KPU Gelar Rapat Tripartit Harap Titik Temu soal Logistik sampai Kampanye

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengharapkan titik temu dari tripartit kepemiluan, DPR, Pemerintah dan KPU dalam rapat konsinyering yang digelar 13-15 Mei 2022.

Hal tersebut disampaikan Ketua KPU RI, Hasyim Asy’ari, melalui keterangan tertulisnya, Jumat (13/5/2022).

“Titik temu dalam topik durasi masa kampanye, dan proses pengadaan dan distribusi logistik termasuk tempat pemungutan suara (TPS),” kata Hasyim Asy’ari.

Menurut Hasyim, KPU juga berharap rapat dengar pendapat (RDP) dengan DPR dan pemerintah juga dapat digelar pada Mei 2022 ini.

“Komisi Pemilihan Umum berharap RDP digelar pada Mei 2022 sehingga Peraturan KPU Tahapan Pemilu 2024 dapat ditetapkan dan diundangkan pada Mei 2022,” katanya.

Hasyim menegaskan hal itu penting, karena tahapan Pemilu 2024 akan dimulai pada 14 Juni 2022 atau 20 bulan sebelum hari pelaksanaan pemungutan suara.

Sebelumnya, Hasyim menyatakan pihaknya memberikan perhatian terhadap tahapan dan jadwal Pemilu 2024, khususnya pengadaan dan distribusi logistik.

“Jadi konsentrasi Komisi Pemilihan Umum di durasi pengadaan dan distribusi logistik, karena ketentuannya untuk bisa naik cetak (surat suara) kan harus dafta calon tetap (DCT) dulu. Di UU surat suara harus sudah sampai di TPS H-1 pencoblosan,” katanya.

Sementara, desain surat suara, dan formulir pemilihan akan mengikuti sebanyak daerah pemilihan yang mencakup seluruh wilayah Indonesia, begitu juga dengan wilayah yang harus dijangkau untuk pengiriman logistik.

“Daerah pemilihan kita termasuk pilpres ada 2.593 daerah. Itu artinya desain surat suara desain formulir mengikuti sebanyak itu, desainnya aja loh belum jumlahnya, intinya gitu,” tambahnya, dilansir dari InfoPublik.

Tinggalkan Balasan

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Jual Beli Uang Palsu, Penjaga Warkop di Surabaya Ditangkap

Seorang penjaga warung kopi (warkop) di kawasan Jalan Amir Mahmud, Gunung Anyar, Surabaya ditangkap polisi karena menyambi jual beli uang palsu. Saat diamankan polisi, pria...

Gaya Hidup

Kenali Perbedaan Alergi Matahari dan Terbakar Matahari

Alergi matahari dan terbakar matahari terkadang sulit dibedakan karena gejala yang muncul hampir serupa. Padahal, keduanya disebabkan oleh reaksi yang berbeda pada kulit. Nah,...

Peristiwa

Pasutri Tewas Usai Tabrak Truk di Jalinbar

Kecelakaan lalu lintas terjadi di Jalan Lintas Barat (Jalinbar) Pekon Kotabatu, Kecamatan Ngaras, Kabupaten Pesisir Barat pada Minggu, 22 Mei 2022, sekitar 06.30 WIB....

Hukum

Edarkan Sabu, Pria di Payakumbuh Diciduk BNN

Anggota Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat (Sumbar) menciduk seorang pengedar narkoba jenis sabu yang berinsial AD (42) tahun. Sebanyak 11 paket sabu...