Ketua Dekranasda Kalbar Launching Kain Ragam Corak Melayu dan Dayak Salako

Dekranasda Kota Singkawang meluncurkan dua kain ragam corak melayu (RCM) dan ragam corak dayak salako (RCDS). Dua kain tersebut resmi dilaunching Ketua Dekranasda Provinsi Kalimantan Barat, Lismaryani di halaman Mess Daerah, Rabu (1/6/2022).

Launching kain RCM dan RCDS dihadiri pula Gubernur Kalbar, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Singkawang, Bupati Bengkayang, Bupati Sambas, Sekda Provinsi Kalbar, Sekda Singkawang, Forkopimda dan Kepala OPD.

“Tadi sudah dipaparkan tentang dua ragam corak melayu dan dayak salako, ini menambah khasanah dari corak pakaian yang ada di Kalimantan Barat,” kata Gubernur Kalbar, dilansir dari InfoPublik.id, pada Jumat 3 Juni 2022.

Ia mengingatkan bahwa setelah diluncurkan segera daftarkan Hak Kekayaan Intelektual.

“Saya hanya mengingatkan setelah diluncurkan nanti Pemkot Singkawang jangan lupa Hak Intelektual dari ragam itu tadi,” katanya.

“Setiap kali corak yang dilaunching harus dilengkapi literatur masalah filosofi dari corak itu,” pintanya.

Sementara itu Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie dalam sambutannya memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Dekranasda Kota Singkawang.

“Ini merupakan lanjutan dari ragam corak melayu dan ragam corak dayak salako singkawang pada hari ini yang berkesinambungan dan berkelanjutan dari pengembangan motif atau ragam corak yang ada lebih dahulu di Kota Singkawang,” ujarnya.

Ia berharap launching ini akan berdampak kepada masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Singkawang terutama IKM dan UMKM.

“Dengan dilaunching nya corak melayu dan corak dayak salako akan menjadi ikon Kota Singkawang dan akan dikenal oleh seluruh Indonesia,” harapnya.

Tinggalkan Balasan

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Pakai Sandal Jepit Saat Mengendarai Sepeda Motor Tidak akan Kena Tilang

Pengendara motor yang menggunakan sandal jepit dipastikan oleh polisi tidak akan ditilang. Namun, polisi akan terus mengimbau kepada pengendara motor agar tidak riding menggunakan...

Gaya Hidup

Ini Cara Hilangkan Bau Badan agar Tidak Insecure

Bau badan yang tidak sedap disebabkan oleh keringat yang bercampur dengan bakteri. Hal ini bisa diatasi dengan cara perawatan tubuh dan menghindari makanan atau...

Peristiwa

Geger! Jasad Pelajar SMP Tergeletak di Semak-Semak di Langkat dengan Posisi Rok Tersingkap

Warga digegerkan oleh penemuan jasad seorang siswi SMP berinisial ASS (14) di semak-semak seputaran wilayah bekas sanggar Pramuka, Komplek PT Pertamina RU II Pangkalan...

Hukum

Tak Ikut Promosi Film, Nirina Zubir Kecewa Sidang Kasus Mafia Tanah Malah Ditunda

Nirina Zubir masih menjalani proses hukum terkait kasus dugaan mafia tanah. Seperti diketahui, sang mantan ART, Riri Khasmita disebut menggelapkan aset tanah milik ibunda...