Kota Tarakan Kekurangan Hewan Kurban, Gorontalo Siap Kirim 2000 Ekor Sapi

Peluang bisnis menarik untuk peternak sapi di Gorontalo datang dari Tarakan, Kalimantan Utara. Daerah ini masih membutuhkan 2000 ekor sapi untuk memenuhi hewan kurban di daerahnya.

Permintaan pasokan sapi dari Tarakan itu disambut baik oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo. Untuk memenuhi permintaan itu Kepala Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Gorontalo Risjon Sunge pada 28 Juni nanti akan mengirim 500 ekor melalui jalur laut. Sisanya akan dikirim melalui jalur darat melalui Toli–Toli dan Palu.

“Kami siap mengirim 500 ekor sapi melalui jalur laut, 1500 ekor sapi akan dikirim melalui rute Sulawesi Tengah sebelum diseberangkan ke Tarakan,” kata Risjon Sunge, dilansir dari InfoPublik.id, pada Rabu 22 Juni 2022.

Risjon Sunge menyanggupi kemampuan daerah ini untuk mengirimkan 500 ekor sapi melalui jalur laut. Tingginya permintaan sapi asal Gorontalo ini mengundang optimistis para petani.

Kalau melihat perkembangan selama ini, bisa terpenuhi 2000 karena sampai dengan bulan juni ini sudah 2000 ekor yang sudah dikirim. Setiap tahun ini naik 30 – 40% permintaan.

Jadi bukan hanya permintaan menjelang Iduladha, kemarin sudah 2000 lebih yang dikirim, pasokan mereka sekarang sisa 250, jadi mereka minta lagi 2000 ekor.

“Dan itu terus ini bukan saja Tarakan, tetapi kota-kota lain seperti Bulungan, Balikpapan minta untuk dikirim ke sana,” ujar Risjon Sunge.

Yang diharapkan gubernur adalah dipastikan benar bahwa pengiriman itu bisa tepat waktu, dan rutin setiap dua minggu sekali ada pengiriman.

Risjon menjelaskan stok sapi di Gorontalo surplus, sehingga mampu untuk menyuplai kebutuhan daerah lain. Setiap tahun permintaan sapi ke Tarakan meningkat 30 – 40%. Sehingga ini merupakan peluang pasar yang baik untuk Gorontalo.

BACA JUGA  Pemkab Bone Bolango dan Pemprov Gorontalo Tanda Tangani Nota Kesepahaman

Kerja sama ini juga menguntungkan peternak sapi Gorontalo karena harga sapi di Tarakan lebih mahal.

Nantinya kerja sama perdagangan sapi antar pulau ini akan ditindaklanjuti dengan penandatanganan MoU antara Tarakan dan Pemda Gorontalo Utara, dan MoU antara Provinsi Kaltara dengan Gorontalo.

Tinggalkan Balasan

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Pakai Sandal Jepit Saat Mengendarai Sepeda Motor Tidak akan Kena Tilang

Pengendara motor yang menggunakan sandal jepit dipastikan oleh polisi tidak akan ditilang. Namun, polisi akan terus mengimbau kepada pengendara motor agar tidak riding menggunakan...

Gaya Hidup

Ini Cara Hilangkan Bau Badan agar Tidak Insecure

Bau badan yang tidak sedap disebabkan oleh keringat yang bercampur dengan bakteri. Hal ini bisa diatasi dengan cara perawatan tubuh dan menghindari makanan atau...

Peristiwa

Timpora Periksa Izin Kerja 16 WNA Thailand di Dua Kapal Isap Produksi

Kasi Intelijen dan Penindakan Imigrasi Karimun Fajri Dirgantara mengatakan, operasi yang dilakukan pihaknya itu guna memperketat pengawasan terhadap Warga Negara Asing (WNA) di wilayah...

Hukum

3 Pelaku Pengedar Narkoba di Kampar Riau Diringkus di Lokasi Berbeda

Sebanyak tiga orang pelaku pengedar narkoba diduga jenis sabu di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau berhasil diringkus polisi setempat di tempat kejadian perkara (TKP) yang...