Kementerian ATR/BPN akan Tingkatkan Kualitas SDM

Upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) terus dilakukan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). Kota Lengkap merupakan program Kementerian ATR/BPN dalam menuntaskan pendaftaran tanah di seluruh Indonesia.

Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Kementerian ATR/BPN, Agustyarsyah, menyampaikan bahwa hal itu menjadi prioritas, sehingga harus dipersiapkan di wilayah kabupaten/kota. Menurutnya, Kota Lengkap akan mendukung pembangunan nasional ke depan.

“Kota Lengkap itu menjadi referensi bagaimana pembangunan nasional ke depan itu bisa dilaksanakan menjadi lebih mudah. Kalau seluruh peta bidang tanah yang produktif belum terpetakan, tentunya perencanaan pembangunan nasional juga menjadi begitu sulit dan tidak pasti,” ujar Agustyarsyah saat membuka webinar bertajuk Strategi Peningkatan Kualitas Data Pertanahan Menuju Kota Lengkap, Jum’at (13/5/2022).

Kepala PPSDM Kementerian ATR/BPN mengatakan, insan Kementerian ATR/BPN menjadi pionir bagaimana proses pembangunan ke depan bisa dilaksanakan dengan lebih baik. Dengan webinar ini, para peserta akan mendapatkan pengetahuan terkait strategi pelaksanaan Kota Lengkap. “Tentunya webinar seperti itu adalah bagian dari upaya agar peserta tahu memulai untuk mewujudkan kota/kabupaten lengkap di Indonesia,” tuturnya.

Agustyarsyah mengungkapkan bahwa peserta dapat mencontoh Kantor Pertanahan Kota Bogor yang telah menyukseskan Kota Lengkap, namun dengan menyesuaikan kondisi di masing-masing daerah.

“Teman-teman di Kota Bogor itu dengan semangatnya mampu membangun Kota Lengkap yang lebih baik. Itu menjadi titik awal bagi teman-teman di daerah lain memiliki semangat yang sama dan terus berstrategi, tidak pernah putus semangatnya,” ucapnya, dilansir dari laman InfoPublik.

“Kita optimis, kita yakin, bahwa dengan sumber daya manusia yang ada di Kementerian ATR/BPN ini dengan semangat yang sama, dengan upaya-upaya yang dilakukan oleh PPSDM, kita yakin bisa memberikan kontribusi yang besar untuk Indonesia maju, untuk Indonesia yang lebih baik,” tambah Kepala PPSDM Kementerian ATR/BPN.

BACA JUGA  Kemen PPPA Lakukan Upaya Perlindungan Pekerja Migran Indonesia

Turut hadir sebagai narasumber dalam kegiatan ini, Kepala Kantor Pertanahan Bogor, Rahmat dan Ketua Departemen Teknik Geodesi, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada (UGM), Trias Aditya. Adapun webinar ini diikuti lebih dari 900 peserta dari Kantor Wilayah BPN dan Kantor Pertanahan yang tersebar di seluruh Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Presiden Apresiasi Mudik Lebaran Tahun 2022 Berjalan Aman dan Sehat

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan apresiasinya kepada seluruh masyarakat dan petugas yang terlibat dalam pelaksanaan mudik Lebaran tahun 2022 sehingga dapat berjalan dengan...

Gaya Hidup

Kenali Perbedaan Alergi Matahari dan Terbakar Matahari

Alergi matahari dan terbakar matahari terkadang sulit dibedakan karena gejala yang muncul hampir serupa. Padahal, keduanya disebabkan oleh reaksi yang berbeda pada kulit. Nah,...

Peristiwa

Ribuan Pembudidaya Ikan Hias di Tulungagung Gulung Tikar

Harga ikan hias yang anjlok sejak beberapa bulan lalu di pasaran menyebabkan ribuan pembudidaya ikan hias di Tulungagung gulung tikar dan berbondong-bondong beralih ke...

Hukum

Densus 88 Amankan Panah saat Penggeledahan Kos Simpatisan ISIS di Kota Malang

Seorang pria terduga simpatisan ISIS diamankan Densus 88 Antiteror di Kota Malang. Pria tersebut diamankan di sebuah tempat kos di di Perum Dinoyo Permai,...