Mantan Bos Kartel Kolombia Rodriguez Orejuela Meninggal di Penjara AS

Gilberto Rodriguez Orejuela, mantan pemimpin terkenal dari peredaran narkoba Kolombia Cali Cartel, telah meninggal di sebuah penjara AS pada usia 83, kata pengacaranya.

Rodriguez Orejuela menjalani hukuman di penjara federal di Butner, Carolina Utara.

Kadang-kadang Orejuela dikenal dengan nama alias “pemain catur”, dan ia dianggap sebagai salah satu raja obat bius terbesar di dunia setelah kematian Pablo Escobar tahun 1993, pemimpin saingan Kartel Medellin.

Bersama dengan adiknya Miguel  yang juga dipenjarakan di Amerika Serikat, Rodriguez Orejuela menjalankan Kartel Cali keluar dari kota Kolombia barat dengan nama yang sama.

Setelah penangkapannya pada tahun 1995, Rodriguez Orejuela dijatuhi hukuman 15 tahun penjara di Kolombia, tetapi dibebaskan setelah hanya tujuh tahun.

Ia kemudian ditangkap lagi pada 2003 dan ditahan di penjara Kolombia hingga diekstradisi ke Amerika Serikat pada Desember 2004.

“Kami sangat sedih mengetahui kematiannya tadi malam. Pikiran dan doa kami bersama keluarganya saat ini,” kata pengacaranya, David Oscar Markus, Rabu.

Perusahaan kriminal besar

Orejuela dan saudaranya , Miguel, membangun perusahaan kriminal besar yang menggantikan Kartel Medellin yang pernah dijalankan oleh gembong narkoba Pablo Escobar. Kedua operasi tersebut menggunakan kekerasan dan pembunuhan secara ekstensif untuk intimidasi dan penegakan hukum.

Saudara-saudara Orejuela ditangkap pada tahun 1995 dan dipenjarakan di Kolombia. Pada saat itu, hukum Kolombia melarang ekstradisi warga negaranya. Namun di bawah tekanan dari AS, Kolombia mencabut larangan itu pada tahun 1997.

Saudara-saudara itu terus melakukan lalu lintas narkoba dari penjara dan tuntutan pidana diajukan di Miami dan New York. Pada tahun 2004, Gilberto diekstradisi; Miguel diekstradisi pada tahun berikutnya.

Tinggalkan Balasan

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Pakai Sandal Jepit Saat Mengendarai Sepeda Motor Tidak akan Kena Tilang

Pengendara motor yang menggunakan sandal jepit dipastikan oleh polisi tidak akan ditilang. Namun, polisi akan terus mengimbau kepada pengendara motor agar tidak riding menggunakan...

Gaya Hidup

Ini Cara Hilangkan Bau Badan agar Tidak Insecure

Bau badan yang tidak sedap disebabkan oleh keringat yang bercampur dengan bakteri. Hal ini bisa diatasi dengan cara perawatan tubuh dan menghindari makanan atau...

Peristiwa

Putra Mahkota Saudi, Erdogan Bertemu di Turki untuk Normalisasi Hubungan

Putra Mahkota Saudi, Mohammed bin Salman tiba di Turki untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun hari ini untuk melakukan pembicaraan dengan Presiden Tayyip Erdogan...

Hukum

Tak Ikut Promosi Film, Nirina Zubir Kecewa Sidang Kasus Mafia Tanah Malah Ditunda

Nirina Zubir masih menjalani proses hukum terkait kasus dugaan mafia tanah. Seperti diketahui, sang mantan ART, Riri Khasmita disebut menggelapkan aset tanah milik ibunda...