Kemenag Batal Cabut Izin Ponpes Shiddiqiyyah: Pelaku Sudah Serahkan Diri

Kementerian Agama (Kemenag) batal mencabut izin Pondok Pesantren Siddiqiyyah, Ploso, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Ada dua pertimbangan Kemenag mengembalikan izin operasional ke ponpes tersebut.

“Jadi sekarang seluruh hak terkait dengan izin operasional proses pembelajaran itu dikembalikan semua kepada lembaga di pondok,” kata Kabid PD Pontren Kanwil Kemenag Jatim, Mohammad As’adul Anam, dilansir dari VOI pada Kamis (14/7)..

Alasan pertama, karena kasus dugaan pencabulan dilakukan oleh salah satu oknum. Artinya tidak melibatkan seluruh elemen yang ada di pesantren tersebut.

“Yang terpenting adalah mereka yang diduga melakukan pelecehan sudah ditangkap,” katanya.

Menurutnya, pembatalan pencabutan operasional Ponpes Shiddiqiyyah Jombang dilakukan berdasarkan hasil pemantauan di lapangan yang dilakukan setelah tertangkapnya MSAT. Di mana setetalah tertangkapnya MSAT, kegiatan di Ponpes tersebut sudah kembali normal.

Sedangkan hasil pemantauan telah disampaikan kepada Kemenag RI, dan akhirnya izin operasional pondok batal dicabut. Semula, Kemenag memutuskan mencabut izin operasional Ponpes tersebut terkait dugaan kasus pencabulan oleh MSAT (42), yang merupakan anak dari pengasuh Ponpes Shiddiqiyyah Jombang.

Alasan kedua, lanjut As’ad, mereka yang juga turut melakukan penghadangan atau menghalangi petugas saat akan menangkap tersangka, juga sudah ditetapkan tersangka dan ditangkap. Maka dari itu, Kemenag memutuskan untuk mengembalikan operasional Ponpes Shiddiqiyyah Jombang.

Ada pun untuk santri yang terlanjur ditarik orang tuanya, menjadi tanggung jawab orang tua sepenuhnya.

“Kemenag juga meminta untuk lembaga pendidikan yang ada di pesanten itu dilakukan pembinaan,” ujarnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Tragedi Kanjuruhan, Bintang Emon Singgung Tanggung Jawab Pihak Berwenang

Komika Bintang Emon menjadi salah satu dari sekian selebritis Tanah Air yang akui ikut merasa terpukul atas tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang,...
- Advertisement -

Gaya Hidup

Tren Perawatan Sulam Bedak Meningkat, Kenali Manfaat dan Risikonya

Sulam bedak merupakan tren perawatan kulit wajah asal Korea Selatan yang tengah populer. Meski dapat mencerahkan dan menutupi noda di kulit, perawatan kulit ini...

Peristiwa

Ruko Laundry di Tangerang Terbakar, 3 Tewas Terpanggang!

Musibah kebakaran terjadi Tangerang, Sebuah rumah yang dijadikan tempat usaha cuci pakaian terbakar. kebakaran ini terjadi di Perumahan Taman Cikande RT 09 RW 02...

Hukum

Gelar Rekonstruksi! Suami yang Bunuh Istri lalu Mayat Dibuang di Jembatan Bima Ngaku Menyesal dan Menangis

Rekonstruksi kejadian suami yang bunuh istri lalu mayatnya dibuang di jembatan Kecamatan Lambu, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB) digelar pada Jumat (2/12/2022). Rekonstruksi pembunuhan...

Iklan3