Manjakan Wisatawan Dengan Keindahan Tiga Gili di Sekotang NTB

Wisatawan yang ingin mengunjungi destinasi Tiga Gili di Gili Nanggu, Gili Sudak, dan Gili Kedis yang berada di Kecamatan Sekotong Kabupaten Lombok Barat, NTB sangat dimudahkan karena ketiga gili itu dapat dijangkau dalam waktu sehari saja.

Biasanya wisatawan bisa mengunjungi ketiga Gili tersebut melalui jalur laut dengan memesan jasa angkutan perahu milik warga yang bermukim di Desa Sekotong Tengah Kecamatan Sekotong Lombok Barat.

Salah satu pengusaha perahu asal Dusun Batu Kijuk Desa Sekotong Tengah Safii mengatakan bahwa dirinya telah menyediakan paket kunjungan ke wisata tiga gili yang terletak di Desa Sekotong Tengah. Menurut Fii sapaan akrabnya, ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan selama berada di tiga gili tersebut.

“Mulai dari aktivitas, kemah keluarga, selfie-selfie, menikmati sunset. Bahkan bisa melakukan aktivitas menyelam, main kano, diving dan snorkeling. Pengunjung bisa melihat keindahan bawah laut di Gili Nanggu dan Gili Sudak,” kata Fii.

Menurut Fii paket berkunjung sekali dayung menuju tiga gili itu dibanderol seharga Rp 500 ribu hingga Rp 700 ribu per kelompok wisatawan. Biasanya, paket wisata itu dijual kepada grup wisatawan dengan berjumlah maksimal 10 orang pengunjung. “Jadi itu sudah lengkap dengan paket alat snorkeling nya ya. Jadi kita sediakan alat dari pengelola,” kata Fii.

Selain bisa melakukan aktivitas menyelam, pengunjung juga bisa menikmati keindahan pasir putih di Gili Kedis. Gili Kedis sendiri kata Fii memiliki luas sekitar 400 meter persegi atau 4 are dalam Bahasa sasak. Selain bisa menikmati keindahan sunset di Gili Kedis, pengunjung juga bisa berkemah ketika air laut sedang surut.

“Kemah bisa. Tapi kita belum sediakan penyewaan tenda di Kedis. Kalau ramai kita bagi hasil dengan kawan yang menyewakan tenda di Mataram,” kata Fii.

BACA JUGA  Ini Langkah PUPR Bangun Huntap Pascabencana NTT dan NTB

Paket wisata menuju tiga Gili ini lanjut Fii sudah banyak diminati oleh wisatawan lokal dan nasional semenjak kasus Covid-19 mulai mereda di Kabupaten Lombok Barat. Bahkan, setiap hari atau akhir pekan banyak wisatawan yang mulai senang berkunjung ke tiga gili di Desa Sekotong Tengah.

Salah satu pengunjung dari kota Surabaya Agung mengatakan bahwa dia merasa ketagihan mengunjungi tiga wisata gili di Kecamatan Sekotong. Selain bisa menikmati keindahan bawah laut, pengunjung juga bisa menikmati keindahan pantai di tiga gili tersebut.

“Saya sih tidak terlalu suka air, tapi setelah mandi jadi ketagihan. Airnya jernih. Yang paling saya suka itu ketika sore, di Gili Kedis ini sunsetnya aduhai bagusnya,” kata Agung.

Untuk wisata bahari, lokasi terbagus untuk melakukan aktivitas snorkeling berada di Gili Nanggu. Di sana kata Agung, pengunjung bisa melihat berbagai jenis ikan. Pengunjung juga bisa melakukan aktivitas memberi makan ikan dari laut langsung. “Banyak jenis ikan yang kita lihat. Salah satunya ikan Nemo ini buat saya tertarik,” katanya.

Ada pun rute menuju lokasi pemesanan perahu menuju ketiga Gili Kedis, Nanggu dan Sudak bisa menuju arah ke Kecamatan Sekotong. Jarak dari Kota Mataram atau dari Bandara Internasional Lombok menuju Dusun Batu Kijuk terpaut sekitar 45 kilometer. Dengan jarak itu, pengunjung bisa mengendarai roda dua atau roda empat dengan memakan waktu sekitar 1 jam perjalanan.

Dari pertigaan di Pelabuhan Penyeberangan Lembar Lombok Barat, pengunjung bisa memilih rute arah kiri menuju Kecamatan Sekotong. Dari pertigaan Kecamatan Sekotong, pengunjung bisa memilih rute arah kiri sekitar 10 kilometer menuju Dusun Batu Kijuk Sekotong Tengah.

Tinggalkan Balasan

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Pakai Sandal Jepit Saat Mengendarai Sepeda Motor Tidak akan Kena Tilang

Pengendara motor yang menggunakan sandal jepit dipastikan oleh polisi tidak akan ditilang. Namun, polisi akan terus mengimbau kepada pengendara motor agar tidak riding menggunakan...

Gaya Hidup

Ini Cara Hilangkan Bau Badan agar Tidak Insecure

Bau badan yang tidak sedap disebabkan oleh keringat yang bercampur dengan bakteri. Hal ini bisa diatasi dengan cara perawatan tubuh dan menghindari makanan atau...

Peristiwa

Mobil Listrik China Jatuh dari Lantai tiga, 2 Tewas

Dua orang tewas setelah sebuah mobil listrik China jatuh dari lantai tiga sebuah kantor di Shanghai. Orang-orang yang meninggal berada di dalam kendaraan saat...

Hukum

Mahkamah Agung AS Batalkan Putusan yang Legalkan Aborsi di Negara itu

Mahkamah Agung AS telah mengakhiri perlindungan konstitusional untuk aborsi yang telah ada hampir 50 tahun dalam keputusan mayoritas konservatifnya untuk membatalkan Roe v. Wade....