Ketahui 8 Rest Area Favorit di Sepanjang Ruas Tol Jakarta-Surabaya

- Advertisement -
Tempat peristirahatan sementara atau rest area jadi salah satu hal penting di setiap ruas jalan tol. Keberadaan rest area sangatlah dibutuhkan untuk para pengendara beristirahat terutama di sepanjang arus mudik Lebaran.

Saat ini, ada banyak rest area di sepanjang ruas tol Pulau Jawa yang tersebar dari kawasan Merak sampai Probolinggo Timur. Tidak hanya sekadar tempat peristirahatan sementara, rest area kini juga menawarkan berbagai fasilitas pendukung yang lengkap.

Selain itu, berbagai rest area di sepanjang jalan tol pun kini tampil cantik guna memanjakan para penumpang yang kelelahan saat di perjalanan dan harus beristirahat.

Dari berbagai rest area yang ada di sepanjang ruas tol Trans Jawa, tentunya ada beberapa rest area yang jadi favorit bagi para pemudik. Lalu, mana saja rest area itu? Berikut dilansir dari laman Kumparan, informasi rest area terfavorit yang terdapat di sepanjang ruas tol dari Jakarta hingga Probolinggo Timur.

  1. Rest Area Km 57A Karawang arah Jawa Timur

Pertama ada rest area Km 57A yang berlokasi di Kabupaten Karawang Jawa Barat. Lokasi rest area ini terbilang strategis karena jadi rest area pertama setelah melintasi tol layang Jakarta-Cikampek dan rest terakhir sebelum percabangan Jakarta-Cikampek dan Jakarta-Cipularang.

Sehingga tak heran apabila banyak pemudik yang baru saja melintasi sepanjang tol layang Japek memilih beristirahat atau buang air kecil di rest area ini. Menyoal fasilitasnya, rest area Km 57A juga terbilang cukup lengkap, terdapat SPBU, Masjid, gerai makanan dan foodcourt, pusat perbelanjaan, mini market, dan tentunya area parkir.

  1. Rest Area Km 102A Tol Cipali arah Jawa Timur

Selanjutnya ada rest area Km 102A yang terletak di ruas tol Cipali tepatnya di kawasan Kalijati, Purwakarta, Jawa Barat. Rest area Km 102A ini merupakan rest area kedua di ruas tol Cipali setelah rest area Km 86A.

BACA JUGA  TVS Hadirkan XL 100 Heavy Duty Bergaya Klasik di Indonesia

Kendati berstatus rest area kedua di sepanjang ruas tol Cipali arah Jawa Tengah, rest area Km 102A ini tetap diminati. Sebab berbeda dengan rest area Km 86A yang punya ukuran kecil dan tidak terdapat SPBU, rest area 102A tergolong lengkap.

Di rest area ini terdapat berbagai fasilitas, seperti Masjid, toilet, gerai makanan dan foodcourt, SPBU, serta area parkir. Tak heran apabila rest area ini juga jadi salah satu rest area favorit bagi para perusahaan otobus untuk memberikan servis makan.

  1. Rest Area Km 207A Tol Palikanci arah Jawa Timur

Berikutnya kita bergeser ke rest area Km 207A ruas tol Palimanan-Kanci atau Palikanci. Ini merupakan rest area pertama di ruas tol Palikanci dan jadi salah satu rest area terbesar di ruas tol Palikanci.

Alasan banyak orang tertarik untuk beristirahat di rest area ini, dikarenakan rest area ini memiliki posisi paling pertama setelah pengemudi melintasi ruas tol Cipali yang cukup panjang. Sehingga bagi mereka yang kelelahan setelah melintasi ruas tol Cipali, umumnya akan beristirahat di rest area ini.

Untuk fasilitasnya, rest area tol Palikanci ini dilengkapi dengan fasilitas Masjid, toilet, gerai makanan, mini market, SPBU, area parkir, hingga SPKLU.

  1. Rest Area Km 379A Tol Batang-Semarang arah Jawa Timur

Rest area Km 379A di ruas tol Batang-Semarang juga bisa jadi pilihan bagi Anda yang kelelahan saat di perjalanan mudik. Rest area ini menawarkan berbagai fasilitas seperti area parkir, masjid, pusat perbelanjaan, pusat kuliner, SPBU, hingga SPKLU.

Salah satu keunggulan rest area ini, yaitu adanya area parkir yang sangat lapang. Serta Masjid yang tersedia pun terbilang cukup besar.

  1. Rest Area Km 429A Tol Semarang arah Jawa Timur
BACA JUGA  Penjualan Mobil Sport Tak Berpengaruh di Masa Pandemi COVID-19

Berikutnya ada rest area Km 429A yang berada di ruas tol Semarang-Solo tepatnya di Ungaran Jawa Tengah. Rest area ini banyak difavoritkan karena menawarkan pemandangan yang menarik serta suasana yang sejuk.

Tidak hanya itu, secara letak geografis rest area ini juga berada di titik lelah bagi pemudik yang habis melibas ruas tol Palikanci, Kanci-Pejagan, hingga Pejagan-Semarang. Dari segi fasilitas, rest area ini juga terbilang lengkap, terdapat beberapa fasilitas unggulan, seperti Masjid, toilet, gerai makanan, mini market, SPBU, dan area parkir.

  1. Rest Area Km 456A Tol Semarang-Solo arah Jawa Timur

Masih dari kawasan Jawa Tengah, kali ini ada rest area Km 456A yang berada di ruas tol Semarang-Solo. Ini bisa dibilang salah satu rest area terbesar dan termodern karena dilengkapi pusat perbelanjaan dan kuliner layaknya mal.

Tidak hanya itu, hal lain yang jadi daya tarik rest area ini, yaitu keberadaan jembatan penyeberangan yang menghubungkan rest area di posisi arah Jawa Timur dan rest area di posisi arah Jakarta.

Dari segi fasilitas, di sepanjang rest area ini dilengkapi dengan Masjid, toilet, pusat perbelanjaan, pusat kuliner, gerai makanan, mini market, SPBU, dan area parkir.

  1. Rest Area Km 487A Tol Semarang-Solo arah Jawa Timur

Berikutnya ada rest area Km 487A yang jadi salah satu rest area favorit bagi para pemudik. Untuk rest area Km 487A ini berada di ruas tol Semarang-Solo.

Sama seperti rest area Km 456A, rest area 487A ini juga menawarkan fasilitas yang sangat lengkap serta terdapat pusat perbelanjaan dan kuliner layaknya mal. Terdapat juga pemandangan yang ciamik pada ruas tol ini.

BACA JUGA  Ada 5 Tips Jitu Mencegah Rasa Kantuk Menyerang Saat Menyetir Selama Bulan Ramadan

Untuk fasilitasnya, di sepanjang rest area Km 487A ini memiliki berbagai fasilitas seperti Masjid, toilet, pusat perbelanjaan, pusat kuliner, gerai makanan, mini market, SPBU, dan area parkir.

  1. Rest Area Km 695A Tol Jombang-Mojokerto arah Jawa Timur

Terakhir ada rest area Km 695A yang terletak di ruas tol Jombang-Mojokerto mengarah Jawa Timur. Sebagai rest area modern, rest area KM 695A ini memang menawarkan tampilan yang menarik layaknya mal.

Berbagai fasilitas tentu tersedia di sepanjang rest area ini, mulai dari Masjid, toilet, pusat perbelanjaan, pusat kuliner, hingga mini market. Sayangnya pada rest area ini, tidak dilengkapi dengan SPBU.

Selain memiliki tampilan yang menarik, letak rest area ini yang berada di paling ujung tol Jakarta-Surabaya, membuat rest area ini jadi lokasi favorit bagi para pemudik yang hendak istirahat sejenak setelah perjalanan jauh dari Jakarta menuju Surabaya.

Tinggalkan Balasan

- Advertisement -

Must Read

Gaya Hidup

Alami Rambut Berminyak, Ketahui Cara Mengatasinya

Rambut berminyak sering kali terlihat kusam, mengilap, dan susah diatur. Hal ini tentu membuat Anda alami tidak nyaman dan terganggu. Namun, Anda tidak perlu...

Peristiwa

Toko Kue di Bukittinggi Terbakar, Kerugian Capai Rp 1,2 Miliar

Musibah kebakaran kembali melanda, Kebakaran menghanguskan toko kue Elna Cake and Bakery di Kota Bukittinggi pada Senin (23/5) dini hari. Kerugian mencapai miliaran rupiah. Peristiwa...

Hukum

Diduga Korban Pembunuhan, 2 Mayat Ditemukan Tertelungkup di Parit Sidoarjo

Penemuan sesosok mayat gegerkan warga, Dua mayat pria ditemukan di parit sawah Desa Balongdowo, Kecamatan Candi, Sidoarjo pada Minggu (22/5). Dua mayat itu ditemukan...