Kebiasaan Unik Membunyikan Klakson Saat Melintasi Tempat Sakral di Bali

Kebiasaan unik masyarakat Bali saat membunyikan klakson kendaraan ketika melintasi jalan atau tempat yang dianggap sakral. Biasanya terdengar bunyi klakson seolah bersahut-sahutan ketika melewati pura ataupun jembatan tertentu.

Perempuan asal Klungkung, Bali bernama Ni Nengah Yusmiari (27) yang kini menetap di Kota Denpasar ini menuturkan kebiasaan membunyikan klakson tersebut dia dapatkan dari orang tuanya. Kebiasaan orang tuanya itu dia wariskan hingga saat ini.

“Membunyikan klason atau mengucapkan tiang nyelang margi saat melewati tempat suci atau keramat adalah kebiasaan yang diajarkan sejak kecil. Kami percaya akan adanya alam niskala atau tidak terlihat, alam Dewa, dan penghuni lainnya,” tutur Yusmiari.

Menurutnya, membunyikan klakson merupakan ungkapan dirinya yang meminta izin untuk melewati pura ataupun suatu jalan dan lokasi yang sakral.

“Seperti minta izin lewat sama yang tidak terlihat. Saya percaya ada unsur niskala bahkan sangat kental karena kita selalu berdampingan dengannya,” tutur Yusmiari.

Beda halnya dengan Yusmiari, menurut Leoni Susiliastina Dewi (26), dirinya terbiasa untuk tidak membunyikan klakson setiap kali melewati lokasi yang sakral. Meski begitu, dia memiliki kebiasaan lain untuk meminta izin ketika melintas di tempat tertentu.

“Saya sering bilang Om Swastyastu, tiang nyelang margi nike. Dulu saya diberitahu oleh guru di SMA kalau lagi lewat pura atau apapun itu nggak perlu klakson. Cukup bilang permisi itu saja,” tuturnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Pendiri Sunda Empire, Lord Rangga Meninggal Dunia Karena Sakit Jantung

Pendiri Sunda Empire, Lord Rangga Meninggal Dunia Karena Sakit Jantung. Ki Ageng Rangga Sasana, atau yang lebih dikenal publik dengan panggilan Lord Rangga, dikabarkan meninggal...
- Advertisement -

Gaya Hidup

Tren Perawatan Sulam Bedak Meningkat, Kenali Manfaat dan Risikonya

Sulam bedak merupakan tren perawatan kulit wajah asal Korea Selatan yang tengah populer. Meski dapat mencerahkan dan menutupi noda di kulit, perawatan kulit ini...

Peristiwa

Pria 49 Tahun di Balikpapan Tersetrum Tegangan Tinggi saat Mengecat Ruko

Saat sedang mengecat sebuah ruko di kawasan Belakang BCA, Kelurahan Klandasan Ilir, Balikpapan Kota, seorang pria bernama Riski (49) tersentrum listrik tegangan tinggi pada...

Hukum

Polisi Tangkap Pelaku Pembacok Pelajar SMP di Yogya

Polisi berhasil menangkap pelaku penganiayaan yang menyebabkan seorang pelajar SMP di Yogyakarta berinisial M (14) mengalami luka di bagian wajah. Pelaku diketahui menyabetkan sabuk...

Iklan3