Mantan Bupati Kuansing Andi Putra Divonis 5 Tahun 7 Bulan Penjara Terkait HGU Sawit

Mantan Bupati Kuansing , Andi Putra divonis 5 tahun 7 bulan penjara terkait kasus suap perpanjangan izin Hak Guna Usaha (HGU) sawit PT Adimulia Agrolestari di Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau. Vonis tersebut disampaikan Majelis Hakim pada sidang putusan di Pengadilan Negri (PN) Pekanbaru, Rabu (27/7/2022).

Andi Putra yang mengikuti sidang secara virtual itu, dinyatakan terbukti secara sah melanggar Pasal 12 huruf a Undang-undang (UU) Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dan ditambah dengan UU RI Nomor 20 Tahun 2001 tentang Tipikor juncto Pasal 64 KUHPidana.

“Menjatuhkan pidana penjara 5 tahun 7 bulan serta denda Rp200 juta, dengan ketentuan jika tidak dibayar diganti dengan kurungan 3 bulan,” ungkap Hakim Dahlan dikutip dari goriau.com, Rabu (27/7/2022).

Majelis Hakim menyatakan, pemberian uang sebesar Rp500 juta bukan pinjaman. Hal itu termasuk pemberian untuk memuluskan izin HGU PT AA, agar perusahaan tidak perlu membangun kebun kemitraan 20 persen di wilayah Kuansing. Tetapi tetap berada di kampar sesuai izin, yang akan segera berakhir.

Vonis hakim itu, lebih rendah dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU), pada Kamis (7/7/2022) lalu. JPU menuntut Andi Putra dengan hukuman 8 tahun 6 bulan penjara dan denda Rp400 juta subsider kurungan 6 bulan, uang pengganti Rp500 juta.

Atas tuntutan itu, Andi Putra melalui kuasa hukumnya, menyatakan pikir-pikir. “Akan pikir-pikir dulu yang mulia,” ujar Kuasa Hukum Andi Putra, Dodi Fernando.

Majelis Hakim memberikan waktu 7 hari bagi terpidana untuk melakukan upaya hukum banding, sebelum putusan dinyatakan berkekuatan hukum tetap.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Foto Kencan Kembali Bocor, Netizen Frustasi Agensi V dan Jennie Masih Bungkam

Sejak foto pertama yang diduga adalah V BTS dan Jennie BLACKPINK bocor pada bulan Mei tahun ini, penggemar dengan cemas menunggu YG Entertainment atau...

Gaya Hidup

3 Rekomendasi Susu Peninggi Badan yang Perlu kalian Ketahui

Memiliki tinggi badan ideal adalah impian hampir  semua orang. Banyak orang yang merasa tinggi badannya kurang ideal dan melakukan berbagai cara untuk menambah tinggi...

Peristiwa

Wanita di Jakarta Pusat Tabrakan Diri ke Kereta Api

N (28) tahun, Seorang wanita  mencoba menabrakkan diri ke kereta api yang melintas di pelintasan Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat. Korban mencoba mengakhiri hidupnya...

Hukum

Miris! 4 Siswi SD di Pesisir Barat Dicabuli Penjaga Sekolah

Seorang penjaga sekolah dilaporkan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPPPAKB) Pesisir Barat (Pesibar) karena kasus pencabulan yang dilakukannya. Pelaku berinisial...

Iklan3