Manfaat Mencuci Mata Saat Kelilipan dan Iritasi Mata Ringan

Saat mengalami mata kelilipan, mata kering, atau mata lelah, jangan pernah langsung mengucek mata. Ada cara yang lebih aman dan efektif untuk mengatasinya, yaitu dengan mencuci mata menggunakan cairan steril pembersih mata.

Mata kelilipan akibat debu atau penggunaan kosmetik mata, atau terasa lelah setelah seharian melihat layar komputer merupakan hal yang umum terjadi. Berbagai kondisi tersebut sering kali memicu gejala iritasi mata yang ditandai dengan mata terasa mengganjal, perih dan gatal, serta kemerahan.

Gejala tersebut kerap membuat orang yang mengalaminya terdorong untuk mengucek mata. Namun, tindakan mengucek mata justru bisa melukai lapisan pelindung mata, terlebih jika Anda menguceknya terlalu keras.

Tak hanya menimbulkan luka, mengucek mata juga dapat meningkatkan risiko terjadinya abrasi kornea, yaitu goresan di lapisan kornea. Bila tidak ditangani dengan benar, kondisi ini bisa membuat penderitanya mengalami infeksi mata, bahkan penurunan kualitas penglihatan.

Atasi Mata Kelilipan dan Mata Kering dengan Cairan Steril Khusus Mata

Daripada mengucek mata, Anda lebih dianjurkan untuk mencuci mata menggunakan cairan steril pencuci mata. Mencuci mata dengan cairan ini dapat menjadi pilihan pertama bagi anda untuk meredakan gejala iritasi mata ringan, serta membilas mata dan mengeluarkan benda asing yang masuk ke dalam mata, seperti debu, kotoran, atau sisa riasan.

Cairan steril pencuci mata juga telah melalui proses sterilisasi, sehingga air yang digunakan untuk mencuci mata sudah bebas dari kuman penyebab infeksi.

Cairan steril pencuci mata umumnya juga sudah dilengkapi dengan kandungan lain yang baik untuk kesehatan mata, salah satunya adalah vitamin E. Vitamin ini kaya akan antioksidan, sehingga penggunaannya juga bisa menyembuhkan luka ringan di lapisan mata.

BACA JUGA  5 Langkah Terapi Vertigo di Rumah

Cara Menggunakan Cairan Steril Pencuci Mata

Saat mengalami mata kelilipan, mata kering, maupun mata lelah, Anda bisa segera mencuci mata menggunakan cairan steril pencuci mata. Berikut ini adalah langkah-langkah penggunaannya:

  • Cuci tangan menggunakan air dan sabun sebelum menggunakan cairan steril pencuci mata.
  • Bersihkan daerah sekitar mata serta bersihkan eye bath (wadah untuk cairan pencuci mata)
  • Tuang sekitar 5 ml cairan steril pencuci mata ke dalam eye bath.
  • Dengan posisi kepala menunduk, tempelkan eye bath pada salah satu mata, sehingga posisinya sesuai dan menempel dengan baik.
  • Kedipkan mata beberapa kali sambil menekan-nekan bagian bawah eye bath secara perlahan, agar cairan mengalir dengan optimal untuk membersihkan mata.
  • Lakukan selama kurang lebih 30 detik untuk setiap mata dalam posisi sedikit menunduk atau sedikit mendongak.
  • Buang cairan yang sudah terpakai dan bilas eye bath menggunakan cairan steril pencuci mata.
  • Keringkan area sekitar mata menggunakan handuk bersih, dengan menepuk-nepuknya secara perlahan.

Bila Anda menggunakan lensa kontak, lepaskan lensa kontak terlebih dahulu sebelum membilas mata menggunakan cairan steril pencuci mata.

Setelah mengetahui manfaat cairan ini, mulailah mengganti kebiasaan mengucek mata dengan mencuci mata menggunakan cairan steril pencuci mata. Tak hanya lebih aman, penggunaan cairan tersebut juga lebih efektif untuk mengatasi mata kelilipan, mata kering, dan mata lelah.

Jika sudah mencuci mata menggunakan cairan steril khusus mata tapi mata masih terasa tidak nyaman atau sakit, segera periksakan mata Anda ke dokter. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan perawatan yang tepat dan sesuai dengan kondisi yang Anda alami.

Tinggalkan Balasan

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Dihari Ulang Tahun Emmeril, Ataliya Praratya Posting Video Perjalanan Hidup Sang Putra

Tepat pada hari ini, Sabtu (25/6), mendiang Emmeril Kahn Mumtadz atau yang akrab disapa Eril berulang tahun yang ke-23. Tentunya ini menjadi yang pertama...

Gaya Hidup

6 Manfaat Air Kunyit untuk Kecantikan Wanita

Kunyit adalah rempah-rempah khas Indonesia yang berasal dari akar Curcuma longa yang kaya akan manfaat dan senyawa penting. Ada banyak nutrisi dalam kunyit seperti...

Peristiwa

Seorang Penari Topeng Alami Peristiwa Tak Terduga di Bali

Penari topeng yang menari mengisi acara pentas budaya yang diadakan di di Bangli, Bali viral di media sosial karena mengalami hal yang tak terduga. Melansir...

Hukum

Ada 10 Laporan Pelecehan Seksual yang Diterima Polda NTB

Laporan pelecehan seksual terhadap mahasiswi di Kota Mataram, setidaknya ada 10 kasus yang diterima oleh Kepolisian Daerah (Polda) Nusa Tenggara Barat. Perihal adanya laporan penanganan...