Kementerian PUPR Lengkapi PSU 643 Unit Perumahan Subsidi di Kalsel

Kenyamanan penghuni perumahan subsidi, mendapat perhatian khusus Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Untuk itu, guna menjadikan hunian layak bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) itu nyaman, lingkungan hunian dilengkapi dengan prasarana sarana dan utilitas umum (PSU).

Pada Tahun Anggaran 2022, Kementerian PUPR mematok target penyaluran bantuan PSU rumah subsidi sebanyak 20.500 unit tersebar di 33 provinsi.

“Program itu merupakan bentuk nyata keseriusan pemerintah untuk mewujudkan cita-cita terpenuhinya kebutuhan rumah bagi seluruh lapisan masyarakat, terutama rumah terjangkau layak huni dan berkualitas bagi MBR,” kata Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, dikutip dari infopublik, Selasa (2/8/2022).

Penyaluran bantuan PSU 2022 salah satunya di Kalimantan Selatan (Kalsel) berupa jalan lingkungan, drainase, sistem penyediaan air minum dan prasarana dan sarana persampahan agar manfaatnya langsung dapat dirasakan masyarakat serta mewujudkan lingkungan yang nyaman, sehat dan hunian bersubsidi yang berkualitas.

Pelaksanaan bantuan PSU dilaksanakan berdasarkan Peraturan Menteri PUPR Nomor 03/PRT/M/2018 tentang Perubahan Peraturan Menteri PUPR Nomor 38/PRT/M/2015 tentang Bantuan Prasarana, Sarana dan Utilitas Umum untuk Perumahan Umum.

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto, mengatakan pembangunan rumah bersubsidi dan dukungan pembangunan PSU adalah upaya pemerintah mensukseskan Program Sejuta Rumah untuk mengurangi angka backlog perumahan di Indonesia khususnya di Kalimantan Selatan. “Kami ingin rumah bersubsidi di daerah juga memiliki kualitas jalan lingkungan yang baik. Masyarakat bisa tinggal di rumah bersubsidi yang layak dan terjangkau,” kata Iwan Suprijanto.

Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (P2P) Kalimantan II Hujurat mengatakan bantuan PSU rumah bersubsidi di Kalimantan Selatan sebanyak 643 unit yang diterima oleh 10 pengembang perumahan subsidi di lima kabupaten/kota. Adapun sebaran lokasinya adalah Perumahan Antasari Bintang Residence Tahap 3 (50 unit) dan Ibti Semanda Residence (50 unit) di Kota Banjarmasin serta Perumahan Griya Anisah Permai III (133 unit) dan Antasari Garden 2 (50 unit) di Kabupaten Barito Kuala.

BACA JUGA  Dorong Mobil Warga yang Mogok Saat Hujan, Polisi Viral ini Diberi Apresiasi oleh Kapolres Banjarmasin

Selanjutnya di Kabupaten Balangan mencakup Perumahan Rizky Balangan Residence Tahap 3 (50 unit) dan Balai Pangeran Residence (50 unit), Kabupaten Tabalong di Perumahan Linda Regency 10 (91 unit) dan Perumahan Linda Regency 8 sebanyak (59 unit) dan Kabupaten Kotabaru di Perumahan Grand Ar Raudah 7 (50 unit) dan Bamega Town House (60 unit).

“Pembangunan PSU ini diperuntukkan bagi 643 unit rumah dan menggunakan anggaran APBN senilai Rp4,43 miliar. Kami harap para pengembang bisa lebih bersemangat dalam membangun rumah bersubsidi,” kata Hujurat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Tragedi Kanjuruhan, Bintang Emon Singgung Tanggung Jawab Pihak Berwenang

Komika Bintang Emon menjadi salah satu dari sekian selebritis Tanah Air yang akui ikut merasa terpukul atas tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang,...
- Advertisement -

Gaya Hidup

Tren Perawatan Sulam Bedak Meningkat, Kenali Manfaat dan Risikonya

Sulam bedak merupakan tren perawatan kulit wajah asal Korea Selatan yang tengah populer. Meski dapat mencerahkan dan menutupi noda di kulit, perawatan kulit ini...

Peristiwa

Ruko Laundry di Tangerang Terbakar, 3 Tewas Terpanggang!

Musibah kebakaran terjadi Tangerang, Sebuah rumah yang dijadikan tempat usaha cuci pakaian terbakar. kebakaran ini terjadi di Perumahan Taman Cikande RT 09 RW 02...

Hukum

Gelar Rekonstruksi! Suami yang Bunuh Istri lalu Mayat Dibuang di Jembatan Bima Ngaku Menyesal dan Menangis

Rekonstruksi kejadian suami yang bunuh istri lalu mayatnya dibuang di jembatan Kecamatan Lambu, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB) digelar pada Jumat (2/12/2022). Rekonstruksi pembunuhan...

Iklan3