Kenali Penyebab dan 4 Cara Mengatasi Blackhead

Blackhead atau komedo hitam adalah tonjolan kecil berwarna gelap di kulit akibat tersumbatnya pori-pori. Penyebab blackhead umumnya muncul di wajah, tetapi bisa juga ditemukan di bagian tubuh lainnya, seperti punggung, dada, leher, bahu, dan tangan.

Penyebab blackhead umumnya tidak nyeri layaknya jerawat dan mudah sekali terlihat di permukaan kulit karena warnanya yang gelap. Oleh sebab itu, jika tumbuh pada wajah, blackhead mungkin bisa mengganggu penampilan.

Penyebab Blackhead

Penyebab blackhead terbentuk karena adanya penumpukan atau penyumbatan sel-sel kulit mati dan minyak di folikel rambut pada permukaan kulit. Penumpukan ini kemudian menonjol ke luar pori-pori dan membentuk blackhead setelah teroksidasi oleh udara.

Ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan kemungkinan munculnya blackhead pada kulit, yaitu:

  • Iritasi pada folikel rambut
  • Produksi minyak yang berlebih
  • Penumpukan bakteri Propionibacterium acnes di kulit
  • Perubahan hormon, misalnya saat menstruasi atau akibat mengonsumsi pil KB maupun obat-obatan tertentu

Selain itu, mengonsumsi makanan dan minuman tertentu juga dipercaya memicu penyebab terbentuknya blackhead, misalnya produk olahan susu dan makanan yang banyak mengandung gula. Kendati demikian, hal ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Cara Mengatasi Blackhead

Sebelum mengatasi blackhead, hal pertama yang harus Anda ingat adalah jangan sekali-sekali memencet atau mengeluarkannya secara paksa.

Alih-alih menyembuhkan, memencet blackhead justru bisa menjadi penyebab menambah peradangan dan bahkan memperparah kondisi kulit. Pasalnya, ada banyak sekali bakteri dan kotoran di tangan yang bisa berpindah saat Anda memencet atau mengeluarkan blackhead secara paksa.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi blackhead:

  1. Menggunakan produk yang mengandung asam salisilat

Saat membeli produk perawatan kulit, disarankan untuk memilih produk yang mengandung asam salisilat (salicylic acid). Kandungan ini memiliki kemampuan untuk membersihkan sel kulit mati dan minyak berlebih, sehingga blackhead menjadi lebih mudah hilang.

  1. Menggunakan krim atau losion retinoid
BACA JUGA  Sebelum Melakukan Sulam Alis, Ketahui Manfaat dan Risikonya

Krim atau losion yang mengandung retinoid terbuat dari vitamin A yang mampu membuka pori-pori sekaligus membantu regenerasi kulit. Inilah yang membuat krim atau losion retinoid menjadi salah satu pilihan untuk mengatasi blackhead, dengan atau tanpa resep dokter.

Retinoid bisa membuat kulit Anda menjadi lebih sensitif terhadap sinar UV. Untuk menghindarinya, Anda disarankan untuk menggunakan krim tau losion retinoid sesaat sebelum tidur pada malam hari, atau sesuai dengan anjuran dokter.

  1. Melakukan chemical peeling

Ini adalah metode perawatan kulit dengan menggunakan bahan kimia, seperti asam salisilat, asam glikolat, atau asam retinoat.

Ketika melakukan perawatan ini, lapisan kulit teratas akan terkelupas. Hasilnya adalah blackhead dapat teratasi, kulit menjadi lebih halus, dan sel-sel kulit mati yang dapat menyebabkan bladkhead terangkat.

  1. Menjalani terapi laser

Terapi laser adalah metode perawatan kulit yang dilakukan dengan cara menembakkan laser ke kulit untuk mengurangi produksi minyak berlebih atau membunuh bakteri pada kulit.

Salah satu kelebihan terapi laser untuk mengatasi blackhead adalah mampu mencapai lapisan bawah kulit tanpa merusak lapisan kulit bagian atas.

Tips Mencegah Blackhead

Memiliki blackhead, terutama di kulit wajah, tentu tidak menyenangkan. Sebagai langkah pencegahan, Anda bisa mencoba tips di bawah ini:

  • Cuci muka 2 kali sehari, yaitu saat bangun tidur dan sebelum tidur.
  • Bersihkan wajah menggunakan ujung jari dengan lembut, tidak perlu menggunakan spons atau sikat yang bisa mengiritas kulit.
  • Hindari paparan sinar matahari langsung.
  • Hindari menyentuh wajah bila tidak diperlukan.
  • Gunakan produk perawatan kulit yang bebas alkohol.
  • Gunakan pembersih wajah dengan scrub yang lembut. Hentikan pemakaian jika scrub mengiritasi kulit.
  • Gunakan produk skin care atau kosmetik yang tidak menimbulkan komedo (noncomedogenic).

Menjalani pola hidup yang sehat juga dapat menjaga kesehatan kulit secara menyeluruh. Oleh karena itu, sebisa mungkin biasakan untuk selalu mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang, minum air putih yang banyak, rajin berolahraga, dan tidur yang cukup.

BACA JUGA  4 Manfaat Sabun Pepaya untuk Kesehatan Kulit Wajah

Bila penyebab blackhead tak kunjung membaik meskipun Anda telah mencoba beberapa cara di atas, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter. Dengan begitu, dokter bisa menyarankan penanganan yang sesuai dengan kondisi kulit Anda.

Tinggalkan Balasan

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Pakai Sandal Jepit Saat Mengendarai Sepeda Motor Tidak akan Kena Tilang

Pengendara motor yang menggunakan sandal jepit dipastikan oleh polisi tidak akan ditilang. Namun, polisi akan terus mengimbau kepada pengendara motor agar tidak riding menggunakan...

Gaya Hidup

Ini Cara Hilangkan Bau Badan agar Tidak Insecure

Bau badan yang tidak sedap disebabkan oleh keringat yang bercampur dengan bakteri. Hal ini bisa diatasi dengan cara perawatan tubuh dan menghindari makanan atau...

Peristiwa

3 Agen Mossad Israel Diringkus, Setelah Gagal Bunuh Ahli Nuklir Iran

Tiga orang yang diduga adalah anggota Badan Intelijen Israel, Mossad, yang mendapat tugas untuk membunuh pakar nuklir Iran, berhasil diringkus otoritas keamanan Iran. Dilansir VIVA...

Hukum

Kejagung Tangkap Buronan Korupsi Dana Hibah Bawaslu Musi Rawas

Tim Tangkap Buronan (Tabur) Kejaksaan Agung (Kejagung) mengamankan AS Bin WW yang merupakan tersangka korupsi penyimpangan bantuan dana hibah dari Pemerintah Daerah Kabupaten Musi...