Limbah Minyak Penuhi Pantai di Lampung Timur

Pencemaran limbah minyak berwarna hitam pekan yang berserakan di sepanjang Pantai Kerangmas, Desa Muara Gadingmas, Kecamatan Labuhan Maringgai, Lampung Timur diselidiki pihak kepolisian. Warga menyebut, limbah itu sudah ada sejak tiga hari lalu.

“Saat ini tim telah bergerak dan menelusuri dipimpin oleh Kasat Pol Air dari Polres Lampung Timur,” terang Kapolres Lampung Timur, AKBP Zaky Alkazar Nasution, Sabtu(16/7).

Sejauh ini, pihaknya belum bisa memastikan apakah limbah minyak yang mencemari pantai itu sengaja dibuang atau tidak. Dia menyebut, petugas di lapangan masih bekerja untuk mencari tahu asal limbah itu.

“Belum bisa memastikan karena itu kan terbawa ombak hingga ke bibir pantai,. Tim yang bekerja di lapangan masih menyelidiki asal limbah tersebut,” kata Zaky.

Berdasarkan informasi, limbah minyak Hitam memenuhi hampir diseluruh bibir Pantai Kerangmas. Akibatnya pantai yang dijadikan destinasi wisata tersebut terganggu akibat banyak tumpahan minyak meski sebagian telah ada yang dibersihkan oleh warga sekitar.
Kasus ini pun menambah deretan temuan limbah minyak berbahaya di pesisir teluk Lampung.Sejak 2020 setidaknya ada empat kali pencemaran limbah minyak di pesisir pantai Lampung.
Pada tahun 2020, pencemaran limbah sejenis minyak ditemukan di perairan Lampung Timur. Selanjutnya, tahun 2021, ditemukan pencemaran limbah dengan kategori lebih parah tersebar di lima perairan Lampung, yakni di Lampung Selatan, Lampung Timur, Tanggamus, Pesawaran, dan Pesisir Barat.
Kemudian pada tahun 2022 tepatnya di bulan Maret, tumpahan minyak juga memenuhi perairan Lampung, yakni Pesisir Pantai Panjang, Kota Bandar Lampung.
Padahal penanganan tiga kasus sebelumnya telah melibatkan beberapa dinas terkait hingga Kementrian KLHK dan juga Bareskrim Mabes Polri. (kAY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Foto Kencan Kembali Bocor, Netizen Frustasi Agensi V dan Jennie Masih Bungkam

Sejak foto pertama yang diduga adalah V BTS dan Jennie BLACKPINK bocor pada bulan Mei tahun ini, penggemar dengan cemas menunggu YG Entertainment atau...

Gaya Hidup

3 Rekomendasi Susu Peninggi Badan yang Perlu kalian Ketahui

Memiliki tinggi badan ideal adalah impian hampir  semua orang. Banyak orang yang merasa tinggi badannya kurang ideal dan melakukan berbagai cara untuk menambah tinggi...

Peristiwa

Wanita di Jakarta Pusat Tabrakan Diri ke Kereta Api

N (28) tahun, Seorang wanita  mencoba menabrakkan diri ke kereta api yang melintas di pelintasan Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat. Korban mencoba mengakhiri hidupnya...

Hukum

Miris! 4 Siswi SD di Pesisir Barat Dicabuli Penjaga Sekolah

Seorang penjaga sekolah dilaporkan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPPPAKB) Pesisir Barat (Pesibar) karena kasus pencabulan yang dilakukannya. Pelaku berinisial...

Iklan3