Komnas HAM Dalami Isi HP Ferdy Sambo Terkait Kasus Brigadir J

Penyelidikan terhadap kasus tewasnya Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat alias Brigadir J dilakukan Komnas HAM. Komnas HAM akan memeriksa isi ponsel Brigadir J hingga HP Irjen Ferdy Sambo.

“Ini semua HP yang terkait peristiwa ini pasti kami akan tanya, contohnya misalnya HPnya J, itu kami akan tanya di mana posisinya, apa isinya gitu, termasuk misalnya HPnya Irjen Sambo itu kami juga akan tanya di mana dan apa isinya dalam konstruksi peristiwa ini. Kayak begitu salah satu contohnya,” papar komisioner Komnas HAM, Choirul Anam, di kantornya, Rabu (27/7).

Komnas HAM akan memeriksa semua HP yang berkaitan dengan peristiwa itu. Hal itu akan diminta Komnas HAM kepada tim Siber Mabes Polri.

“Semua yang terkait digital forensik dan siber kami minta untuk dibuka kepada kami. Kalau video, tunjukkan pada kami. Kalau berupa benda, HP misalnya, tunjukkan pada kami, isinya apa,” jelasnya.

Dia mengatakan pihaknya akan meminta keterangan kepada tim Siber Polri terkait riwayat pesan dan sebagainya.

“Tidak kalah penting adalah soal kalau siber adalah HP, jumlah HP, warna HP, model HP itu, termasuk juga kalau substansi HP itu apa komunikasi penting dalam HP tersebut, di jam berapa, apa yang dibicarakan, titik-titik jejak digitalnya kayak apa,” paparnya.

Selain itu, Komnas HAM akan memeriksa CCTV terkait peristiwa tersebut. Dia menyebut Komnas HAM terus berusaha mendapatkan titik terang dari kasus tersebut.

Dia tak menjelaskan berapa banyak CCTV dan ponsel yang akan diperiksa. Menurutnya, yang terpenting adalah isi dan wujud barang bukti tersebut.

“Nanti kita umumkan. Kami punya datanya, nanti kami umumkan, tapi yang paling penting dalam pemeriksaan siber maupun digital forensik itu satu bendanya mana, substansi isinya apa, kalau soal digital forensik kalau itu terkait video, videonya mana. Itu yang paling penting,” paparnya.

Komnas HAM juga mendalami kerusakan CCTV di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo saat peristiwa penembakan Brigadir J. Dia menyebut akan meminta keterangan tim Siber dan Labfor Mabes Polri terkait kerusakan CCTV tersebut.
“Kenapa kok (CCTV) rusak? Sejak kapan rusak? Itu pasti kami tanya,” jelas Anam.
Anam menyampaikan sejumlah pertanyaan akan disampaikan dalam pemeriksaan CCTV di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo, salah satunya alur dari kejadian tersebut. Dia menyebut hal itu merupakan pertanyaan yang sama diajukan kepada ajudan Irjen Ferdy Sambo.
Jenazah Brigadir J Diautopsi Ulang
Hari ini tim khusus juga melakukan autopsi ulang terhadap jenazah Brigadir J. Autopsi ulang masih dilakukan di RSUD Sungai Bahar.
Sudah lebih dari lima jam proses autopsi berlangsung. Berdasarkan informasi Rabu (27/7), proses autopsi dimulai sekitar pukul 09.00 WIB, hingga pukul 14.30 WIB belum juga rampung.
Kerabat, keluarga, serta ormas Batak masih menunggu di depan kamar jenazah yang menjadi lokasi autopsi. Pihak keluarga mengutus seorang dokter dan seorang bidan kepercayaan mereka untuk menyaksikan proses autopsi tersebut.
“Kalau yang berada di dalam lokasi untuk menyaksikan proses autopsi itu dari Bidan Erlina sama Dokter Martina. Itu kami yang minta,” kata tante Brigadir J, Rohani Simanjuntak.
Polisi juga sudah disiapkan di sekitar rumah sakit untuk ikut berjaga-jaga dalam mengawal proses autopsi Brigadir J ini. Polisi melakukan penjagaan ketat di sekitaran ruangan jenazah untuk antisipasi apabila autopsi selesai dilakukan. (Kay)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Tragedi Kanjuruhan, Bintang Emon Singgung Tanggung Jawab Pihak Berwenang

Komika Bintang Emon menjadi salah satu dari sekian selebritis Tanah Air yang akui ikut merasa terpukul atas tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang,...
- Advertisement -

Gaya Hidup

Tren Perawatan Sulam Bedak Meningkat, Kenali Manfaat dan Risikonya

Sulam bedak merupakan tren perawatan kulit wajah asal Korea Selatan yang tengah populer. Meski dapat mencerahkan dan menutupi noda di kulit, perawatan kulit ini...

Peristiwa

Diduga Gegara Bisnis, Pria di Bekasi Jadi Korban Penculikan

Seorang pria di Bekasi yang berinisial A diculik oleh pria inisial J. Permasalahan itu berawal dari urusan modal bisnis antara pelaku dan korban. Peristiwa penculikan...

Hukum

Kasus Baim Wong Terkait Konten KDRT Naik ke Tahap Penyidikan

Baim Wong dan sang istri Paula Verhoeven diketahui harus berurusan dengan proses hukum usai mengunggah konten diduga prank KDRT kepada polisi. Gara-gara unggahan tersebut,...

Iklan3