Koin Romawi Berusia 1.850 Tahun Ditemukan di Lepas Pantai Israel

Sebuah koin Romawi langka yang dicetak hampir dua milenium lalu di Mesir telah ditemukan di lepas pantai Israel, yang menurut pihak berwenang adalah penemuan pertama dari jenisnya di daerah tersebut.

Koin Romawi berbahan perunggu tersebut  berusia sekitar 1.850 tahun itu ditemukan di dasar laut lepas pantai Carmel di Israel utara selama survei arkeologi bawah air. Itu dicetak atas nama kaisar Romawi Antoninus Pius, yang memerintah antara 138 dan 161 M, kata Otoritas Barang Antik Israel dalam sebuah pernyataan.

Koin Romawi itu bertuliskan tanggal “Tahun Kedelapan,” menandai tahun kedelapan pemerintahannya, dan menggambarkan dewi bulan Romawi Luna dan tanda zodiak Cancer di sisi sebaliknya. Para ahli mengatakan itu milik serangkaian 13 koin Romawi yang menggambarkan 12 tanda zodiak dan roda zodiak yang lengkap.

Temuan seperti itu “sangat langka,” kata Jacob Sharvit , direktur Unit Arkeologi Maritim Otoritas Barang Antik Israel, menambahkan bahwa mereka berkontribusi pada “teka-teki sejarah sejarah negara itu.”

Tidak seperti pendahulunya, Pius bukanlah seorang militer, dan dia memimpin salah satu periode paling damai selama Kekaisaran Romawi, menurut para ahli , tanpa pemberontakan besar atau serangan militer. Dia yang dikenal bukan untuk pekerjaan umum, menyelesaikan banyak proyek pembangunan dimulai oleh pendahulunya sekaligus ayah angkatnya, Hadrian .

Garis pantai Israel telah menghasilkan temuan kuno lainnya belakangan ini. Pada bulan Oktober, seorang penyelam amatir menemukan sebuah pedang yang kemungkinan besar adalah milik seorang ksatria Tentara Salib yang berlayar ke Tanah Suci hampir satu milenium yang lalu.

Penyelam Israel menemukan pedang berusia 900 tahun, dikatakan sebagai senjata ksatria Tentara Salib, di dasar laut Mediterania

Shlomi Katzin menemukan senjata berusia 900 tahun di dasar Laut Mediterania saat scuba diving di lepas pantai Carmel. Dia menyerahkannya kepada pihak berwenang dan dianugerahi sertifikat penghargaan. (Hukum Israel mengharuskan setiap artefak yang ditemukan dikembalikan ke negara tersebut.)

BACA JUGA  Tembakkan Rudal ke Pakistan, India Pecat Perwira

Para ahli mengatakan pada saat itu, bahwa pedang kuno itu mungkin ditemukan setelah gelombang menyebabkan pasir bergeser. Artefak lain yang ditemukan di sekitar senjata termasuk jangkar logam, jangkar batu, dan pecahan tembikar.

“Di sepanjang pantai Laut Mediterania … ada banyak situs dan temuan arkeologi, yang menceritakan hubungan yang ada di sini pada zaman kuno antara pelabuhan Laut Mediterania dan negara-negara di sepanjang itu,” Sharvit, dari Israel Antiquities Authority, mengatakan dari penemuan terbaru.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Foto Kencan Kembali Bocor, Netizen Frustasi Agensi V dan Jennie Masih Bungkam

Sejak foto pertama yang diduga adalah V BTS dan Jennie BLACKPINK bocor pada bulan Mei tahun ini, penggemar dengan cemas menunggu YG Entertainment atau...

Gaya Hidup

3 Rekomendasi Susu Peninggi Badan yang Perlu kalian Ketahui

Memiliki tinggi badan ideal adalah impian hampir  semua orang. Banyak orang yang merasa tinggi badannya kurang ideal dan melakukan berbagai cara untuk menambah tinggi...

Peristiwa

Wanita di Jakarta Pusat Tabrakan Diri ke Kereta Api

N (28) tahun, Seorang wanita  mencoba menabrakkan diri ke kereta api yang melintas di pelintasan Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat. Korban mencoba mengakhiri hidupnya...

Hukum

Miris! 4 Siswi SD di Pesisir Barat Dicabuli Penjaga Sekolah

Seorang penjaga sekolah dilaporkan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPPPAKB) Pesisir Barat (Pesibar) karena kasus pencabulan yang dilakukannya. Pelaku berinisial...

Iklan3