Kenali 10 Tanda-Tanda Penyakit Ginjal

Tanda-tanda penyakit ginjal penting untuk Anda kenali. Apalagi penyakit ini sering kali terlambat terdeteksi, karena beberapa tandanya mirip dengan kondisi atau penyakit lain. Dengan mengenali gejalanya, langkah pengobatan pun dapat dilakukan dengan tepat dan sedini mungkin.

Oleh karena itu, Anda perlu lebih waspada dan kenali tanda-tanda penyakit ginjal dengan saksama. Di Indonesia, penyakit ginjal termasuk dalam 10 penyakit yang paling banyak menyebabkan kematian.

Semakin cepat penyakit ginjal terdeteksi, semakin cepat pula Anda mendapatkan penanganan yang tepat. Dengan begitu, penyakit ginjal yang diderita bisa terkontrol dengan baik, bahkan tidak tertutup kemungkinan fungsi ginjal bisa kembali normal.

Tanda-Tanda Penyakit Ginjal

Sebelumnya telah disebutkan bahwa penyakit ginjal kerap tidak menimbulkan gejala atau tanda pada tahap awal. Meski begitu, Anda perlu waspada bila mengalami tanda-tanda berikut ini:

  1. Mudah lelah

Penurunan fungsi ginjal dapat menyebabkan penumpukan racun dan kotoran dalam darah. Pada akhirnya, hal ini bisa menyebabkan penderitanya mudah alami kelelahan dan sulit konsentrasi.

  1. Kulit gatal

Tanda-tanda penyakit ginjal selanjutnya yang anda kenali adalah kulit gatal. Kulit penderita penyakit ginjal bisa menjadi mudah gatal karena pengaruh dari fungsi ginjal yang tidak bisa membuang racun di dalam darah dengan baik.

  1. Kram otot

Ketidakseimbangan kadar elektrolit dalam tubuh dapat terjadi saat alami gangguan fungsi ginjal. Kekurangan atau kelebihan elektrolit tertentu bisa mengganggu kinerja otot dan saraf, sehingga penderitanya rentan mengalami kram otot.

  1. Mual dan muntah

Penyakit ginjal menyebabkan sisa metabolisme menumpuk di dalam darah. Kondisi ini bisa memicu munculnya rasa mual dan muntah, bahkan tak jarang berujung pada menurunnya nafsu makan.

  1. Bau mulut

Tanda-tanda penyakit ginjal berikutnya adalah bau mulut. Penderita penyakit ini bisa mengalami bau mulut akibat ginjal tidak bisa menyaring racun dengan baik. Tidak hanya memicu bau mulut, makanan yang dikonsumsi pun bisa memberikan sensasi rasa logam di lidah.

  1. Gangguan buang air kecil
BACA JUGA  Kopi Chicory Cocok Bagi Pecinta Kopi yang Ingin Kurangi Asupan Kafein

Keinginan untuk buang air kecil lebih sering, terutama di malam hari, bisa menjadi tanda awal penyakit ginjal. Ini bisa terjadi akibat penurunan fungsi ginjal dalam menyaring darah dan mengeluarkan urine.

Meski sering buang air kecil bisa menjadi tanda penyakit ginjal, ada kalanya keluhan ini disebabkan oleh penyakit lain, seperti infeksi saluran kemih atau pembesaran prostat pada pria. Pada penyakit ginjal yang sudah berat, penderitanya justru akan sulit atau bahkan tidak dapat buang air kecil sama sekali.

  1. Urine berwarna cokelat

Tanda-tanda penyakit ginjal lainnya yang harus anda kenali adalah urine berwarna cokelat. Urine bisa berwarna cokelat akibat ginjal gagal menyaring sel darah merah dan justru membuangnya bersama urine. Pada akhirnya, urine mengandung sel darah merah cukup banyak dan berwarna kecokelatan.

  1. Urine berbusa

Selain berwarna cokelat, urine berbusa juga bisa menjadi tanda penyakit ginjal. Ini terjadi ketika saringan atau filter ginjal mengalami kerusakan, sehingga protein dalam darah ikut keluar melalui urine.

  1. Pergelangan kaki atau kaki bengkak

Penyakit ginjal dapat mengganggu pengeluaran natrium dan air, sehingga memicu penumpukan cairan dalam tubuh. Efeknya, penderita penyakit ginjal rentan mengalami pembengkakan, biasanya di sekitar mata dan daerah kaki.

Meski begitu, keluhan ini tidak selalu menjadi tanda penyakit ginjal. Pasalnya, penyakit lain seperti penyakit jantung dan penyakit hati juga bisa menyebabkan penderitanya mengalami kaki bengkak.

  1. Nyeri punggung

Tanda-tanda gangguan pada ginjal berikutnya adalah nyeri punggung. Biasanya, sakit punggung yang disebabkan oleh penyakit ginjal muncul di area punggung bawah atau samping.

Itulah tanda-tanda penyakit ginjal yang perlu Anda kenali. Anda juga harus lebih waspada dengan penyakit ini, terutama jika menderita penyakit tertentu seperti diabetes atau tekanan darah tinggi. Hal ini karena risiko terkena penyakit ginjal akan meningkat bila Anda memiliki kondisi tersebut.

BACA JUGA  160 Santri Ponpes di Simalungun Terkonfirmasi Positif Covid-19

Jika Anda kenali beberapa tanda-tanda penyakit ginjal di atas, jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Dengan begitu, dokter dapat melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui dengan pasti apa penyebab dari keluhan yang Anda rasakan.

Tinggalkan Balasan

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Pakai Sandal Jepit Saat Mengendarai Sepeda Motor Tidak akan Kena Tilang

Pengendara motor yang menggunakan sandal jepit dipastikan oleh polisi tidak akan ditilang. Namun, polisi akan terus mengimbau kepada pengendara motor agar tidak riding menggunakan...

Gaya Hidup

Ini Cara Hilangkan Bau Badan agar Tidak Insecure

Bau badan yang tidak sedap disebabkan oleh keringat yang bercampur dengan bakteri. Hal ini bisa diatasi dengan cara perawatan tubuh dan menghindari makanan atau...

Peristiwa

Putra Mahkota Saudi, Erdogan Bertemu di Turki untuk Normalisasi Hubungan

Putra Mahkota Saudi, Mohammed bin Salman tiba di Turki untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun hari ini untuk melakukan pembicaraan dengan Presiden Tayyip Erdogan...

Hukum

Tak Ikut Promosi Film, Nirina Zubir Kecewa Sidang Kasus Mafia Tanah Malah Ditunda

Nirina Zubir masih menjalani proses hukum terkait kasus dugaan mafia tanah. Seperti diketahui, sang mantan ART, Riri Khasmita disebut menggelapkan aset tanah milik ibunda...