulang tahun yang ke-23. Tentunya ini menjadi yang pertama...

Gaya Hidup

Manfaat Totok Wajah untuk Mengobati Migrain dan Sinusitis

Migrain dan sinusitis tidak hanya bisa diobati dengan pengobatan medis, namun juga terbantu dengan terapi tradisional totok wajah. Simak cara melakukannya dan manfaatnya terhadap...

Peristiwa

Diterjang Angin Kencang, Atap Rumah Terbang Tiang Listrik di Pidie Roboh

Angin kencang melanda Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh. Akibatnya, atap rumah warga rusak dan dua tiang listrik roboh, Kamis (30/6/2022) sekitar pukul 07.30 WIB. "Angin kencang...

Hukum

Polres Way Kanan Tangkap 5 Pelaku Pencuri Sapi

Sebanyak lima pencuri sapi di dusun Talang Tengah, Kampung Gedung Batin, Kecamatan Umpu Semenguk berhasil ditangkap Tekab 308 Polres dan Polsek Blambangan Umpu, Kabupaten...