Kebakaran Hutan di Catalonia Spanyol Akibat Gelombang Panas

Tiga kebakaran hutan telah menghanguskan 1.600 hektar pohon pinus dan semak-semak di Spanyol timur sejak Rabu ketika gelombang panas mendorong suhu mendekati rekor tertinggi, petugas pemadam kebakaran regional mengatakan pada Kamis (16/6) .

Ratusan petugas pemadam kebakaran berada di lapangan memerangi kobaran api dengan 120 truk dan 19 pesawat untuk memadamkan api di dekat kota Baldomar, Corbera d’Ebre dan Castellar Ribera, kata departemen pemadam kebakaran regional Catalonia.

Sebagian besar upaya difokuskan di Baldomar, di mana api mengancam 20.000 hektar hutan dan lahan pertanian. Beberapa rumah yang terisolasi dievakuasi seperti halnya pusat anak dengan 54 anak di bawah umur.

Belum ada laporan kematian atau cedera.

Sebagian besar negara menghadapi risiko kebakaran hutan yang tinggi atau ekstrem, kata badan meteorologi negara bagian AEMET.

Pada 5 Juni, area yang terbakar di Spanyol adalah 34% lebih kecil dari periode yang sama pada 2021 dan terendah sejak 2018. Namun, sejak pekan lalu kombinasi cuaca panas, angin, dan badai petir telah memicu kebakaran hutan di seluruh negara itu.

kebakaran hutan
Sebuah pesawat menyiramkan air dalam kebakaran hutan di dekat Artesa de Segre, Spanyol, 16 Juni 2022. REUTERS/Albert Gea

Terik matahari telah melanda Spanyol sejak akhir pekan lalu, dalam gelombang panas yang datang lebih  awal sejak 1981, dengan suhu melebihi 40 Celcius (104 F) di banyak bagian negara itu. Suhu malam juga sangat tinggi antara 20 C (68 F) dan 25 C (77 F).

Menantang panas, ratusan jemaah dan turis memadati jalan-jalan sempit di pusat kota Toledo pada Kamis pagi untuk menghadiri prosesi tradisional Corpus Christi, dengan termometer hampir mencapai 40 C (104 F) pada saat acara berakhir.

Balai kota menyerahkan 10.000 botol air dan kipas angin kepada warga dan memasang terpal untuk melindungi mereka dari suhu tinggi, tetapi penduduk setempat menyerah pada panas.

Tinggalkan Balasan

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Pakai Sandal Jepit Saat Mengendarai Sepeda Motor Tidak akan Kena Tilang

Pengendara motor yang menggunakan sandal jepit dipastikan oleh polisi tidak akan ditilang. Namun, polisi akan terus mengimbau kepada pengendara motor agar tidak riding menggunakan...

Gaya Hidup

Ini Cara Hilangkan Bau Badan agar Tidak Insecure

Bau badan yang tidak sedap disebabkan oleh keringat yang bercampur dengan bakteri. Hal ini bisa diatasi dengan cara perawatan tubuh dan menghindari makanan atau...

Peristiwa

Putra Mahkota Saudi, Erdogan Bertemu di Turki untuk Normalisasi Hubungan

Putra Mahkota Saudi, Mohammed bin Salman tiba di Turki untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun hari ini untuk melakukan pembicaraan dengan Presiden Tayyip Erdogan...

Hukum

Tak Ikut Promosi Film, Nirina Zubir Kecewa Sidang Kasus Mafia Tanah Malah Ditunda

Nirina Zubir masih menjalani proses hukum terkait kasus dugaan mafia tanah. Seperti diketahui, sang mantan ART, Riri Khasmita disebut menggelapkan aset tanah milik ibunda...