Kedapatan Bobol ATM di Tanggerang, Pria Asal Sumsel Ini Diringkus Polisi

Seorang pria berinisial ASR (32) asal Sumatera Selatan (Sumsel) ditangkap polisi karena kedapatan membobol ATM di Sukamulya, Kabupaten Tangerang.

Saat kedapatan membobol ATM, ASR hampir menjadi sasaran amukan massa sebelum diamankan petugas.

“Pelaku saat sedang beraksi tertangkap tangan oleh warga sekitar. Akhirnya warga langsung menghubungi kami dan pelaku langsung diamankan untuk menghindari amukan warga,” jelas Kapolsek Balaraja, Kompol Yudha Hermawan dilansir dari sumsel.inews.id, Jumat (17/6/2022).

Saat diperiksa, pria asal Sumatera Selatan ini mengakui perbuatannya itu dan langsung dibawa ke Mapolsek Balaraja untuk proses penyelidikan. Pelaku mengaku bahwa dia memiliki utang sebesar Rp12 juta di kampung halamannya.

“Pelaku punya utang cukup besar makanya ia membobol ATM dengan cara mengganjal lobang tempat masuk kartu dengan plastik dan lem,” pungkasnya.

Modus yang digunakan pelaku adalah modus lama, yaitu mengganjal lubang tempat masuk kartu. Pelaku memanfaatkan kondisi para korban yang sedang panik, dan akan diarahkan untuk melaporkan ke pihak bank. Saat korban lengah, pelaku lainya masuk dan melakukan eksekusi terhadap kartu ATM yang sudah tersangkut di mesin.

“Pelaku langsung menguras ATM korban dan segera meninggalkan lokasi untuk menghilangkan jejak,” ujarnya.

Dari tangan pelaku, polisi berhasil mengamankan sejumlah barang bukti seperti lem, potongan plastik bekas bolot air mineral, tusuk gigi dan beberapa buah kartu ATM.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, pelaku diganjar Pasal 363 KUHP dab Pasal 362 KUHP dengan ancaman kurungan penjara diatas 5 tahun.

Tinggalkan Balasan

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Pakai Sandal Jepit Saat Mengendarai Sepeda Motor Tidak akan Kena Tilang

Pengendara motor yang menggunakan sandal jepit dipastikan oleh polisi tidak akan ditilang. Namun, polisi akan terus mengimbau kepada pengendara motor agar tidak riding menggunakan...

Gaya Hidup

Ini Cara Hilangkan Bau Badan agar Tidak Insecure

Bau badan yang tidak sedap disebabkan oleh keringat yang bercampur dengan bakteri. Hal ini bisa diatasi dengan cara perawatan tubuh dan menghindari makanan atau...

Peristiwa

Banjir di India dan Bangladesh, 9.5 Juta Orang Terdampak

Dua negara di Asia Selatan, India dan Bangladesh kini sedang dilanda bencana banjir besar. Akibatnya, total 9,5 juta orang dari dua negara tersebut terdampak...

Hukum

3 Pelaku Pengedar Narkoba di Kampar Riau Diringkus di Lokasi Berbeda

Sebanyak tiga orang pelaku pengedar narkoba diduga jenis sabu di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau berhasil diringkus polisi setempat di tempat kejadian perkara (TKP) yang...