Kominfo Minta Bantuan Dubes AS soal PSE Paypal hingga Steam

Saat ini ada beberapa paltform asing yang masih terblokir karena belum mendaftarkan Penyelenggara Sarana Elektronik (PSE). Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pun masih memberikan kesempatan bagi platform ini untuk mendaftarkan diri.

Terbaru, Kominfo mengatakan sudah menghubungi Kedutaan Besar Amerika Serikat terkait platform asing seperti PayPal-Steam yang sampai hari ini masih belum terdaftar.

Sementara itu, komunikasi dengan Steam, Dota dan CS Go sampai hari ini juga terus dilakukan. Para PSE tersebut telah merespon email dari Kementerian Kominfo meskipun belum mengisi formulir pendaftaran seperti yang diminta sebagai prasyarat normalisasi.

“Untuk ketiga game ini, kami juga meminta bantuan Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta untuk mendorong supaya mereka segera merespon permintaan dari Kementrian. Pihak Kedutaan sedang membantu untuk melakukan komunikasi tersebut.” ucap Direktur Jenderal Aptika Kementerian Komunikasi dan Informatika dikutip dari keterangan resminya.

Sedangkan terkait dengan Yahoo, Origin.com dan Epicgames yang juga merupakan perusahaan asal Amerika Serikat, Kominfo juga telah melakukan berbagai macam upaya untuk menjangkau ketiga PSE tersebut. Namun sampai saat ini ketiganya juga tidak memberikan respon atas komunikasi dari Kementerian Kominfo.

“Kami juga memohon bantuan kedutaan besar Amerika Serikat untuk berkomunikasi dengan PSE tersebut mengingat upaya komunikasi yang dilakukan oleh Kominfo selama ini dengan berbagai macam cara tidak mendapatkan tanggapan sama sekali,” tutup Semuel.

Semuel menambahkan bahwa respon dan itikad baik dari para pengelola ketiga game sangat penting agar para pengguna game tersebut bisa segera kembali menikmati layanannya di Indonesia. Untuk itu, ia berharap pihak platform asing tersebut bisa segera merespon dan mendaftarkan PSE mereka.

Menurut pantauan MNC Portal Indonesia, Sore Senin 1 Agustus 2022, masih ada enam platform digital yang masih belum terdaftar dan masuk kategori terblokir. Daftar PSE tersebut mencangkup game online hingga situs layanan internet.

BACA JUGA  Meta Luncurkan Cara Baru yang Lebih Mudah Untuk Melaporkan Bug di Horizon World

Sekadar informasi, berikut daftar 6 PSE yang masih diblokir Kominfo per 2 Agustus 2022 :

Yahoo

Epic Games

Steam

Dota – Dota2

Counter Strike – CSGO

Origin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Tragedi Kanjuruhan, Bintang Emon Singgung Tanggung Jawab Pihak Berwenang

Komika Bintang Emon menjadi salah satu dari sekian selebritis Tanah Air yang akui ikut merasa terpukul atas tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang,...
- Advertisement -

Gaya Hidup

Tren Perawatan Sulam Bedak Meningkat, Kenali Manfaat dan Risikonya

Sulam bedak merupakan tren perawatan kulit wajah asal Korea Selatan yang tengah populer. Meski dapat mencerahkan dan menutupi noda di kulit, perawatan kulit ini...

Peristiwa

Pangandaran Diguncang Gempa Magnitudo 3,5

Peristiwa gempa berkekuatan Magnitudo (M) 3,5 mengguncang Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat pada Senin (5/12). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan bahwa gempa berlangsung pukul...

Hukum

Anak SD di Jatinegara Jadi Korban Pelecehan

Kasus asusila kembali terjadi, Seorang anak perempuan diduga menjadi korban pelecehan di dekat SDN Jatinegara 01 Pagi di Jalan Kampung Pulo, Jatinegara, Cakung, Jakarta...

Iklan3