Kuliner Jawada, Kue Rambut Khas Pulau Flores

Jawada merupakan kuliner tradisional yang dikenal turun temurun di Pulau Flores dan Pulau Alor. Dahulu memang disajikan pada acara penting seperti pernikahan dan upacara adat. Namun, kini berkembang menjadi makanan yang bisa dikonsumsi kapan saja.

Banyak wisatawan yang datang berlibur ke pulau Flores dan suka dengan kuliner ini, jawada mulai dikenal oleh masyarakat luas karena rasanya yang gurih, renyah dan manis memang tidak akan ada yang bisa menahan godaannya. Biasanya masyarakat sekitar menikmati jawada ini dengan ditemani teh atau kopi sebagai teman bersantai.

Pembuatan kuliner jawada tidak menggunakan alat modern dan hanya membutuhkan batok kelapa saja. Batok kelapa akan dilubangi kecil-kecil lalu adonan akan dimasukkan sembari dipukul-pukul agar adonan dapat keluar dari lubang-lubang tersebut.

Kuliner jawada terbuat dari bahan dasar tepung terigu, gula merah, air nira dan santan. Untuk mulai membuat jawada ini, semua adonan tersebut dicampur sampai rata kemudian dimasukkan ke dalam cetakan batok kelapa tadi. Adonan ini nggak boleh terlalu kental atau terlalu encer agar tekstur yang didapatkan sempurna.

Menggorengnya harus menggunakan minyak dalam jumlah yang banyak (deep fry) dan harus benar-benar panas. Ketika digoreng, batok tadi harus sambil dipukul-pukul agar adonan dapat keluar dari lubang. Setelah itu jawada dibentuk menjadi setengah lingkaran dan kemudian dibuat segitiga. Saat digoreng pun aroma manis dari gula arennya sudah tercium.

Jika ingin berlibur ke Flores jangan lupa untuk membawa kuliner jawada ini sebagai buah tangan. Selain karena rasanya yang sangat enak, jawada ini susah ditemukan di daerah lain. Banyak pusat oleh-oleh di sekitar Flores yang menjual jawada ini, jadi untuk mencarinya akan cukup mudah.

BACA JUGA  Ayam Tangkap, Kuliner Khas dari Aceh yang Kaya akan Bumbu Rempah

Biasanya wisatawan membeli jawada ini sebagai bekal untuk perjalanan berlibur ke Flores. Pasalnya, rasa lezat dari jawada ini sangat cocok untuk menemani saat bersantai kala berlibur.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Tragedi Kanjuruhan, Bintang Emon Singgung Tanggung Jawab Pihak Berwenang

Komika Bintang Emon menjadi salah satu dari sekian selebritis Tanah Air yang akui ikut merasa terpukul atas tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang,...
- Advertisement -

Gaya Hidup

Tren Perawatan Sulam Bedak Meningkat, Kenali Manfaat dan Risikonya

Sulam bedak merupakan tren perawatan kulit wajah asal Korea Selatan yang tengah populer. Meski dapat mencerahkan dan menutupi noda di kulit, perawatan kulit ini...

Peristiwa

Warga Pesisir Selatan Ditemukan Gantung Diri Gunakan Kain Panjang

Nur Afendi panggilan Pendi yang berusia 18 tahun, Warga Kampung Sinjalai Sei. Sirah Kenagarian Surantih, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan ditemukan gantung diri dengan...

Hukum

Sakit Hati, Pemuda di Bekasi Bunuh Kekasih Baru Mantan Pacar

F (19) tahun, Seorang pemuda di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat menusuk pemuda yang berinisial R (20) tahun. Penusukan itu menewaskan R. Polisi mengungkapkan R berpacaran...

Iklan3