Kuliner Jajanan Tradisional Saat CFD di Kota Mataram

Jajanan kuliner tradisional saat car free day di Jalan Udayana, Kota Mataram. Lokasinya di pasar tradisional yang menjajakan berbagai makanan khas Sasak seperti lupis, gulik, keludan, getuk, dan reket banyak diburu masyarakat.

Pasar Dasan Agung menjadi lokasi favorit berburu jajanan kuliner tradisional khas Sasak karena lokasinya yang tak jauh dari area Car Free Day itu. Sejumlah jajanan kuliner tradisional khas Sasak ini tidak hanya soal rasa tapi juga nostalgia.

Usai olahraga santai saat Car Free Day, salah seorang pembeli bernama Amrina dan Lilik mereka menyempatkan membeli jajanan tersebut karena di kampung mereka jajanan ini hanya tersedia saat bulan puasa saja.

“Jaman kita kecil biasanya ada yang jual pagi-pagi sebagai sarapan, sekarang sudah gak ada,” tutur Lilik.

Lilik mengemukakan, memakan kuloner ini mengingatkannya pada dua hal yaitu masa kecil di kampung halaman dan bulan puasa. Contohnya lupis yang dihidangkan dengan parutan kelapa dan lelahan gula merah yang melumuri jajanan kemudian dibungkus menggunakan daun pisang dan kertas minyak.

Rasanya yang manis, gurih dan teksturnya yang beragam mampu membuat setiap orang yang menikmatinnya mengenang masa lalu. Pembeli jajanan tradisional khas Sasak di Pasar Dasan Agung paling ramai di hari Minggu.

Jajanan ini dapat dibeli mulai dari Rp 3.000 dengan tiga variasi jajanan. Sedikit tips ketika membeli jajanan ini adalah diusahakan untuk tidak kalap untuk membeli semua variannya. Karena ini jajanan mengandung banyak gula dan cukup berat sebagai sarapan sehingga cepat mengenyangkan.

Iklan 7

Tinggalkan Balasan

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Jokowi soal Usul TNI Jabat di Kementerian: Kebutuhan Belum Mendesak

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan belum ada kebutuhan mendesak bagi pemerintah untuk menempatkan tentara di jabatan-jabatan kementerian atau lembaga negara. Hal ini disampaikan Jokowi merespons...

Gaya Hidup

5 Cara agar Tidak Cemas Berlebihan Menghadapi Masa Depan

Masa depan penuh dengan ketidakpastian. Kita tak bisa benar-benar tahu dengan pasti hal-hal yang akan terjadi di masa depan. Ada yang mungkin akan berhasil, tetapi...

Peristiwa

Seorang Wanita Ingin Bunuh Diri di Kupang Berhasil Digagalkan Warga

Seorang wanita ingin bunuh diri di Jembatan Liliba Kota Kupang pada Kamis (11/8/2022) namun berhasi digagalkan warga setempat. Warga yang melintas di Jembatan Liliba dan...

Hukum

Ferdy Sambo: Saya Meminta Maaf Beri Informasi Tidak Benar

Eks Kadiv Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo meminta maaf kepada masyarakat luas dan pihak-pihak terkait yang terdampak masalah yang dihadapinya. Sambo mengakui telah...

Iklan 6