KPU Ajak Semua Pihak Menjaga Sipol Sukseskan Pemilu 2024

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengimbau semua pihak  menyukseskan program strategis nasional dalam penyelenggaraan pemilu serentak 2024, salah satunya menjaga Sistem Informasi Partai Politik (Sipol).

Hal tersebut disampaikan Anggota KPU RI, Idham Kholik, melalui keterangan tertulisnya,  dalam sosialisasi Peraturan KPU (PKPU) Nomor 4 Tahun 2022 tentang Pendaftaran Verifikasi dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilu 2024, yang dihadiri pemerhati pemilu, lembaga swadaya masyarakat (LSM), komunitas, serta lembaga survei, Jakarta, Rabu (27/7/2022).

Idham mengharapkan, para pihak ini  mengawasi tahapan pendaftaran partai politik peserta pemilu 2024, termasuk implementasi Sipol.

Sipol digunakan untuk memfasilitasi partai politik dalam melakukan administrasi pendaftaran parpol peserta Pemilu 2024.

“Kami juga sudah meningkatkan teknologi ini mudah-mudahan dapat beroperasi dengan baik. Sipol juga terlindungi dari aksi yang tidak diinginkan ya,” ujarnya, dikutip dari laman Infopublik.

Sebelumnya, KPU RI optimistis  sistem keamanan yang mereka bangun dalam Sipol  berjalan lancar.

Menurut Betty Epsilon Idroos,  hal ini tercermin dari tak ditemukannya kendala dalam penginputan data dan dokumen partai politik dalam Sipol sampai sekarang.

“Partai politik yang sudah memiliki akun input datanya dan ketika input sampai sejauh ini saya belum dapat soal keamanan siber,” kata Betty.

KPU sudah menjalin kerja sama dengan membentuk gugus tugas yang melibatkan sejumlah instansi seperti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Badan Intelijen Negara (BIN) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Komisi Pemilihan Umum nantinya juga akan menjalin kerja sama dengan komunitas masyarakat digital terkait keamanan serupa.

“Sekali lagi ini preventif ya kita di sini aman, nanti ke depan bagaimana oleh karenanya pembicaraan ini terus menerus kami lakukan dengan gugus tugas,” tambahnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Tragedi Kanjuruhan, Bintang Emon Singgung Tanggung Jawab Pihak Berwenang

Komika Bintang Emon menjadi salah satu dari sekian selebritis Tanah Air yang akui ikut merasa terpukul atas tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang,...
- Advertisement -

Gaya Hidup

Tren Perawatan Sulam Bedak Meningkat, Kenali Manfaat dan Risikonya

Sulam bedak merupakan tren perawatan kulit wajah asal Korea Selatan yang tengah populer. Meski dapat mencerahkan dan menutupi noda di kulit, perawatan kulit ini...

Peristiwa

Diduga Gegara Bisnis, Pria di Bekasi Jadi Korban Penculikan

Seorang pria di Bekasi yang berinisial A diculik oleh pria inisial J. Permasalahan itu berawal dari urusan modal bisnis antara pelaku dan korban. Peristiwa penculikan...

Hukum

Kasus Baim Wong Terkait Konten KDRT Naik ke Tahap Penyidikan

Baim Wong dan sang istri Paula Verhoeven diketahui harus berurusan dengan proses hukum usai mengunggah konten diduga prank KDRT kepada polisi. Gara-gara unggahan tersebut,...

Iklan3