Kenapa Busi Mobil Harus Diganti Berkala, Berikut 3 Alasannya

Seperti yang sudah diketahui, busi mobil harus diganti secara berkala. Busi bertugas menghasilkan percikan bunga api yang kemudian menghasilkan pembakaran.

Busi mobil yang baik bisa menghasilkan percikan bunga api yang besar dan cepat. Seiring pemakaian busi bisa mengalami penurunan performa.

Setidaknya ada 3 alasan kenapa busi harus diganti secara berkala sesuai anjuran pabrikan.

  1. Elektroda Busi Aus

Kehausan elektroda busi tidak bisa dihindari terutama pada busi nikel. “Elektroda yang sudah aus ini lama kelamaan akan bikin pengapian enggak lagi sempurna,” buka Bahtiar dari bengkel resmi Toyota Auto2000, Kalimalang, Jakarta Timur.

Jika terus dipakai maka performa mobil bisa turun. Jadi ada baiknya busi diganti dengan yang baru.

  1. Konsumsi Bahan Bakar

Sudah jelas busi sangat berpengaruh terhadap proses pembakaran. “Busi yang sudah jelek bikin pembakaran enggak berlangsung baik dan ini bikin konsumsi bahan bakar cenderung agak boros,” tambahnya.

Berbeda jika busi diganti sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan. Konsumsi bahan bakar bisa lebih terjaga karena performa busi selalu dalam keadaan baik.

  1. Emisi Gas Buang

Busi yang sudah tidak bagus membuat pembakaran di ruang bakar terganggu. “Efeknya bisa bikin emisi gas buang menjadi tinggi,” jelas Bahtiar.

Dikutip dari Otogrid, Kerak di ruang bakar yang semakin banyak akan membuat emisi gas buang makin buruk. Jadi agar emisi gas buang tetep baik, ganti busi sesuai jadwal ya sob.

Tinggalkan Balasan

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Jual Beli Uang Palsu, Penjaga Warkop di Surabaya Ditangkap

Seorang penjaga warung kopi (warkop) di kawasan Jalan Amir Mahmud, Gunung Anyar, Surabaya ditangkap polisi karena menyambi jual beli uang palsu. Saat diamankan polisi, pria...

Gaya Hidup

Kenali Perbedaan Alergi Matahari dan Terbakar Matahari

Alergi matahari dan terbakar matahari terkadang sulit dibedakan karena gejala yang muncul hampir serupa. Padahal, keduanya disebabkan oleh reaksi yang berbeda pada kulit. Nah,...

Peristiwa

Pasutri Tewas Usai Tabrak Truk di Jalinbar

Kecelakaan lalu lintas terjadi di Jalan Lintas Barat (Jalinbar) Pekon Kotabatu, Kecamatan Ngaras, Kabupaten Pesisir Barat pada Minggu, 22 Mei 2022, sekitar 06.30 WIB....

Hukum

Edarkan Sabu, Pria di Payakumbuh Diciduk BNN

Anggota Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat (Sumbar) menciduk seorang pengedar narkoba jenis sabu yang berinsial AD (42) tahun. Sebanyak 11 paket sabu...