Kontribusi Gas Kalimantan-Sulawesi Capai 30 Persen untuk Nasional

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) menyatakan, kontribusi produksi gas wilayah KalimantanSulawesi terhadap nasional mencapai 30 persen,

Sedangkan kontribusi  Kalimantan-Sulawesi  terhadap  produksi minyak bumi mencapai 12 persen dari nasional.

Hal tersebut disampaikan Kepala Perwakilan SKK Migas Wilayah Kalimantan Sulawesi (Kalsul), Azhari Idris, melalui keterangan tertulisnya, Rabu (20/4/2022).

“Jadi cukup besar kontribusi terhadap migas termasuk dari Kalimantan Utara,” katanya di Azhari, dilansir dari InfoPublik.

Menurutnya  di Kalimantan Utara terdapat 10 perusahaan migas yang beroperasi. Rincinya, lima perusahaan yang memproduksi, dan lima perusahaan tahap eksplorasi.

“Di antara yang memproduksi migas ada Pertamina dan Medco,” sebutnya.

Azhari melihat ada potensi gas yang cukup besar di Kalimantan Utara. SKK Migas bersama Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) menemukan beberapa sumur yang menyimpan potensi cadangan yang cukup bagus.

“Salah satu yang kita sedang kembangkan adalah fasilitas mini LNG (liquefied natural gas). Kita akan alirkan sekitar 22 juta kaki kubik per hari ke mini LNG. Dan itu adalah mini LNG pertama di Indonesia,” ujarnya.

Jika itu berhasil, kata Azhari, kemungkinan beberapa perusahaan akan datang melihat keberhasilan mini LNG pertama di Indonesia itu.

“Seharusnya pada Juni-Juli 2022 ini sudah bisa kita ‘on-kan’ (hidupkan) setelah pandemi COVID-19, tetapi di Tiongkok saat ini masih tengah ‘lockdown’ karena kondisi pandemi terjadi lagi di sana,” katanya.

“Kondisi itu sehingga beberapa fasilitas produksi itu belum bisa kita kirim ke sini, termasuk iso tank (sarana untuk pengangkutan bahan kimia cair, gas yang dimampatkan dan produk lain yang dapat dialirkan) yang memang menjadi sangat inti,” imbuhnya.

Tinggalkan Balasan

Must Read

- Advertisement -

Hot News

3 Tersangka Korupsi Dana Covid 19 Sebesar Rp61 Miliar Diserahkan ke Kejaksaan Tinggi

Tiga tersangka beserta barang bukti kasus korupsi dana penanganan dampak ekonomi Covid-19 pada Dinas Pangan dan Setda Kabupaten Minahasa Utara (Minut) Tahun Anggaran (TA)...

Gaya Hidup

Kenali Perbedaan Alergi Matahari dan Terbakar Matahari

Alergi matahari dan terbakar matahari terkadang sulit dibedakan karena gejala yang muncul hampir serupa. Padahal, keduanya disebabkan oleh reaksi yang berbeda pada kulit. Nah,...

Peristiwa

Perkampungan di Malang Diserang Ratusan Kawanan Monyet Liar

Pemukiman warga Desa Mangliawan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang dihebohkan dengan masuknya ratusan monyet liar ke rumah-rumah warga. Diketahui habitat monyet-monyet ini sebelumnya berada di...

Hukum

Cabuli Anak Bawah Umur, Sopir Asal Ponorogo Diringkus

Seorang pemuda asal Ponorogo dilaporkan ke Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Polres Blitar karena melakukan tindakan pencabulan terhadap gadis di bawah umur asal...