Kebakaran Hutan Mengamuk di Prancis dan Spanyol Akibat Gelombang Panas Serang Eropa

Kebakaran hutan berkobar di Prancis barat daya dan Spanyol pada Sabtu, memaksa ribuan orang dievakuasi dari rumah mereka saat suhu musim panas yang terik membuat pihak berwenang waspada di beberapa bagian Eropa.

Lebih dari 12.200 orang telah dievakuasi dari wilayah Gironde Prancis pada Sabtu (16/7) pagi dan lebih dari 1.000 petugas pemadam kebakaran berjuang untuk mengendalikan api, kata otoritas regional dalam sebuah pernyataan.

“Di sekitar kami ada api yang akan terus menyebar dan tidak bisa diprediksi,” Vincent Ferrier, wakil prefek Langon di Gironde, mengatakan pada konferensi pers.

Kebakaran hutan telah melanda Prancis dalam beberapa pekan terakhir, serta di negara-negara Eropa lainnya termasuk Portugal dan Spanyol, dan hampir 10.000 hektar (25.000 hektar) lahan terbakar di wilayah Gironde pada hari Sabtu, naik dari 7.300 hektar pada hari Jumat.

Di negara tetangga Spanyol, petugas pemadam kebakaran berjuang melawan serangkaian kobaran api pada hari Sabtu setelah berhari-hari suhu luar biasa tinggi yang mencapai hingga 45,7 derajat Celcius (114 Fahrenheit).

Gelombang panas selama hampir seminggu telah menyebabkan 360 kematian terkait panas, menurut angka dari Carlos III Health Institute.

Lebih dari 3.000 orang kini telah dievakuasi dari rumah akibat kebakaran besar di dekat Mijas, sebuah kota di provinsi Malaga yang populer di kalangan wisatawan Eropa utara, kata layanan darurat kawasan itu dalam sebuah tweet pada Sabtu pagi.

kebakaran
Orang-orang mendinginkan tubuh di hari yang panas selama perayaan festival ‘Redentore’ saat gelombang panas kedua musim panas melanda, di Venesia, Italia, 16 Juli 2022. Photo: Reuters/Manuel Silvestri

Banyak yang dibawa ke tempat penampungan di pusat olahraga.

“Polisi melaju di jalan dengan sirene mereka dan semua orang disuruh pergi. Pergi saja. Tidak ada instruksi ke mana harus pergi,” kata pensiunan Inggris John Pretty, 83.

“Ini menakutkan … karena Anda tidak tahu apa yang terjadi,” kata penduduk Belgia Jean-Marie Vandelanotte, 68 tahun.

BACA JUGA  Bupati Langkat Terbit Rencana Ditetapkan jadi Tersangka Kepemilikan Satwa Langka Ilegal

Di tempat lain di Spanyol, gumpalan asap hitam tebal membubung ke udara dekat Casas de Miravete di wilayah Extremadura ketika helikopter membuang air ke api yang telah menghanguskan 3.000 hektar, memaksa evakuasi dua desa dan mengancam akan mencapai taman nasional Monfrague.

kebakaran
Helikopter bekerja memadamkan api selama gelombang panas kedua tahun ini di sekitar Casas de Miravete, Spanyol, 16 Juli 2022. Photo: Reuters/Isabel Infantes

Kebakaran juga terjadi di wilayah tengah Castille dan Leon dan di Galicia di utara.

Ada beberapa jeda bagi petugas pemadam kebakaran di Portugal, di mana suhu turun di sebagian besar negara pada hari Sabtu setelah mencapai sekitar 40 C (104 F) dalam beberapa hari terakhir.

“Kami mengalami kebakaran besar  … Kami akan tetap waspada akhir pekan ini,” kata Komandan Otoritas Perlindungan Sipil dan Darurat Andre Fernandes kepada wartawan.

Sebanyak 39.550 hektar (98.000 hektar) dirusak oleh kebakaran hutan dari awal tahun hingga pertengahan Juni, lebih dari tiga kali lipat area yang dirusak oleh kebakaran pada periode yang sama tahun lalu, data dari Institut Konservasi Alam dan Hutan menunjukkan.

Sebuah area yang setara dengan hampir dua pertiganya telah terbakar selama kebakaran dalam seminggu terakhir.

Kementerian Kesehatan Portugal mengatakan 238 orang telah meninggal akibat gelombang panas antara 7 dan 13 Juli, kebanyakan dari mereka adalah orang tua dengan kondisi yang lemah.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Foto Kencan Kembali Bocor, Netizen Frustasi Agensi V dan Jennie Masih Bungkam

Sejak foto pertama yang diduga adalah V BTS dan Jennie BLACKPINK bocor pada bulan Mei tahun ini, penggemar dengan cemas menunggu YG Entertainment atau...

Gaya Hidup

3 Rekomendasi Susu Peninggi Badan yang Perlu kalian Ketahui

Memiliki tinggi badan ideal adalah impian hampir  semua orang. Banyak orang yang merasa tinggi badannya kurang ideal dan melakukan berbagai cara untuk menambah tinggi...

Peristiwa

Wanita di Jakarta Pusat Tabrakan Diri ke Kereta Api

N (28) tahun, Seorang wanita  mencoba menabrakkan diri ke kereta api yang melintas di pelintasan Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat. Korban mencoba mengakhiri hidupnya...

Hukum

Miris! 4 Siswi SD di Pesisir Barat Dicabuli Penjaga Sekolah

Seorang penjaga sekolah dilaporkan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPPPAKB) Pesisir Barat (Pesibar) karena kasus pencabulan yang dilakukannya. Pelaku berinisial...

Iklan3