KLHK Libatkan 36 Komunitas Sinergi Bersihkan Sungai Ciliwung

Direktur Pengendalian Pencemaran Air Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Nety Widayati, mengatakan pada Hari Lingkungan Hidup tahun ini, KLHK bersama 36 komunitas dan relawan bersinergi melakukan aksi bersih Sungai Ciliwung didi enam titik Kota Depok, yang mencakup Kecamatan Sukmajaya, Pancoran Mas, dan Beji.

“Jadi kami itu menggerakkan masyarakat melalui komunitas dengan harapan komunitas sebagai fasilitator masyarakat, sehingga masyarakat berubah mindset-nya menjadi lebih peduli kepada lingkungan, dan hasilnya terlihat jika kualitas air sungai Ciliwung membaik,” ujar Direktur Pengendalian Pencemaran Air yang ikut melakukan susur sungai pada kegiatan ini, Minggu (5/6/2022).

Hari Lingkungan Hidup yang diperingati setiap tanggal 5 Juni setiap tahunnya dimeriahkan dengan berbagai kegiatan bertema menjaga kelestarian alam, termasuk membersihkan sungai di perkotaan.

Kegiatan bersih-bersih sungai Ciliwung ini turutr dihadiri perwakilan dari Dinas Pekerjaan Umum dan perumahan Rakyat (PUPR) Kota Depok, Dinas Lingkungan Hidup Kota Depok, sejumlah anggota Pramuka, dan Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala) sekitar kota Depok

Menurut Nety, kegiatan ini bertujuan untuk mengkampanyekan perubahan perilaku masyarakat untuk lebih peduli lingkungan terutama kepada kualitas air sungai yang lebih baik.

Sebab, berdasarkan data pantauan KLHK, pencemar terbesar sungai berasal dari limbah domestik rumah tangga yang dibuang oleh masyarakat yang tinggal di sepanjang bantaran sungai.

“Kita menggerakkan komunitas, sehingga komunitas menggerakkan masyarakat yang ada agar limbah pencemar domestik bisa tertangani karena seluruh masyarakat berubah pola pikirnya,” tuturnya.

Upaya yang dilakukan bersama pemerintah dan komunitas selama ini dinilai telah menunjukkan dampak positif yang terlihat dari tren status mutu air sejak 2015 yang terus menunjukkan perbaikan, meski belum semuanya dalam kondisi baik.

Ketua Komunitas Sahabat Ciliwung Hidayat, yang merupakan penduduk asli sekitar Sungai Ciliwung menambahkan, permasalahan air dan sampah di Sungai Ciliwung dari tahun ke tahun mulai membaik.

BACA JUGA  Penanaman Bibit Mangrove Oleh Warga Desa Adat Intaran Bali

Kondisi ini dinilai merupakan hasil upaya bersama semua pihak, mulai dari masyarakat, komunitas, pemerintah pusat, pemerintah daerah, akademisi, dunia usaha dan juga media massa.

“Hari ini kita lakukan aksi bersih sungai dengan kekuatan sekitar 200 orang, menggunakan 10 perahu karet untuk yang di air, lalu juga ada teman-teman atau relawan yang berkegiatan di bantaran sungai di beberapa titik,” katanya, dilansir dari infopublik.

Gerakan bersih Sungai Ciliwung ini tercatat berhasil terkumpul sampah seberat 780 Kg.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Pendiri Sunda Empire, Lord Rangga Meninggal Dunia Karena Sakit Jantung

Pendiri Sunda Empire, Lord Rangga Meninggal Dunia Karena Sakit Jantung. Ki Ageng Rangga Sasana, atau yang lebih dikenal publik dengan panggilan Lord Rangga, dikabarkan meninggal...
- Advertisement -

Gaya Hidup

Tren Perawatan Sulam Bedak Meningkat, Kenali Manfaat dan Risikonya

Sulam bedak merupakan tren perawatan kulit wajah asal Korea Selatan yang tengah populer. Meski dapat mencerahkan dan menutupi noda di kulit, perawatan kulit ini...

Peristiwa

Pria 49 Tahun di Balikpapan Tersetrum Tegangan Tinggi saat Mengecat Ruko

Saat sedang mengecat sebuah ruko di kawasan Belakang BCA, Kelurahan Klandasan Ilir, Balikpapan Kota, seorang pria bernama Riski (49) tersentrum listrik tegangan tinggi pada...

Hukum

Polisi Tangkap Pelaku Pembacok Pelajar SMP di Yogya

Polisi berhasil menangkap pelaku penganiayaan yang menyebabkan seorang pelajar SMP di Yogyakarta berinisial M (14) mengalami luka di bagian wajah. Pelaku diketahui menyabetkan sabuk...

Iklan3