Kuliner Jawada, Kue Rambut Khas Pulau Flores

Jawada merupakan kuliner tradisional yang dikenal turun temurun di Pulau Flores dan Pulau Alor. Dahulu memang disajikan pada acara penting seperti pernikahan dan upacara adat. Namun, kini berkembang menjadi makanan yang bisa dikonsumsi kapan saja.

Banyak wisatawan yang datang berlibur ke pulau Flores dan suka dengan kuliner ini, jawada mulai dikenal oleh masyarakat luas karena rasanya yang gurih, renyah dan manis memang tidak akan ada yang bisa menahan godaannya. Biasanya masyarakat sekitar menikmati jawada ini dengan ditemani teh atau kopi sebagai teman bersantai.

Pembuatan kuliner jawada tidak menggunakan alat modern dan hanya membutuhkan batok kelapa saja. Batok kelapa akan dilubangi kecil-kecil lalu adonan akan dimasukkan sembari dipukul-pukul agar adonan dapat keluar dari lubang-lubang tersebut.

Kuliner jawada terbuat dari bahan dasar tepung terigu, gula merah, air nira dan santan. Untuk mulai membuat jawada ini, semua adonan tersebut dicampur sampai rata kemudian dimasukkan ke dalam cetakan batok kelapa tadi. Adonan ini nggak boleh terlalu kental atau terlalu encer agar tekstur yang didapatkan sempurna.

Menggorengnya harus menggunakan minyak dalam jumlah yang banyak (deep fry) dan harus benar-benar panas. Ketika digoreng, batok tadi harus sambil dipukul-pukul agar adonan dapat keluar dari lubang. Setelah itu jawada dibentuk menjadi setengah lingkaran dan kemudian dibuat segitiga. Saat digoreng pun aroma manis dari gula arennya sudah tercium.

Jika ingin berlibur ke Flores jangan lupa untuk membawa kuliner jawada ini sebagai buah tangan. Selain karena rasanya yang sangat enak, jawada ini susah ditemukan di daerah lain. Banyak pusat oleh-oleh di sekitar Flores yang menjual jawada ini, jadi untuk mencarinya akan cukup mudah.

Biasanya wisatawan membeli jawada ini sebagai bekal untuk perjalanan berlibur ke Flores. Pasalnya, rasa lezat dari jawada ini sangat cocok untuk menemani saat bersantai kala berlibur.

Iklan 7

Tinggalkan Balasan

Must Read

- Advertisement -

Hot News

KPK Panggil Direktur Kementerian ESDM di Kasus Baru Bupati PPU

KPK memanggil Direktur Pembinaan Program dan Migas dari Direktorat Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), yakni Dwi Anggoro. Dwi diperiksa sebagai saksi dalam...

Gaya Hidup

5 Tanda Dia Punya Hati Tulus Menyayangimu

Ketika di masa pendekatan, biasanya ada upaya untuk bisa saling mengenal satu sama lain. Selain itu, kita perlu meyakinkan ada hati yang tulus menyayangi sebelum melangkah...

5 Cara Redakan Rasa Marah

Peristiwa

Sebuah Mobil Terbalik di Setra Desa Adat Sidemen Bali

Sebuah mobil jenis Suzuki Splash dengan nomor polisi DK 1178 CU terbalik di setra (kuburan) Desa Adat Sukahet, Kecamatan Sidemen, Kabupaten Karangasem, pada Rabu...

Hukum

Asyik Nyabu, Oknum Pegawai Honorer Dinas Pertanian Sumsel Digrebek

Polisi menggerebek seorang oknum pegawai honorer Dinas Pertanian Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) berinisial RE (26) saat tengah asyik mengisap sabu. Petugas lapangan pertanian atau...

Iklan 6