Kemen PPPA Dorong Koperasi Sebagai Wadah Pemberdayaan Perempuan

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA), mendorong koperasi, sebagai wadah pemberdayaan perempuan wirausaha, dapat bersifat progresif dan menyesuaikan dengan tuntutan zaman. Selain itu, juga dapat meningkatkan kemampuan perempuan melalui pelatihan di berbagai bidang, mulai dari literasi keuangan hingga pemasaran digital.

Staf Khusus Menteri PPPA, Gung Tri mengatakan, “Dalam mewujudkan Koperasi Perempuan yang progresif, koperasi harus dapat memberikan berbagai pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan saat ini untuk dapat mengembangkan usaha, terutama terkait dengan literasi digital termasuk didalamnya digital marketing dan internet safety,” dikutip dari laman InfoPublik pada Jumat (15/7/2022).

Pasalnya, pemberdayaan perempuan di bidang ekonomi hingga kini masih terkendala faktor sulitnya mengakses permodalan, yang acap kali membuat perempuan terjerat dengan pinjaman online ilegal yang pada akhirnya memperparah keadaan perekonomian mereka. Sementara literasi digital dan finansial perempuan masih terbatas, sehingga mereka belum memahami bahaya produk-produk ilegal tersebut.

“Oleh karena itu, Koperasi Perempuan harus memanfaatkan pula teknologi informasi dan dapat memberikan kemudahan dan kecepatan pula bagi anggotanya,” tegasnya.

Selain itu, literasi keuangan, materi bisnis, maupun materi terkait isu-isu perempuan seperti kepemimpinan dan pencegahan kekerasan juga merupakan pelatihan yang dibutuhkan untuk menunjang kemampuan ekonomi dan sosial perempuan.

“Pemberdayaan perempuan di bidang ekonomi tidak hanya membangun kesejahteraan bagi perempuan saja, namun juga keluarga, komunitas, generasi selanjutnya, dan lebih besar lagi, negaranya. Oleh karenanya, Koperasi Perempuan juga dapat menjadi wadah bersama untuk saling mendukung, saling memotivasi, saling menginspirasi, dan menjadi wadah pengembangan kapasitas bagi sesama perempuan,” jelasnya.

Gung Tri menambahkan, melalui Koperasi Perempuan, perempuan dapat mengakses banyak manfaat, diantaranya memberdayakan kaum perempuan, menumbuhkan kelompok wirausaha baru di lingkungan keluarga, meningkatkan ketahanan ekonomi keluarga, mencegah urbanisasi dan pekerja migran, serta mempersiapkan perempuan untuk dapat beradaptasi dengan perkembangan zaman.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Pendiri Sunda Empire, Lord Rangga Meninggal Dunia Karena Sakit Jantung

Pendiri Sunda Empire, Lord Rangga Meninggal Dunia Karena Sakit Jantung. Ki Ageng Rangga Sasana, atau yang lebih dikenal publik dengan panggilan Lord Rangga, dikabarkan meninggal...
- Advertisement -

Gaya Hidup

Tren Perawatan Sulam Bedak Meningkat, Kenali Manfaat dan Risikonya

Sulam bedak merupakan tren perawatan kulit wajah asal Korea Selatan yang tengah populer. Meski dapat mencerahkan dan menutupi noda di kulit, perawatan kulit ini...

Peristiwa

Pria 49 Tahun di Balikpapan Tersetrum Tegangan Tinggi saat Mengecat Ruko

Saat sedang mengecat sebuah ruko di kawasan Belakang BCA, Kelurahan Klandasan Ilir, Balikpapan Kota, seorang pria bernama Riski (49) tersentrum listrik tegangan tinggi pada...

Hukum

Polisi Tangkap Pelaku Pembacok Pelajar SMP di Yogya

Polisi berhasil menangkap pelaku penganiayaan yang menyebabkan seorang pelajar SMP di Yogyakarta berinisial M (14) mengalami luka di bagian wajah. Pelaku diketahui menyabetkan sabuk...

Iklan3