Kembali Erupsi, Gunung Anak Krakatau Muntahkan Lava Pijar

- Advertisement -
Gunung Anak Krakatau (GAK) di Lampung Selatan kembali erupsi. Berdasarkan data Magma Indonesia, tercatat sebanyak empat kali erupsi dengan tinggi kolom abu teramati sekitar 1.500 m di atas puncak.

Sementara itu, melalui kanal YouTube resmi Pos Pemantauan Krakatau terlihat lava pijar yang keluar saat GAK Erupsi. Beberapa video yang beredar di media sosial juga memperlihatkan aktifitas GAK.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi melalui Pos Pengamatan Gunungapi Anak Krakatau mengatakan bahwa telah terjadi 8 kali letusan dengan dengan tinggi kolom abu teramati 50-1.500 meter.

“Pada malam hari dari pukul 19:38 WIB di pos pemantauan, terdengar sesekali suara gemuruh letusan,” jelas petugas Pos Pengamatan GAK, Fahrul Rozi, Sabtu (23/4).

Akibat erupsi itu, saat ini GAK berstatus level II (waspada). Masyarakat maupun wisatawan tidak diperbolehkan mendekati kawah dalam radius 2 km dari kawah.

“Untuk pagi ini Sabtu (23/4) gunung api tertutup Kabut 0-III. Asap kawah tidak teramati,” singkat Fahrul. (Kay)

Tinggalkan Balasan

- Advertisement -

Must Read

Gaya Hidup

Alami Rambut Berminyak, Ketahui Cara Mengatasinya

Rambut berminyak sering kali terlihat kusam, mengilap, dan susah diatur. Hal ini tentu membuat Anda alami tidak nyaman dan terganggu. Namun, Anda tidak perlu...

Peristiwa

Ayah, Anak, dan Nenek Ditemukan Tewas Akibat Longsor Cijeruk

Tiga korban longsor di Kampung Pasir Pogor, Desa Cipelang, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, Jawa Barat berhasil ditemukan Tim SAR dalam kondisi meninggal dunia pada...

Hukum

6 Kali Masuk Penjara, Begal di Rejang Lebong Tewas Ditembak Polisi

Seorang pria yang berinisial AS alias Andi Oleng warga Kelurahan Talang Benih Kecamatan Curup, meninggal dunia usai mendapat perawatan akibat luka tembak yang diterimanya...